Senin, 12 Februari 2018

RPL HOME ROOM



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
 BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK HOME ROOM
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017
A
Komponen layanan
Layanan dasar
B
Bidang layanan
Pribadi-sosial
C
Topik layanan
Menjadi pribadi yang menarik
D
Fungsi layanan
Pemahaman dan pengembangan
E
Tujuan umum
Menampilkan keunikan diri secara harmonis dalam
Keragaman.
F
Tujuan khusus
Siswa mampu memahami keunikan yang ada pada dirinya
Siswa mampu mengelola keunikan yang ada dalam dirinya sebagai bekal untuk menjalin hubungan dengan orang lain.
G
Sasaran
Kelas x mipa 5
H
Materi layanan
Trik menjadi pribadi yang menarik
I
Waktu
1 x 45 menit
J
Sumber
Http://www.kompasiana.com/senja.trie/delapan-tips-tampil-beda-menjadi-pribadi-yang-menarik-dan-menyenangkan-di-mata-orang-lain_55b2fea7e122bd3d10850a21
K
Metode/teknik
Home room
L
Media/alat
Laptop,lcd, prezie
M
Pelaksanaan

1.     Tahap awal  / pendahuluan


a.   Pernyataan tujuan
1)     Guru bk menyapa peserta didik dengan kalimat yang membuat siswa bersemangat
2)     Guru bk mengucapkan terimakasih kepada siswa atas kedatangannya
3)     Guru bk mengecek kehadiran siswa
4)     Guru bk memimpin doa
5)     Guru bk memberikan ice breaking/game sederhana

B. Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
Guru bk menjelaskan
1)      Pengertian dan tujuan khusus
2)      Langkah-langkah kegiatan
3)      Tugas dan tanggung jawab siswa
4)      Dalam kegiatan layanan bimbingan klasikal melalui teknik home room.

c.    Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
Guru bk atau konselor memberikan penjelasan secara umum tentang pribadi yang menarik

2.    Tahap peralihan (transisi)
Guru bk menanyakan kesiapan siswa melaksanakan kegiatan home room, dan memulai ke tahap inti.

3.    Tahap inti


a.    Kegiatan peserta didik
Peserta didik melakukan berbagai kegiatan sesuai langkah-langkah dan tugas serta tangggung jawab yang telah dijelaskan :
1)     Peserta didik menjawab pertanyaan yang ditanyakan guru bk
2)     Peserta didik bertanya kepada guru bk terkait dengan materi yang dibahas
3)     Peserta didik mendiskusikan materi yang dibahas bersama teman/kelompoknya
4)     Menyimpulkan materi layanan

b.    Kegiatan guru bk
1)     Menyampaikan materi layanan
2)     Mendiskusikan dan melakukan tanya jawab terhadap materi yang telah disampaikan
3)     Memotivasi siswa agar bersedia untuk mengemukakan pendapatnya
4)     Membuat suasana di kelas menjadi seperti di rumah
5)     Menyimpulkan materi layanan

4.    Tahap penutup
1)     Guru bk menanyakan pemahaman, perasaan, dan rencana tindak lanjut siswa
2)     Guru bk memberikan penguatan kepada siswa
3)     Guru bk merencanakan tindak lanjut
4)     Salam penutup
N
Evaluasi


1. Evaluasi proses
Guru bimbingan dan konseling atau konselor
Melakukan evaluasi dengan memperhatikan selama proses pemberian layanan berlangsung.
.
2.   Evluasi hasil
Guru bk memberikan lembar laiseg pada siswa untuk mengetahui suasana selama bimbingan klasikal berlangsung, pemahaman baru siswa, perasaan siswa ketika mengikuti kegiatan bimbingan klasikal dengan teknik home room dan tindakan apa yang akan dilakukan siswa setelah kegiatan dilakukan.
O
Tindak lanjut
1)      Memberikan layanan lanjutan berupa layanan dasar yaitu bimbingan kelompok jika ada siswa yang kurang memahami topik pembahasan dengan memberikan topik yang sama maupun topik yang berhubungan dengan topik awal
2)      Memberikan layanan lanjutan kepada siswa yang memperoleh perhatian khusus dengan konseling kelompok atau konseling individu.

Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru BK





Cara menjadi pribadi yang menarik
Setiap individu memiliki tingkat karisma tertentu dimana mereka dilahirkan bersama dengan itu. Orang-orang yang selalu menarik secara alami membuat diri mereka menjadi pusat perhatian. Mereka memiliki kemampuan untuk meringankan suasana hati semua orang dan mengangkat semangat mereka dengan kata-kata bermakna.
Jadilah sopan
Jika anda ingin belajar cara menjadi pribadi menarik, anda harus belajar seni kesopanan. Tidak ada yang suka seseorang yang kasar dan pemarah sepanjang waktu, dan jika anda ramah dan sopan kepada orang-orang di sekitar anda, mereka jelas akan menghargai kehadiran anda. Tidak ada salahnya untuk bersikap sopan dan hal ini pada gilirannya membangkitkan perasaan kesopanan pada orang lain juga. Setelah proses ini dimulai anda akan segera melihat bahwa setiap orang di sekitar anda juga telah mengembangkan tingkat kesopanan.
Empati
Tampilkan empati terhadap sesama manusia. Jangan menghakimi mereka dan tidak merasa kasihan pada mereka. Belajarlah untuk menghormati kebebasan semua orang dan pilihan mereka. Ketika seseorang melalui waktu yang sulit, dia ingin didengarkan, bukan ingin mendengar perkataan tiada guna.
Jadilah tulus
Ketulusan adalah kunci bagaimana cara menjadi pribadi yang menarik. Jika anda berpura-pura dalam kesopanan dan empati anda, itu akan kelihatan cepat atau lambat. Jika anda benar-benar ingin menyenangkan orang lain dan tampil menawan di mata mereka, anda perlu benar-benar merasakan apa yang anda katakan kepada mereka.
Jenaka
Orang-orang yang paling menarik memiliki kemampuan untuk membuat orang tertawa. Untuk mencapai hal ini, anda perlu memiliki pikiran yang terbuka. Semua orang suka berada di sekitar orang-orang lucu karena mereka dapat sangat menghibur kesuraman dalam kehidupan semua orang.
Optimis
Belajarlah untuk melihat sisi terang dan dunia akan menjadi tempat yang lebih baik. Jika anda ingin dikenal sebagai pribadi yang menarik, maka anda harus bisa meyakinkan orang, tidak peduli seberapa buruk hal yang mungkin tampak pada saat itu.
Penampilan
Penampilan memainkan peran yang besar meskipun hal itu bukanlah hal yang paling penting untuk dapat menjadi pribadi menarik, namun, itu memang memiliki efek tertentu. Cobalah untuk tampil sebaik mungkin dan tidak mencolok, dunia di sekitar anda akan menghargainya.
Percaya diri
Anda tidak bisa seenaknya menyebarkan sukacita dan kebahagiaan dalam hidup orang lain, jika anda terus-menerus mengeluh dan terobsesi tentang kepribadian anda sendiri. Membuat pilihan yang tepat dan memiliki keyakinan akan membantu anda dalam membuat keputusan terbaik. Semuanya akan menjadi sia-sia jika anda sendiri tidak yakin pada diri anda.
Friendly atau Ramah
Setiap orang pasti senang bila berdekatan dengan orang yang ramah, orang akan merasa dihargai dan diterima jika diperlakukan dengan ramah, lain halnya jika kita dapati muka yang jauh dari senyum dan ketus, kita pun pasti enggan berlama lama dengan orang tersebut karena takut dan malas berada di dekatnya. Beda halnya dengan sikap ramah, , Sikap ramah akan membuat orang nyaman dan senang di dekat kita. Sikap ramah akan membuat suasana menjadi hidup, mencairkan keadaan dan membuat kita banyak teman dan banyak yang menyenangi dan merindukan keberadaan kita.
Senang Membantu dan Menolong Orang lain
Pernahkah ketika kita sedang kerepotan membawa sesuatu, tiba-tiba ada teman yang menghampiri dan berinisiatif sendiri untuk membantu kita tanpa kita minta? dan hal itu pun membuat kita tersenyum senang dan bahagia karena telah dibantu di bawakan. Inisiatif dan niat baik teman kita itu pun pasti akan terus teringat dan terkenang di dalam hati kita , dan hal itu akan menjadi contoh yang patut kita tiru kepada yang lainnya. Menolong orang lain sejatinya adalah kita menolong diri kita sendiri. dimana jika kita berbuat baik kepada orang lain maka kebaikan itu pun akan kembali pada diri kita sendiri. Mungkin kebaikan yang sudah kita lakukan kepada orang lain akan kembali menolong kita di waktu dan keadaan yang lain suatu hari nanti. Contoh kecil misal kita menolong dengan tulus seorang nenek yang hendak menyebrang jalan, mungkin kebaikan kita akan dibalas oleh-Nya dalam bentuk lain, misalnya ada orang lain yang membantu orang tua kita, adik kita, kakak kita , saudara kita ataupun pertolongan dalam bentuk lainnya.
Rendah Hati
Umumnya orang tak suka dengan orang yang berbicara terlalu tinggi / menyombongkan diri dengan apa yang di milikinya misalnya kendaraan mewah yang di milikinya, lalu misalnya menyebutkan prestasi prestasinya yang telah berhasil di raihnya padahal tidak ditanya, pengalaman pengalamannya,dan lain sebagainya. Bersikaplah rendah hati, seperti ilmu padi semakin tinggi maka akan semakin merunduk. Sikap Kerendahan hatian membuat orang lain akan menaruh hormat dan menghargai kita.
Be Smart
Walaupun kita tidak memakai pakaian yang mahal atau bermerk, tapi jika kita terlihat smart, berwawasan luas dan nyambung ketika di ajak berbicara, orang pun akan senang di dekat kita, dan itupun akan memberi inner beauty tersendiri untuk kita. misalnya ketika di ajak membicarakan suatu topik, kita pun bisa menanggapinya dengan baik, karena Pengetahuan dan ilmu ilmu yang kita cari sendiri dengan jalan belajar sebelumnya, seperti belajar mengamati, banyak membaca, baik itu referensi dari buku buku, ataupun membaca di media lainnya. Ada tiga Kecerdasan yang ada dalam diri kita yaitu kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), dan Kecerdasan Spritual (SQ). Itu pun tergantung kita bagaimana mengelolanya dengan baik.
Menepati Janji
Orang akan senang dan menghargai kita jika kita tlah berjanji pada orang lain dan kita berusaha menepati janji yang telah kita ucapkan.dan sebaliknya jika kita keseringan berjanji pada orang namun banyak juga yang tidak di tepati, orang pun akan memberi penilaian sendiri terhadap kita. Mungkin kita akan menjadi orang yang tidak akan di percaya lagi.
Menjadi Pendengar yang baik
Kebanyakan dari kita pasti akan senang jika keluh kesah kita, uneg uneg kita di dengarkan orang lain, sejatinya setiap orang hanya ingin ceritanya / curahan hatinya di dengarkan oleh lawan bicaranya, apalagi bila kita menjadi sahabat yang dipercaya oleh sahabat kita, yang siap mendengarkan keluh kesahnya dan memberi solusi terbaik untuknya.








Evaluasi Proses
Layanan Bimbingan Klasikal  Teknik Home Room
Indikator :
a.    Siswa antusias dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok
b.    Siswa mampu menyampaikan pendapat dalam diskusi
c.    Siswa Mampu Menghargai pendapat peserta lain
d.   Siswa mampu memberikan tanggapan
e.    Siswa mampu menjalin kerjasama dalam membahas materi layanan


No
Aspek Pengamatan
Pilihan
Jumlah
1
2
3
4
5
1
Siswa bersemangat saat mengikuti layanan bimbingan klasikal dengan metode home room






2
Siswa mampu menyampaikan pendapat saat diskusi






3
Siswa mampu bertanya saat proses layanan berlangsung






4
Siswa memperhatikan materi dengan penuh kesungguhan






5
Siswa terlibat aktif selama layanan bimbingan klasikal






6
Siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan






7
Siswa antusias dalam mengamati media yang digunakan










Skor
Interval
Kriteria Penilaian
5
29 - 35
Sangat baik
4
22 – 28
Baik
3
15 – 21
Cukup
2
8-14
Kurang
1
1 -7
Sangat kurang
 
           Guru BK













PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
Hari, Tanggal Layanan        :  ........................................................
                        Jenis Layanan                       :  ........................................................
                        Pemberi Layanan                  :  ........................................................
                          
Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
No
Aspek
1
2
3
4
1
Setelah mengikuti layanan ini saya mampu menjelaskan kembali apa yang dimaksud pribadi yang menarik




2
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami manfaat menjadi pribadi yang menarik




3
Setelah mengikuti layanan ini saya mengetahui cara menjadi pribadi yang menarik




4
Setelah mengikuti layanan saya merasa senang




5
Saya senang mengikuti layanan ini karena prosesnya menyenangkan




6
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk selalu menjadi pribadi yang disenangi




7
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk memperbaiki kelemahan dan mengembangkan kelebihan yang saya miliki




8.        Dari skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah pemahamanmu tentang permasalahan yang telah dibahas dalam kegiatan layanan ini?, pilihlah angkanya.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Tidak
paham








Sangat
paham
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.        Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan? ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
                                                                                                  Semarang, 09 Mei 2017
                                                                                                                Peserta

                                                                                           ....................................



RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (PENGAJARAN PERBAIKAN)

Jenis Layanan                          :
Pelaksana                                :
Pihak Terkait                           :
Tempat, Waktu                       :
Sasaran Layanan                     :
Lingkup Pembicaraan            
1.    Topik yang Dibahas           :
2.    Pembahasan                        :
Kejadian yang muncul            :
      

Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                    Guru BK













PERMAINAN
·       Mintalah seluruh peserta berhitung dari nomor 1 dan seterusnya sampai selesai (habis)
·        Minta setiap peserta mengingat nomor urutnya masing-masing dengan baik, jika perlu lakukan pengujian dengan menyebut secara acak beberapa angka dan minta peserta yang disebut nomornya untuk menyahut ‘ya’!, atau tunjuk beberapa orang peserta secara acak dan tanyakan ia nomor urut berapa.
·       Tegaskan sekali lagi apakah mereka benar – benar mengingat nomor urutnya masing – masing.
·       Setelah yakin, jelaskan bahwa Anda akan menyampaikan suatu berita atau suatu cerita tertentu di mana dalam sepanjang cerita itu akan disebut sejumlah angka – angka. Peserta yang disebut angka atau nomor urutnya diminta segera berdiri dan langsung meneriakkan namanya keras – keras kepada seluruh peserta lain. Jika terlambat 3 detik, peserta dikenakan hukuman ramai – ramai oleh peserta lain.
·       Tanyakan kepada peserta apakah mereka paham peraturan tersebut?, jika perlu ulangi sekali lagi dan berikan contoh.
·       Mulai bercerita, misalnya : saudara – saudara, latihan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lima bulan yang lalu, tapi karena beberapa hal, barulah tiga bulan yang lalu ada kejelasan dan kemudian dipersiapkan oleh delapan orang panitia ……….. dst. Atau cerita lain yang Anda karang sendiri pada saat itu ( yang penting, dalam cerita itu ada disebutkan angka – angka nomor urut peserta setiap satu kalimat atau setiap selang satu menit ).
·       Lakukan sampai separuh peserta tersebut nomornya atau seluruhnya (bergantung kepada kecepatan Anda dan peserta dan sesuai dengan waktu yang tersedia)
·       Lakukan diskusi dengan peserta tentang apa makna permainan ini dan dapat digunakan untuk apa saja dalam kegiatan latihan, termasuk perasaan – perasaan peserta sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar