Jumat, 01 Maret 2013

CONTOH SATUAN LAYANAN BK




SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Sekolah                              :  SMA Negeri 4 Purworejo
Kelas                                  :  XI/1
Bidang bimbingan             :  Belajar
Tujuan layanan                   :   Mampu belajar secara maksimal untuk menguasai bekal bagi program pelajaran lebih lanjut.
Tugas perkembangan         :   Menerapkan sistem belajar secara maksimal untuk menguasai bekal bagi program pelajaran lebih lanjut.
Rumusan kompetensi        :   Mampu menerapkan secara maksimal untuk menguasai bekal bagi program pembelajaran.









SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.    Topik bahasan                            : Belajar secara maksimal untuk menghadapi studi lanjut
B.     Bidang bimbingan                      : Belajar
C.     Jenis layanan                              : Layanan pembelajaran
D.    Fungsi layanan                           : Fungsi pemahaman
E.     Tujuan layanan                           : Mampu belajar secara maksimal untuk menguasai bekal bagi program pelajaran lebih lanjut.
F.      Tugas perkembangan                : Menerapkan sistem belajar secara maksimal untuk menguasai bekal bagi program pelajaran lebih lanjut.
G.    Rumusan kompetensi                : Mampu menerapkan secara maksimal untuk menguasai bekal bagi program pembelajaran.
H.    Sasaran layanan                         : Kelas IX /
I.       Uraian kegiatan                         :
1.      Strategi  layanan     : Kelompok
2.      Metode                    : Diskusi/ceramah
3.      Materi layanan        : Memanfaatkan fasilitas untuk dapat menunjang prestasi
J.       Tempat layanan                         : Ruang kelas
K.    Waktu layanan                          : Semester 1
L.     pelaksana                                   : Guru bimbinagn dan konseling
M.   Alat perlengkapan                     : Buku acuan
N.    Rencana penilaian                      : Laiseg
O.    Catatan khusus                           : -











Satuan kegiatan layanan bimbingan dan konseling

A.    Materi layanan                    :   Praktek pengembangan sikap kebiasaan untuk menguasai bekal bagi program pelajaran lebih lanjut.
B.     Sub materi layanan              :  Belajar secara maksimal
C.     Jenis layanan                       :  Pembelajaran
D.    Fungsi layanan                    :  Pemahaman
E.     Bidang bimbingan               :  Belajar
F.      Tugas perkembangan          :    Menerapkan sistem belajar secara maksimal untuk menguasai bekal bagi program pelajaran lebih lanjut
G.    Rumusan kompetensi         :    Mampu menerapkan secara maksimal untuk menguasai bekal bagi program pembelajaran
H.    Sasaran layanan                   :   Kelas IX /
I.       Uraian kegiatan                  :
1.      Pendahuluan     :
a.    Guru pembimbing mengucapkan salam dan    mengecek kehadiran siswa
b.   Guru pembimbing menjelaskan pentingnya belajar
c.    Guru pembimbing menjelaskan materi tersebut
d.   Guru pembimbing menjelaskan tujuan yang akan dicapai dari topic tersebut
2.      Kegiatan inti     :    Siswa mengembangkan pokok pikiran dari materi yang di bahas
3.      Penutup            :    Guru dan siswa mengambil kesimpulan
J.       Metode                                :   Diskusi/ceramah
K.    Tempat                                :   Ruang kelas
L.     Waktu                                 :   Semester 1
M.   Penyelenggara                     :   Guru bimbingan dan konseling
N.    Pihak yang disertakan         :   Wali kelas
O.    Alat perlengkapan               :   Buku acuan
P.      Rencana penilaian               :   Laiseg
Q.    Catatan khusus                    :   -


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Sekolah                            :  SMA Negeri 4 Purworejo
Kelas                                :  X/2
Bidang bimbingan           :  Karier
Tujuan layanan                :  Mampu menyelenggarakan peranan dalam kehidupan masyarakat untuk pengembangan karir
Tugas perkembangan       :  Siswa dapat menjalakan peranannya dalam masyarakat
Rumusan kompetensi      :  Siswa mampu menempatkan diri dalam pergaulan di masyarakat







SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.    Topik bahasan                         :   Peran keaktifan dalam masyarakat untuk mengembangkan
                                                           Karier.                                                                                                            
B.     Bidang bimbingan                   :    Karir
C.     Jenis layanan                           :    Layanan informasi
D.    Fungsi layanan                        :    Pemahaman
E.     Tujuan layanan                        :    Mampu menyelenggarakan peranan dalam kehidupan  masyarakat untuk pengembangan karir
F.      Tugas perkembangan              :    Siswa dapat menjalakan peranannya dalam masyarakat
G.    Rumusan kompetensi              :    Siswa mampu menempatkan diri dalam pergaulan di masyarakat
H.    Sasaran layanan                       :    Kelas X
I.       Uraian kegiatan                       :
1.   Strategi  layanan              :    Kelompok
2.   Metode                            :    Diskusi
3.   Materi layanan                 :    a.  manfaat interaksi dalam masyarakat
                                                            b.  arti dari interaksi
J.       Tempat layanan                       :    Ruang kelas
K.    Waktu layanan                        :    Semester 2
L.     pelaksana                                 :    Guru bimbingan dan konseling
M.   Alat perlengkapan                   :    Papan tulis,Buku acuan
N.    Rencana penilaian                   :    Penilaian jangka pendek
O.    Catatan khusus                        :    -












Satuan kegiatan layanan bimbingan dan konseling

A.    Materi layanan                    :  Identifikasi pilihan pengembangan karir
B.     Sub materi layanan              : Keaktifan dalam masyarakat
C.     Jenis layanan                       :Layanan informasi
D.    Fungsi layanan                    : Pemahaman
E.     Bidang bimbingan               : Karir
F.      Tugas perkembangan          : Siswa dapat menjalakan peranannya dalammasyarakat
G.    Rumusan kompetensi          : Siswa mampu menempatkan diri dalam pergaulan di masyarakat
H.    Sasaran layanan                   : Kelas X
I.       Uraian kegiatan                   :
1.      Pendahuluan           :
a. Guru mengucapkan salam serta mengecek kehadiran siswa
b.Guru menjelaskan tentang pentingnya keaktifan dalam masyarakat
c. Guru menjelaskan materi tersebut
d.                        Guru menerangkan tujuan yang ingin dicapai dari materi tersebut
2.      Kegiatan inti           :  Siswa mengembangkan pokok pikiran dari materi tersebut
3.      Penutup                   :  Guru dan siswa mengambil kesimpulan
J.       Metode                                : Diskusi
K.    Tempat                                : Ruang kelas
L.     Waktu                                 : Semester 2
M.   Penyelenggara                     : Guru bimbingan dan konseling
N.    Pihak yang disertakan         : Tokoh Masyarakat
O.    Alat perlengkapan               : Papan tulis dan buku acuan
P.      Rencana penilaian               : Laiseg
Q.    Catatan khusus                    : -



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Sekolah                            :  SMA Negeri 4 Purworejo
Kelas                                :  X/2
Bidang bimbingan           :  Pribadi
Tujuan layanan                :  Siswa mampu berfikir positif
Tugas perkembangan     :  Siswa mampu berfikir positif dalam kehidupan sehari-hari
Rumusan kompetensi      : Mengembangkan cara berfikir positif tersebut untuk menatap kehidupanyang lebih maju





SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.    Topik bahasan                     : Berfikiran positif dalam kehidupan sehari-hari
B.     Bidang bimbingan              :  Bimbingan Pribadi
C.     Jenis layanan                       :  Informasi
D.    Fungsi layanan                    :  Pemahaman
E.     Tujuan layanan                   :  Siswa mampu berfikir positif
F.      Tugas perkembangan          :  Siswa mampu berfikir positif dalam kehidupan sehari-hari
G.    Rumusan kompetensi         : Mengembangkan cara berfikir positif tersebut untuk menatap kehidupanyang lebih maju
H.    Sasaran layanan                  :  Kelas XI
I.       Uraian kegiatan                  : 
1.      Strategi  layanan     : Klasikal,kelompok
2.      Metode                    : Ceramah,diskusi
3.      Materi layanan        :  3.1 Cara-cara berfikir positif
3.2  Manfaat berfikir positif   
J.       Tempat layanan                   : Ruang kelas
K.    Waktu layanan                    :  Semester 2
L.     pelaksana                             :  Guru Bimbingan konselimg
M.   Alat perlengkapan              : Papan tulis
N.    Rencana penilaian               : Laiseg
O.    Catatan khusus                    :  -














Satuan kegiatan layanan bimbingan dan konseling

A.    Materi layanan                :  Berfikiran positif dalam kehidupan sehari-hari
B.     Sub materi layanan         :  Berfikir positif
C.     Jenis layanan                  :  Informasi
D.    Fungsi layanan                :  Pemahaman
E.     Bidang bimbingan          :  Bimbingan pribadi
F.      Tugas perkembangan    : Siswa mampu berfikir positif dalam kehidupan sehari-hari
G.    Rumusan kompetensi : Mengembangkan cara berfikir positif tersebut untuk menatap kehidupan yang lebih maju
H.    Sasaran layanan              :  Siswa kelas XI
I.       Uraian kegiatan              :
1. Pendahuluan     :
a. Guru pembimbing mengucapkan salam serta memeriksa situasi dan kondisi kelas serta mengecek kehadiran siswa
b.Guru pembimbing menjelaskan pentingnya berfikir                                                positif
c. Guru pembimbing menjelaskan materi tersebut
d.                        Tujuan yang ingin dicapai dan kompetensi yang diharapkan
2.   Kegiatan inti     :  Menjelaskan topic pembahasan
3.   Penutup             :  Mengambil kesimpulan mengenai manfaat berfikir pasitif
J.       Metode                           : Ceramah,diskusi
K.    Tempat                           : Ruang kelas
L.     Waktu                             : Semester 2
M.   Penyelenggara                : Guru bimbingan dan konseling
N.    Pihak yang disertakan    : -
O.    Alat perlengkapan          : Skala sikap
P.      Rencana penilaian           : Laiseg,
Q.    Catatan khusus               : -



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Sekolah                            :  SMA Negeri 4 Purworejo
Kelas                                :  X/1
Bidang bimbingan           :  Sosial
Tujuan layanan                : Siswa dapat mengetahui etika pergaulan dengan teman
Tugas perkembangan       :  Siswa dapat mengetahui cara-cara pergaulan baik dengan teman laki-laki maupun perempuan
Rumusan kompetensi      :  Mampu memanfaatkan pergaulan tersebut untuk mencapai keberhasilan




SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.    Topik bahasan                     :    Etika pergaulan dengan teman
B.     Bidang bimbingan               :  Bidang sosial
C.     Jenis layanan                       :  Informasi
D.    Fungsi layanan                    :  Pemahaman  
E.     Tujuan layanan                    :  Siswa dapat mengetahui etika pergaulan dengan teman
F.      Tugas perkembangan          :    Siswa dapat mengetahui cara-cara pergaulan baik dengan teman laki-laki maupun perempuan
G.    Rumusan kompetensi         :    Mampu memanfaatkan pergaulan tersebut untuk mencapai keberhasilan
H.    Sasaran layanan                   :  Kelas X
I.       Uraian kegiatan                   :
a.       Strategi  layanan     :  Kelompok       
b.      Metode                    :  Diskusi
c.       Materi layanan        :   3.1 Pentingnya pergaulan dengan teman
3.2 Batasan pergaulan antara laki-laki dan perempuan
3.3Cara menempatkan diri dalampergaulan   
J.       Tempat layanan                   :  Ruang kelas
K.    Waktu layanan                    :  Semester 1       
L.     pelaksana                             :  Guru bimbingan dan konseling           
M.   Alat perlengkapan              : 
N.    Rencana penilaian               :  Leiseg  
O.    Catatan khusus                    :  -









Satuan kegiatan layanan bimbingan dan konseling

A.    Materi layanan                        :    Cara bergaul yang baik
B.     Sub materi layanan                  :    Cara bergaul
C.     Jenis layanan                           :    Informasi
D.    Fungsi layanan                        :    Pemahaman
E.     Bidang bimbingan                   :    Bimbingan sosial
F.      Tugas perkembangan              :    Siswa dapat mengetahui cara-cara pergaulan baik dengan teman laki-laki maupun perempuan
G.    Rumusan kompetensi              :    Mampu memanfaatkan pergaulan tersebut untuk mencapai keberhasilan
H.    Sasaran layanan                       :  Kelas X
I.       Uraian kegiatan                       :
1.Pendahuluan               :
a.       Guru pembimbing mengucapkan salam,serta mengecek kehadiran siswa
b.      Guru pembimbing menjelaskan arti pentingnya pergaulan dengan teman,batasan pergaulan,dan cara menempatkan diri dalam pergaulan
c.       Guru pembimbing menjelaskan materi tersebut
d.      Guru pembimbing menjelaskan tujuan dari materi tersebut
2.Kegiatan inti               :    Mengembangkan pokok pikiran tersebut.
3.Penutup                       :    Siswa dan guru mengambil kesimpulan
J.       Metode                                    :    Diskusi
K.    Tempat                                    :    Ruang kelas
L.     Waktu                                     :    Semester 1
M.   Penyelenggara                         :   Guru bimbingan dan konseling
N.    Pihak yang disertakan             :   -
O.    Alat perlengkapan                   :   -
P.      Rencana penilaian                   :   Leiseg
Q.    Catatan khusus                        :   -

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Sekolah                            :  SMA Negeri 4 Purworejo
Kelas                                :  X/2
Bidang bimbingan           :  Akhlak mulia
Tujuan layanan                :  Agar siswa dapat mengetahui batasan-batasan dalam pergaulan
Tugas perkembangan       : Siswa dapat mengembangkan pengetahuan mengenai etika dalam bergaul dengan orang yang lebih tua.
Rumusan kompetensi      :  Memahami dan mewujudkan sikap menghargai







SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.    Topik bahasan                     :    Cara bergaul dengan orang yang lebih tua
B.     Bidang bimbingan               :  Bimbingan Akhlak mulia
C.     Jenis layanan                       :  Informasi
D.    Fungsi layanan                    :   Pemahaman
E.     Tujuan layanan                   :    Agar siswa dapat mengetahui batasan-batasan dalam pergaulan
F.      Tugas perkembangan          :    Siswa dapat mengembangkan pengetahuan mengenai etika                                                                       dalam bergaul dengan orang yang lebih tua.
G.    Rumusan kompetensi          :  Memahami dan mewujudkan sikap menghargai
H.    Sasaran layanan                   :   Kelas X
I.       Uraian kegiatan                   :
1.      Strategi  layanan     :  Kelompok         
2.      Metode                    :  Diskusi
3.      Materi layanan        :   Cara mewujudkan sikap menghormati orang yang lebih tua.
J.       Tempat layanan                   :  Ruang kelas
K.    Waktu layanan                    :  Semester 2
L.     pelaksana                             :  Guru bimbingan dan konseling
M.   Alat perlengkapan              :  Papan tulis
N.    Rencana penilaian               :  Leiseg
O.    Catatan khusus                    :  -












Satuan kegiatan layanan bimbingan dan konseling

A.      Materi layanan                       :     Menghargai orang yang lebih tua
B.     Sub materi layanan                :    Maksud dari menghormati orang yang lebih tua
C.     Jenis layanan                          :  Informasi
D.    Fungsi layanan                       :    Pemahaman
E.     Bidang bimbingan                 :    Bimbingan Akhlak mulia
F.      Tugas perkembangan             :    Siswa dapat mengembangkan pengetahuan  mengenai etika dalam bergaul dengan orang yang lebih tua
G.    Rumusan kompetensi            :    Memahami dan mewujudkan sikap menghargai
H.    Sasaran layanan                     :    Kelas X
I.       Uraian kegiatan                     :
1.   Pendahuluan            :
a.                Guru pembimbing mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa
b.               Guru pembimbing Menjelaskan pentingnya sikap menghargai orang yang lebih tua
c.                Guru pembimbing menjelaskan materi
d.               Guru pembimbing menerangkan mengenai tujuan yang ingin dicapai dari pembahasan tersebut
2.   Kegiatan inti            : Mengembangkan pokok pikiran dari layanan tersebut
3.   Penutup                    :    Guru pembimbing dan Siswa mengambil kesimpulan
J.       Metode                                  :    Diskusi
K.    Tempat                                   :    Ruang LAB IPA
L.     Waktu                                    :    Semester 2
M.   Penyelenggara                       :    Guru bimbingan konseling
N.    Pihak yang disertakan           :    Guru maple tata krama
O.    Alat perlengkapan                  :    Papan tulis
P.      Rencana penilaian                  :    Leiseg
Q.    Catatan khusus:                     :    -

0 komentar:

Posting Komentar