SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekolah : SMA
Negeri 4 Purworejo
Kelas :
XI/1
Bidang bimbingan
: Belajar
Tujuan layanan : Mampu
belajar secara maksimal untuk menguasai bekal bagi program pelajaran lebih
lanjut.
Tugas perkembangan : Menerapkan
sistem belajar secara maksimal untuk menguasai bekal bagi program pelajaran
lebih lanjut.
Rumusan kompetensi : Mampu menerapkan secara maksimal untuk menguasai
bekal bagi program pembelajaran.
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A.
Topik bahasan : Belajar secara maksimal
untuk menghadapi studi lanjut
B.
Bidang bimbingan : Belajar
C.
Jenis layanan : Layanan
pembelajaran
D.
Fungsi layanan : Fungsi
pemahaman
E.
Tujuan layanan : Mampu
belajar secara maksimal untuk menguasai bekal bagi program pelajaran lebih
lanjut.
F.
Tugas perkembangan : Menerapkan sistem belajar secara maksimal untuk menguasai bekal bagi
program pelajaran lebih lanjut.
G.
Rumusan kompetensi : Mampu menerapkan secara maksimal untuk menguasai bekal bagi program
pembelajaran.
H.
Sasaran layanan : Kelas IX /
I.
Uraian kegiatan :
1.
Strategi layanan
: Kelompok
2.
Metode : Diskusi/ceramah
3.
Materi layanan : Memanfaatkan
fasilitas untuk dapat menunjang prestasi
J.
Tempat layanan : Ruang kelas
K.
Waktu layanan : Semester 1
L.
pelaksana : Guru bimbinagn dan konseling
M.
Alat perlengkapan : Buku
acuan
N.
Rencana penilaian : Laiseg
O.
Catatan khusus : -
Satuan kegiatan layanan bimbingan dan konseling
A. Materi layanan
: Praktek pengembangan sikap kebiasaan
untuk menguasai bekal bagi program pelajaran lebih lanjut.
B.
Sub materi layanan :
Belajar secara maksimal
C.
Jenis layanan : Pembelajaran
D.
Fungsi layanan : Pemahaman
E.
Bidang bimbingan :
Belajar
F.
Tugas perkembangan : Menerapkan
sistem belajar secara maksimal untuk menguasai bekal bagi program pelajaran
lebih lanjut
G.
Rumusan kompetensi : Mampu
menerapkan secara maksimal untuk menguasai bekal bagi program pembelajaran
H.
Sasaran layanan : Kelas IX
/
I.
Uraian kegiatan
:
1.
Pendahuluan :
a.
Guru pembimbing mengucapkan
salam dan mengecek kehadiran siswa
b. Guru pembimbing menjelaskan pentingnya belajar
c. Guru pembimbing menjelaskan materi tersebut
d.
Guru pembimbing menjelaskan
tujuan yang akan dicapai dari topic tersebut
2.
Kegiatan inti :
Siswa mengembangkan pokok pikiran dari materi yang di bahas
3.
Penutup : Guru dan siswa
mengambil kesimpulan
J.
Metode : Diskusi/ceramah
K.
Tempat : Ruang
kelas
L.
Waktu : Semester
1
M.
Penyelenggara : Guru bimbingan dan konseling
N.
Pihak yang disertakan : Wali
kelas
O.
Alat perlengkapan : Buku acuan
P.
Rencana penilaian : Laiseg
Q.
Catatan khusus : -
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekolah : SMA Negeri 4 Purworejo
Kelas :
X/2
Bidang bimbingan : Karier
Tujuan layanan : Mampu menyelenggarakan peranan dalam kehidupan
masyarakat untuk pengembangan karir
Tugas perkembangan : Siswa dapat menjalakan peranannya dalam
masyarakat
Rumusan kompetensi : Siswa mampu menempatkan diri dalam pergaulan
di masyarakat
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A.
Topik bahasan : Peran keaktifan dalam
masyarakat untuk mengembangkan
Karier.
B.
Bidang bimbingan : Karir
C.
