Minggu, 03 Maret 2013

makalah psikologi industri


MAKALAH KOMUNIKASI PERUSAHAAN
Tugas Mata Kuliah PSIKOLOGI INDUSTRI
Dosen Pembimbing : Dra.Hj. Siti Hartini
Disusun Oleh :
1.      Supri Widianto                 10144200270
2.      Eko warno                        10144200274
3.      Susilo budi utomo            10144200285
4.      Hervigo Guspawanda P   10144200282
5.      Ibu Surtini                        12144230159
6.      Novi dwi hartati               10144200238
7.      Ratna Dewi                      10144200257


PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2012
Pandji Anoraga
KOMUNIKASI
A.    Pengertian Komunikasi
Komunikasi berasal dari kata latin “Communication” yang berarti pemberitahuan atau pertukaran pikiran.
Komunikasi menurut pandji anogara adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan seseorang pada orang lain, yang biasanya proses penyampaiannya menggunakan bahasa, walaupun ada juga yang menggunakan isyarat saja.
Komunikasi oleh sebagian orang dianggap sebagai proses pemberitahuan dari satu pihak ke pihak lain, yang dapat berupa rencana-rencana, instruksi-instruksi, petunjuk-petunjuk, sarana-sarana dan sebagainya.
Proses komunikasi                                                             
Dalam proses komunikasi terdapat tahap-tahap  di mana suatu gagasan atau pengertian dikirimkan dari sumbernya. Adapun tahap-tahapnya sebagi berikut :
1.      Tahap idiasi
2.      Tahap encoding
3.      Tahap pengiriman
4.      Tahap penerimaan
5.      Tahap decoding
6.      Tahap tindakan
Ruang lingkup komunikasi
Komunikasi merupakan proses pengoperan lambang yang mengandung arti dari individu yang satu ke individu yang lain atau dari kelompok satu ke kelompok lain.
Komunikasi jarang sekali diadakan tanpa adanya suatu tujuan tertentu. Berikut ini akan di uraikan beberapa jenis komunikasi yang termasuk dalam ruang lingkup komunikasi.
1.    Komunikasi sosial
Merupakan komunikasi yang lebih diarahkan kepada pencapaian suatu suatu integrasi sosial. Ditinjau dari segi ini suatu komunikasi sosial apabila kedua belah pihak yang trlibat dalam proses komunikasi ini menganggap ada manfaat untuk mengadakan kegiatan komunikasi tersebut.
2.    Komunikasi massa
Adalah suatu kegiatan komunikasi yang ditujukan kepada orang banyak yang tidak di kenal.
Unsur budaya dalam komunikasi
Unsur budaya merupakan dasar kehidupan sehari-hari, pola dasar dan titik bertolaknya komunikasi.  Lingkungan budaya merupakan subsistem. Suatu ekosistem yang baik yaitu saling mengikuti kebutuhan psikolagi manusia dalam mengekspresikan diri adalah bagaimana ia menerima hubungan antara diri dengan lingkungan manusia dan manusianya.
Komunikasi dalam perusahaan
Komunikasi yang baik setidaknya diperlukan dalam perusahaan tetapi ini merupakan syarat mutlak dalam setiap kegiatan komunikasi. Setiap koordinasi dalam perusahaan memerlukan komunikasi yangefisien.
Komunikasi yang tidak lancar / baik dapat menimbulkan dampak buruk antara lain
·   Timbunya sentimen-sentimen
·   Timbulnya prasangka-prasangka dan ketegangan-ketegangan di kalangan para anggota organisasi
·   Juga dapat menimbulkan konflik-konflik diantara bermacam-macam tingkatan dalam organisasi garis atau piramida
Maka kominikasi yang efektif dan terbuka akan memudahkan penjabaran kebijakan tersebut sekaligus juga membberikan fasilitas kelancaran kerja.  Komunikasi merupan kapasitas individu atau kelompok untuk menyampaikan perasan pikiran dan kehendak kepada individu dan atau kkelompok lain. Didalam teknik berkomunikasi ada beberapa hal yang perlu diperhatkan :
1.    Manfaat komunikasi
a.    Menghubungkan semua unsur interelasi pada semua lapisan sehingga menimbulkan rasa bersatu, setia kawan dan loyalitas bersama.
b.    Meningkatakan rasa tanggung jawab serta menimbulkan rasa keterlibatan dan rasa ikut memiliki atau rasa satu kelompok.