Jenis layanan : Layanan
informasi
D.
Fungsi layanan : Pemahaman
E.
Tujuan layanan : Mampu menyelenggarakan peranan dalam kehidupan masyarakat untuk pengembangan karir
F.
Tugas perkembangan : Siswa
dapat menjalakan peranannya dalam masyarakat
G.
Rumusan kompetensi : Siswa
mampu menempatkan diri dalam pergaulan di masyarakat
H.
Sasaran layanan : Kelas X
I.
Uraian kegiatan :
1.
Strategi layanan :
Kelompok
2.
Metode : Diskusi
3.
Materi layanan :
a. manfaat interaksi dalam masyarakat
b.
arti dari interaksi
J.
Tempat layanan : Ruang kelas
K.
Waktu layanan : Semester 2
L.
pelaksana : Guru
bimbingan dan konseling
M.
Alat perlengkapan : Papan tulis,Buku acuan
N.
Rencana penilaian : Penilaian
jangka pendek
O.
Catatan khusus : -
Satuan kegiatan layanan bimbingan dan konseling
A.
Materi layanan :
Identifikasi pilihan pengembangan karir
B.
Sub materi layanan : Keaktifan dalam masyarakat
C.
Jenis layanan :Layanan informasi
D.
Fungsi layanan : Pemahaman
E.
Bidang bimbingan : Karir
F.
Tugas perkembangan : Siswa dapat menjalakan peranannya
dalammasyarakat
G.
Rumusan kompetensi : Siswa mampu menempatkan diri dalam
pergaulan di masyarakat
H.
Sasaran layanan : Kelas X
I.
Uraian kegiatan :
1.
Pendahuluan :
a. Guru mengucapkan salam serta mengecek kehadiran siswa
b.Guru
menjelaskan tentang pentingnya keaktifan dalam masyarakat
c. Guru menjelaskan materi tersebut
d.
Guru menerangkan tujuan yang
ingin dicapai dari materi tersebut
2.
Kegiatan inti :
Siswa mengembangkan pokok pikiran dari materi tersebut
3.
Penutup : Guru dan siswa mengambil kesimpulan
J.
Metode : Diskusi
K.
Tempat : Ruang kelas
L.
Waktu : Semester 2
M.
Penyelenggara : Guru bimbingan dan
konseling
N.
Pihak yang disertakan : Tokoh Masyarakat
O.
Alat perlengkapan : Papan tulis dan buku acuan
P.
Rencana penilaian : Laiseg
Q.
Catatan khusus : -
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekolah : SMA Negeri 4 Purworejo
Kelas :
X/2
Bidang bimbingan : Pribadi
Tujuan layanan : Siswa
mampu berfikir positif
Tugas perkembangan : Siswa mampu berfikir positif dalam kehidupan
sehari-hari
Rumusan kompetensi : Mengembangkan
cara berfikir positif tersebut untuk menatap kehidupanyang lebih maju
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A.
Topik bahasan : Berfikiran positif dalam kehidupan sehari-hari
B.
Bidang bimbingan :
Bimbingan Pribadi
C.
Jenis layanan : Informasi
D.
Fungsi layanan : Pemahaman
E.
Tujuan layanan : Siswa mampu berfikir positif
F.
Tugas perkembangan :
Siswa mampu berfikir positif dalam kehidupan sehari-hari
G.
Rumusan kompetensi : Mengembangkan cara berfikir positif
tersebut untuk menatap kehidupanyang lebih maju
H.
Sasaran layanan : Kelas XI
I.
Uraian kegiatan :
1.
Strategi layanan :
Klasikal,kelompok
2.
Metode : Ceramah,diskusi
3.
Materi layanan :
3.1 Cara-cara berfikir positif
3.2 Manfaat berfikir positif
J.
Tempat layanan : Ruang kelas
K.
Waktu layanan : Semester 2
L.
pelaksana : Guru Bimbingan konselimg
M.
Alat perlengkapan : Papan tulis
N.
Rencana penilaian : Laiseg
O.
Catatan khusus : -
Satuan kegiatan layanan bimbingan dan konseling
A.
Materi layanan
: Berfikiran positif
dalam kehidupan sehari-hari
B.
Sub materi layanan :
Berfikir positif
C.
Jenis layanan
: Informasi
D.
Fungsi layanan
:
Pemahaman
E.
Bidang bimbingan
: Bimbingan pribadi
F.
Tugas perkembangan : Siswa mampu berfikir positif dalam
kehidupan sehari-hari
G.
Rumusan kompetensi :
Mengembangkan cara berfikir positif tersebut untuk menatap kehidupan yang lebih
maju
H.
Sasaran layanan : Siswa kelas XI
I.
Uraian kegiatan :
1. Pendahuluan :
a.
Guru pembimbing mengucapkan
salam serta memeriksa situasi dan kondisi kelas serta mengecek kehadiran siswa
b.Guru pembimbing menjelaskan pentingnya berfikir positif
c.
Guru pembimbing menjelaskan
materi tersebut
d.
Tujuan yang ingin dicapai dan
kompetensi yang diharapkan
2.
Kegiatan inti :
Menjelaskan topic pembahasan
3.
Penutup : Mengambil kesimpulan mengenai manfaat berfikir
pasitif
J.
Metode : Ceramah,diskusi
K.
Tempat : Ruang kelas
L.
Waktu :
Semester 2
M.
Penyelenggara
: Guru bimbingan dan konseling
N.
Pihak yang disertakan : -
O.
Alat perlengkapan
: Skala sikap
P.
Rencana penilaian
: Laiseg,
Q.
Catatan khusus
: -
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekolah : SMA Negeri 4 Purworejo
Kelas : X/1
Bidang bimbingan : Sosial
Tujuan layanan : Siswa dapat mengetahui etika pergaulan dengan
teman
Tugas perkembangan : Siswa
dapat mengetahui cara-cara pergaulan baik dengan teman laki-laki maupun
perempuan
Rumusan
kompetensi : Mampu memanfaatkan pergaulan tersebut untuk mencapai keberhasilan
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A.
Topik bahasan : Etika pergaulan dengan teman
B.
Bidang bimbingan :
Bidang sosial
C.
Jenis layanan : Informasi
D.
Fungsi layanan : Pemahaman
E.
Tujuan layanan : Siswa dapat mengetahui etika pergaulan dengan teman
F.
Tugas perkembangan : Siswa
dapat mengetahui cara-cara pergaulan baik dengan teman laki-laki maupun
perempuan
G.
Rumusan kompetensi : Mampu
memanfaatkan pergaulan tersebut untuk mencapai keberhasilan
H.
Sasaran layanan : Kelas X
I.
Uraian kegiatan :
a.
Strategi layanan :
Kelompok
b.
Metode : Diskusi
c.
Materi layanan : 3.1
Pentingnya pergaulan dengan teman
3.2 Batasan pergaulan antara laki-laki dan perempuan
3.3Cara menempatkan diri dalampergaulan
J.
Tempat layanan : Ruang kelas
K.
Waktu layanan : Semester 1
L.
pelaksana : Guru bimbingan dan konseling
M.
Alat perlengkapan :
N.
Rencana penilaian :
Leiseg
O.
Catatan khusus : -
Satuan kegiatan layanan bimbingan dan konseling
A.
Materi layanan : Cara
bergaul yang baik
B.
Sub materi layanan : Cara bergaul
C.
Jenis layanan : Informasi
D.
Fungsi layanan : Pemahaman
E.
Bidang bimbingan : Bimbingan sosial
F.
Tugas perkembangan : Siswa
dapat mengetahui cara-cara pergaulan baik dengan teman laki-laki maupun
perempuan
G.
Rumusan kompetensi : Mampu
memanfaatkan pergaulan tersebut untuk mencapai keberhasilan
H.
Sasaran layanan : Kelas X
I.
Uraian kegiatan :
1.Pendahuluan :
a.
Guru pembimbing mengucapkan
salam,serta mengecek kehadiran siswa
b.
Guru pembimbing menjelaskan
arti pentingnya pergaulan dengan teman,batasan pergaulan,dan cara menempatkan
diri dalam pergaulan
c.
Guru pembimbing menjelaskan
materi tersebut
d.
Guru pembimbing menjelaskan
tujuan dari materi tersebut
2.Kegiatan inti : Mengembangkan pokok pikiran tersebut.
3.Penutup : Siswa dan guru mengambil kesimpulan
J.
Metode : Diskusi
K.
Tempat : Ruang
kelas
L.
Waktu : Semester 1
M.
Penyelenggara : Guru bimbingan dan konseling
N.
Pihak yang disertakan :
-
O.
Alat perlengkapan : -
P.
Rencana penilaian : Leiseg
Q.
Catatan khusus : -
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Sekolah : SMA Negeri 4 Purworejo
Kelas :
X/2
Bidang bimbingan : Akhlak mulia
Tujuan layanan : Agar siswa dapat mengetahui batasan-batasan
dalam pergaulan
Tugas
perkembangan : Siswa dapat
mengembangkan pengetahuan mengenai etika dalam bergaul dengan orang yang lebih
tua.
Rumusan kompetensi : Memahami dan mewujudkan sikap menghargai
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A.
Topik bahasan : Cara bergaul dengan orang yang lebih tua
B.
Bidang bimbingan :
Bimbingan Akhlak mulia
C.
Jenis layanan : Informasi
D.
Fungsi layanan : Pemahaman
E.
Tujuan layanan : Agar siswa dapat mengetahui batasan-batasan dalam pergaulan
F.
Tugas perkembangan : Siswa
dapat mengembangkan pengetahuan mengenai etika
dalam
bergaul dengan orang yang lebih tua.
G.
Rumusan kompetensi :
Memahami dan mewujudkan sikap
menghargai
H.
Sasaran layanan : Kelas X
I.
Uraian kegiatan :
1.
Strategi layanan : Kelompok
2.
Metode : Diskusi
3.
Materi layanan : Cara
mewujudkan sikap menghormati orang yang lebih tua.
J.
Tempat layanan : Ruang kelas
K.
Waktu layanan : Semester 2
L.
pelaksana : Guru bimbingan dan konseling
M.
Alat perlengkapan : Papan
tulis
N.
Rencana penilaian :
Leiseg
O.
Catatan khusus : -
Satuan kegiatan layanan bimbingan dan konseling
A. Materi layanan : Menghargai orang yang lebih tua
B.
Sub materi layanan : Maksud
dari menghormati orang yang lebih tua
C.
Jenis layanan : Informasi
D.
Fungsi layanan : Pemahaman
E.
Bidang bimbingan : Bimbingan Akhlak mulia
F.
Tugas perkembangan : Siswa
dapat mengembangkan pengetahuan mengenai
etika dalam bergaul dengan orang yang lebih tua
G.
Rumusan kompetensi : Memahami dan mewujudkan sikap menghargai
H.
Sasaran layanan : Kelas X
I.
Uraian kegiatan :
1.
Pendahuluan :
a.
Guru pembimbing mengucapkan
salam dan mengecek kehadiran siswa
b.
Guru pembimbing Menjelaskan
pentingnya sikap menghargai orang yang lebih tua
c.
Guru pembimbing menjelaskan
materi
d.
Guru pembimbing menerangkan
mengenai tujuan yang ingin dicapai dari pembahasan tersebut
2.
Kegiatan inti : Mengembangkan pokok pikiran dari
layanan tersebut
3.
Penutup : Guru
pembimbing dan Siswa mengambil kesimpulan
J.
Metode : Diskusi
K.
Tempat : Ruang
LAB IPA
L.
Waktu : Semester 2
M.
Penyelenggara : Guru bimbingan konseling
N.
Pihak yang disertakan : Guru
maple tata krama
O.
Alat perlengkapan : Papan
tulis
P.
Rencana penilaian : Leiseg
Q.
Catatan khusus: : -
0 komentar:
Posting Komentar