c.    Menimbulkan rasa saling pengertian dan saling menghargai tugas masing-masing.
2.    Arus komunikasi
a.    Penyampaian berita atau pengetahuan mengenai komando rencana pelaksanaan, faktor-faktor penunjang tugas pekerjaan dan supervisi.
b.    Mengantarkan informasi mengenai pendapat perasaan atau emosi, kehendak, hasrat , dan aspirasi seluruh anggota.
3.    Kebijakan komunikasi
a.    Hierarki pentingnya komunikasi
b.    Informasi sebagian atau global yang harus disampaikan secara keseluruhan.
c.    Informasi dengan penjelasan sampai mendetail.
d.   Syarat komunikasi yang memungkinkan yaitu dalam suasana bebas gembira tanpa tekenan-tekanan tertentu.
4.     Cara-cara dan persyaratan komunikasi
a.    Menghargai kelebihan-kelebihan orang lain
b.    Memahami, mmemaafkan kelemahan orang lain
c.    Bersedia mendengar pendapat orang lain tanpa penilaian dan mampu ikut merasakan kehidupan orang lain
5.    Bentuk komunikasi
a.    Komunikasi satu arah : berlangsung secara cepat dan efisien dan bersifat “top down”
b.    Kmunikasi dua arah : semua perintah dapat diterima dan didiskusikan teerlebih dahulu.
Kesulitan dan ketidak lancaran komunikasi dapat disebabkan oleh :
1.      Faktor waktu
2.      Faktor ruang bekerja dan belajar yang berbeda
3.      Faktor sistem pembagian kerja dan tugas yang tidak memungkinkan semua anggota kelompok dapat bertemu bersama-sama.
Di era modern ini sukarnya komunikasi dapat di atasi dengan bantuan alat-alat modern seperti :
1.      Telephone
2.      Telex
3.      Radio
4.      Megaphone
5.      Dan lai-lain
Banyak orang yang mengira bahwa apabila suatu perusahaan yang memakai alat komunikasi modern , maka perusahaan itu telah memakai komunikasi yang baik, padahal pendapat tu sama sekali tidak dibenarkan karena untuk melaksanakan komunikasi yang baik perlu adanya jalinan pengertian antara yang menyampaikan komunikasi dengan yang menerima komunikasi.
Hal yang harus diperhatikan ketika membahas mengenai komunikasi, yaitu :
1.    Komunikasi harus mudah dimengerti
Agar komunikasi yang disampaikan mudah dimengerti, maka pemberi komunikasi harus tahu dengan kepada siapa komunikasi tersebut disampaikan dalam arti tingkat pendidikan, kemampuan menerima komunikasi, dan sebagainya.
2.    Komunikasi harus lengkap
Komunikasi harus lengkap agar tidak menimbulkan keraguan bagi penerima.
3.    Komunikasi harus tepat waktu dan sasaran
4.    Komunikasi butuh saling kepercayaan
5.    Perlu memperhatikan situasi dan kondisi
6.    Perlu menghindari kata-kata yang kurang enak
7.    Pemilihan media komunikasi
8.    Manfaat alat-alat komunikasi mutakhir
9.    Pemakaian kode-kode komunikasi
10.    Macam-macam cara pelaksanaan komunikasi
Komunikasi dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah:
a.    Komunikasi tertulis
Kebaikan : dapat disebar luaskan, diperbanyak dalam waktu singkat, sebagai dokumen tertulis.
Kekurangan : tidak semua hal dapat dikomunikasikan secara tertulis.
b.    Komunikasi lisan
Kebaikan : penjelasan lebih mendetail, menimbulkan partisipasi langsung
Kekurangan : kurang tegas
Hambatan-hambatan dalam melaksanakan komunikasi dalam perusahaan
1.      Hambatan psikologis
Terjadi karena, komunikasi yang disampaikan sering kali keliru dan seringkali pula diralat menyebabkan turunya kewibawaan dan sebagainya.
2.      Hambatan kurangnya motivasi
Kemampuan perusahaan untuk memotivasi orang-orangnya merupakan kunci untuk mampu atau tidaknya orang-orangnya melaksanakan rencana, instruksi-instruksi, saran-saran yang dikomunikasikan.
3.      Hambatan karena adanya perantara suatu omunikasi
Keuntungan-keuntungan komunikasi yang baik
1.      Kelancaran tugas-tugas lebih terjamin
Dengan komunikasi yang baik maka apa yang kita komunikasikan akan dapat dimengerti, ini semua dapat mengakibatkan kelancaran tugas.
2.      Biaya-biaya dapat kita tekan
3.      Dapat meningkatkan partisipasi
4.      Pengawasan dapat dilaksanakan dengan baik





A.  KOMUNIKASI DALAM MANAJEMEN
Komunikasi dalam manajemen ada 2, yaitu :
1.    Komunikasi internal
Yaitu komunikasi antara manajer dengan komunikasi yang berada dalam organisasi, yakni para pegawai dan berlangsung secara timbal balik.
Komunikasi internal ada 3, yaitu :
a.    Komunikasi verbal
b.    Komunikasi horisontal
c.    Komunikasi diagonal atau komunikasi silang
2.    Komunikasi Eksternal
Yaitu komunikasi antara manajer dengan pejabat lain yang mewakili diluar organisasi.komunikasi eksternal ada 2, yaitu
a.    Komunikasi dari organisasi ke khalayak
b.    Komunikasi dari khalayak ke organisasi

B.  Hambatan-hambatan dalam berkomunikasi
1.    Hambatan teknis
Disebabkan karena adanya keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi atau karena adanya kekacauan dari prosedur yang ada.
2.    Hambatan semantik
Disebabkan karena adanya kesalahan penyampaian dalam kata-kata yang disampaikan oleh komunikator
3.    Hambatan manusiawi
Hambatan yang berasal dari manusiannya itu sendiri, disebabkan adanya perbedaan persepsi.

C.  Hubungan komunikasi dengan perilaku Organisasional
Hubungan antara komunikasi dengan perilaku organisasi terletak pada peninjauannya yang berfokus pada manusia-manusiannya.

Organisasi merupakan suatu unsur yang dapat melangsungkan proses pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dimana operasi dan interaksi diantara bagian yang satu dengan yang lain dapat berjalan secara harmonis dan pasti.
A.  Pengaruh organisasi terhadap perilaku organisasional
Interaksi yang harmonis antara karyawan suatu organisasi dapat mengakibatkan situasi yang baik sehingga tujuan yang di harapkan akan tercapai dengan mudah.
Peranan-peranan manajer dalam organisasi
1.    Peranan formal
Wewenang yang formal dari seorang manajer secara langsung akan menimbulkan tiga peranan yang meliputi hubungan antar personil yang mendasar, peranan itu adalah :
a.    Peranan tokoh
b.    Peranan pemimpin
c.    Peranan penghubung
2.    Peranan informasional
3.    Peranan memutuskan
B.  Dimensi-dimensi komunikasi dalam kehidupan organisasi
1.    Dimensi internal
Merupakan pertukaran gagasan diantara para administrator dan karyawan dalam suatu organisasi lengkap dengan struktur yang khas. Dimensi komunikasi internal terdiri dari :
a.    Dimensi vertikal
b.    Dimensi horisontal
c.    Dimensi diagonal
2.    Komunikasi Eksternal
Komunikasi antara pemimpin organisasi dengan khalayak diluar organisasi.
Komunikasi yang baik harus :
a.    Mudah dimengerti
b.    Harus lengkap
c.    Tepat waktu dan tepat sasaran
d.   Komunikasi perlu landasan saling kepercayaan
e.    Komunikasi perlu memperhatikan situasi dan kondidi
f.     Komunikasi perlu menghindarkan kata-kata yang kurang enak
g.    Persesuaian dalam komunikasi
h.    Pemilihan media komunikasi
i.      Komunikasi terhadap pihak luar tidak boleh diabaikan.
C.  Kominikasi dialogis
Salah satu cara yang efektif agar proses komunikasi dalam organisasi dapat berlangsung lebih lancar adalah dengan komunikasi dialogis (komunikasi dua arah). Komunikasi dialogis sangat bermanfaat bagi bawahan , terbukanya kesempatan untuk sumbang saran akan memberikan kepuasan tesendiri pada bawahan.
1.    Hambatan-hambatan dari pihak atasan dalam komunikasi dialogis
a.    Kurangnya kesediaan atasan untuk mendengarkan.
b.    Segan terlibat urusan pribadi
c.    Prasangka
d.   Sikap bertahan
e.    Kurangnya waktu
2.    Hambatan-hambatan dari pihak bawahan dalam komunikasi dialogis
a.    Keterbatasan pengetahuan
b.    Prasangka emosional
c.    Perbedaan wewenang.
Prabu Mangkunegoro
1.      Pengertian Komunikasi
Keith Davis (1985:458) mengemukakan : komunikasi adalah pemindahan informasi dan pemahaman dari seseorang kepada orang lain.
Edwin B. Flippo (1976:448) berpendapat bahwa komunikasi adalah aktifitas yang menyebabkan orang lain menginterpretasikan suatu ide, terutama yang dimaksudkan oleh pembicara atau penulis.
Andrew F. Sikula (1981:94) mendefinisikan komunikasi adalah prroses pemindahan informasi, pengertian, dan pemahaman dari seseorang, suatu tempat, atau sesuatu kepada sesuatu, tempat, atau orang lain.
Jadi, komunikasi adalah pemindahan suatu informasi, ide, pengertian dari seseorang kepada orang lain dengan harapan agar orang lain tersebut dapat menginterpretasikannya sesuai dengan tujuan yang dimaksudkan.

2.      Proses komunikasi
Ada tiga model proses komunikasi  yaitu :
a)      Model proses komunikasi menurut Keith Davis
Proses komunikasi merupakan suatu metode yang pengirim pesannya (sender) dapat menyampaikan pesannya kepada penerima (receiver).
·         Tahap 1, meruapakan tahap pengembangan ide
·         Tahap 2, tahap encode (enkode)
·         Tahap 3, tahap transmit ( transmisi)
·         Tahap 4, tahap receive (penerimaan)
·         Tahap 5, tahap decode (dekode)
·         Tahap 6, tahap use (penggunaan pesan)
·         Komunikasi tersebut efektif bila receiver  dapat menerima pesan dengan baik, mengerti, menyetujuinya, menggunakannya, dan adanya umpan balik (feedback ) terhadap pesan yang diterima dari sender.

b)      Model proses komunikasi menurut Andrew F. Sikula
Proses komunikasi sangat baik dijelaskan dalam bentuk suatu model yang menggambarkan serangkaian tahapannya.
·         Source, ( sumber )
·         Enconding, (pemrosesan pesan)
·         Transmission, (pengiriman pesan)
·         Medium, (media)
·         Reception, (penginterprestasian)
·         Decoding, (pesan dimengerti)
·         Action, (tindakan nyata)
·         Feedback loops, (umpan balik)

c)      Model proses komunikasi menurut George S.Odiorne
Komunikasi termasuk semua perilaku yang dihasilkan dari saling bertukar pengertian.Hal tersebut termasuk segala sesuatu yang dilakukan dalam menyampaikan maksud atau ide-ide kepada orang lain.
·         Sender, (pengirim)
·         Message, (pesan)
·         Code, (kode)
·         Encode, (enkode)
·         Transmit, (pengiriman)
·         Decode, (pesan dimengerti)
·         Receiver, (pengiriman)
·         Feedback, (umpan balik)

3.      Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi
Faktor sender antara lain :
a)      Keterampilan sender
b)      Sikap sender
c)      Pengetahuan sender
d)     Media saluran yang digunakan oleh sender
Faktor receiver antara lain :
a)      Keterampilan receiver
b)      Sikap receiver
c)      Pengetahuan receiver
d)     Media saluran komunikasi

4.      Rintangan-rintangan dalam berkomunikasi
Ada tiga tipe rintangan yaitu :
a)      Rintangan pribadi
b)      Rintangan fisik
c)      Rintangan bahasa

5.      Saluran komunikasi
Dua arah saluran komunikasi seperti dikemukakan oleh Edwin B. Flippo yaitu :
a)      Saluran komunikasi pegawai bawahan terhadap atasan, yaitu :
·         Kontak secara tatap muka
·         Pertemuan kelompok pengawasan
·         Pertemuan dengan pimpinan (top management) secara periodic
·         Program “speak up”, pegawai diberikan nomor telepon untuk memanggil
·         Kotak keluhan tanpa nama
·         Pertemuan pegawai dengan pemegang saham setiap tahun
·         Menggunakan prosedur pengaduan
·         Kuesioner mengenai moral
·         Wawancara
·         Kebijakan secara terbuka
·         Perserikatan buruh atau PBSI
·          The Grapevine / komunikasi informal
·         Ombudsmen and ombudswoman (seorang pejabat atau badan yang bertugas menyelidiki berbagai keluhan masyarakat)
·         Program penyuluhan pegawai

b)      Saluran komunikasi yang digunakan atasan kepada bawahan, yaitu :
·         Perintah berantai
·         Bulletin dinding dan poster
·         Majalah perusahaan
·         Surat kepada pegawai
·         Buku pedoman pegawai
·         Rak informasi
·         System pengeras suara
·         Pay insert / membayar masukan
·         The grapevine / komunikasi informal
·         Laporan tahunan
·         Pertemuan kelompok
·         Perserikatan buruh atau PBSI

6.      Bentuk jendela komunikasi Johari
Dikembangkan oleh Joseph Luft dan Harry Ingham.Merupakan jendela komunikasi tempat kita memberi dan menerima informasi diri kita sendiri dan orang lain.


Kesimpulan

Persamaan :
1.      Pembahasan pengertian komunikasi :
Ø  Pada Prabu mangunegoro, komunikasi diartikan sebagai pemindahan suatu informasi, ide, pengertian dari seseorang kepada orang lain dengan harapan agar orang lain tersebut dapat meng intrepretasikan sesuai tujuan yang dimaksudkan.
Ø   Pada Panji Anoraga, komunikasi biasa diartikan proses penyampaian fikiran atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan bahasa berupa rencana, instruksi, petunjuk, sarana, dan sebagainya.
2.   Tahapan Komunikasi
Ø  Menurutkelompok kami dari kedua sumber memiliki tahapan komunikasi yang sama yaitu
1)      Tahap idiasi yaitu pengembangan ide/ penciptaan gagasan
2)      Tahap encoding yaitu pemrosesan kata-kata/ symbol yang disampaikan oleh sender
3)      Tahap pengiriman yaitu pemngiriman kata-kata
4)      Tahap penerimaan yaitu tahap penerimaan oleh resaiver
5)      Tahap decoding yaitu pesan di interpretasikan 
6)      Tahap tindakan yaitu tahap akhir komunikasi


Perbedaann                
1.   Dalam teori Prabu Mangkunegara
      a.   Faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi :
Ø  Keterampilan pengirim dan penerima
Ø  Sikap pengirim dan penerima
Ø  Pengetahuan pengirim dan peenerima
Ø  Media saluran komunikasi yang digunakan oleh pengirim dan penerima.
      b.   Rintangan-trintangan dalam komunikasi
Ø  Rintangan pribadi
Ø  Rintangan fisik
Ø  Rintangan bahasa
      c.   Saluran komunikasi
Ø  Saluran komunikasi yang dilakukan pegawai bawahan kepada atasan
Ø  Saluran komunikasi yang dilakukan atasan kepada pegawai bawahan
2.   Dalam teori Pandji Anoraga
      a.   Ruang lingkup komunikasi terdiri dari
Ø  Komunikasi sosial
Ø  Komunikasi massa
      b.   Komunikasi dalam perusahaan
pada teori panjdi anoraga lebih menjelaskan secara mendetail tentang komunikasi yang terjadi di dalam perusahaan tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar