RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK CERAMAH BIMBINGAN
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN
2017
A
|
Komponen layanan
|
Layanan dasar
|
B
|
Bidang layanan
|
Pribadi-sosial
|
C
|
Topik layanan
|
Komunikasi efektif
|
D
|
Fungsi layanan
|
Pemahaman
|
E
|
Tujuan umum
|
Mempelajari keragaman
interaksi sosial.
|
F
|
Tujuan khusus
|
1. Siswa
memiliki pemahaman tentang cara berkomunikasi
2. Siswa
mampu menjelaskan bentuk-bentuk komunikasi
3. Siswamampu
mengembangkan kebiasaan komunikasi yang baik dalam kehidupannya
|
G
|
Sasaran layanan
|
Siswa kelas X SMA N 1 Semarang
|
H
|
Materi
layanan
|
1. Pengerian
komunikasi efektif
2. Fungsi
komunikasi
3. Bentuk
komunikasi
|
I
|
Waktu
|
1x45 menit
|
J
|
Sumber
|
2.
Richard west, lynn h.turner. 2008
pengantar teori komunikasi: analisis dan aplikasi jakarta: salemba
humanika
|
K
|
Metode/ teknik
|
Ceramah bimbingan
|
L
|
Media/alat
|
Kertas , bolpoin, ppt
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
|
1. Tahap awal/pendahuluan
|
|
|
A.
Pernyataan tujuan
|
a. Guru
bk membuka kegiatan bimbingan klasikal dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa
b. Guru bk
menyapa peserta didik
c. Guru
bk mengucapkan terima kasih kepada siswa atas
kedatangannya
d. Guru
bk mengecek kehadiran siswa dengan presensi.
e. Guru
bk memimpin doa
a) Selingan
berupa perkenalan dan permainan (pemunculan dinamika kelompok)
|
|
B.
Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
|
Guru bk menjelaskan pengertian, maksud dan tujuan khusus, langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab siswa dalam kegiatan layanan bimbingan klasikal
melalui teknik ceramah
bimbingan
|
|
C.
Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
|
Guru bk memberikan penjelasan secara umum tentang topik
yang akan dibahas
|
|
D.
Tahap peralihan (transisi)
|
Guru bk menanyakan kesiapan
siswa dalam memulai kegiatan ceramah
bimbingan dan memulai tahap inti
|
|
2. Tahap inti
|
|
|
A.
Kegiatan peserta didik
|
Siswa
melakukan berbagai kegiatan tugas dan tanggung jawab siswa dalam kegiatan layanan bimbingan klasikal
melalui teknik ceramah
bimbingan
|
|
B.
Kegiatan guru bk/konselor
|
a. Guru bk
mengumpulkan seluruh peserta
ceramah
bimbingan (siswa) dalam satu tempat/ruangan
b. Guru bk memberi pengantar secara umum berkaitan
dengan topik bahasan
c.
Guru bk menjelaskan tentang pengertian, strategi, langkah-langkah, tips dan sub
materi lainnya yang berkaitan dengan topik bahasan
d.
Guru bk memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya ditengah
penjelasan ketika ada yang belum dipahami
e.
Guru bk memberikan tugas kepada siswa untuk mencatat,
mengidentifikasi dan membahas topik terkait
f.
Guru bk megamati da mendampingi siswa selama proses berlangung
g.
Memberikan ice breaking agar siswa tidak bosan ditengah-tengah
penjelasan materi
|
|
3. Tahap penutup
|
a.
Guru bk membagikan kertas warna 2 lembar per siswa
b.
Guru bk mengajak siswa untuk menganalisis permasalahan
dalam topik pembahasan
c.
Guru bk meminta siswa untuk mengidentifikasi hal-hal
yang berkaitan dengan topik pembahasan
d.
Guru bk memberikan kesempatan kepada beberapa siswa
yang ingin menyampaikan hasil analisis dan identifikasi dirinya.
e.
Guru bk melakukan evaluasi dengan memberikan pertanyaan random pada
siswa
f.
Guru bk menunjuk siswa secara random untuk menyimpulkan materi yang
telah disampaikan
g.
Guru bk memberikan penilaian kepada siswa
h.
Guru bk menyimpulkan makna kegiatan ceramah bimbingan yang telah
dilakukan
i.
Guru bk mengakhiri layanan dengan memberikan motivasi pada siswa
agar dapat menjadi peserta didik yang efektif dan mengetahui kiat belajar di
sekolah secara tepat
|
N
|
Evaluasi
|
|
|
a. Evaluasi
proses
|
Evaluasi proses ini
dilakukan oleh guru bk dengan melihat
proses yang terjadi dalam kegiatan ceramah bimbingan, dengan menggunakan lembar observasi
|
|
b. Evaluasi
hasil
|
Guru
bk menetapkan
materi evaluasi hasil (laiseg)
untuk mengetahui pemahaman (understanding),
perasaan (comfort) dan tindakan (actions),
serta keaktifan
siswa setelah pembahasan topik.
|
O
|
Tindak lanjut
|
a) Memberikan
layanan lanjutan berupa layanan dasar yaitu bimbingan kelompok jika ada siswa
yang kurang memahami topik pembahasan dengan memberikan topik yang sama
maupun topik yang berhubungan dengan topik awal
b) Memberikan
layanan lanjutan kepada siswa yang memperoleh perhatian khusus dengan
konseling kelompok atau konseling individu.
|
Semarang,
09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
BK
Materi
KOMINIKASI EFEKTIF
A.
Pengertian
Komunikasi efektif adalah
pertukaran informasi, ide, perasaan yang menghasilkan perubahan sikap sehingga
terjalin sebuah hubungan baik antara pemberi pesan dan penerima pesan.
Pengukuran efektifitas dari suatu proses komunikasi dapat dilihat dari
tercapainya tujuan si pengirim pesan
Komunikasi
adalah proses sosial dimana individu-individu menggunakan simbol-simbol untuk
menciptakan dan menginterpretasikan makna dalam lingkungan mereka.
Kegiatan
komunikasi pada prinsipnya adalah aktivitas pertukaran ide atau gagasan. Secara sederhana, kegiatan komunikasi
dipahami sebagai kegiatan penyampaian dan penerimaan pesan atau ide dari satu pihak ke pihak lain, dengan tujuan
untuk mencapai kesamaan pandangan atas ide yang dipertukarkan tersebut.
B.
Fungsi komunikasi
1.
Membangun
Konsep Diri (Establishing Self-Concept)
2.
Eksistensi
Diri (Self Existence)
3.
Kelangsungan
Hidup (Live Continuity)
4.
Memperoleh
Kebahagiaan (Obtaining Happiness)
5.
Terhindar
dari Tekanan dan Ketegangan (Free from Pressure and Stress)
C.
Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam
Komunkasi
1.
Gunakan
kalimat seefektif mungkin
Uraikan isi pembicaraan dengan kalimat
efektif dan langsung mengena pada sasaran. Hindari mengungkapkan informasi
detail yang kurang relevan, seperti, “Tadi sebelum menuju tempat ini saya bertemu
famili saya di suatu tempat….”. Biasanya lawan bicara Anda tidak akan peduli
dengan informasi yang tidak berhubungan dengan topik pembicaraan. Hindari
penggunaan idiom bahasa yang
kurang/tidak dimengerti calon
Pendengar Anda.
2.
Jangan
mengungkapkan pengulangan ide/pokok bahasan
Jika Anda ingin mengungkapkan ide, entah
pada bos atau dalam suatu rapat, ketahui lebih dulu apakah ide tersebut sudah
pernah diungkapkan oleh yang lain. Jika sudah, lebih baik Anda tidak usah
mengungkapkannya. Karena umumnya orang tidak akan tertarik mendengarkan
pengulangan sebuah ide. Dalam presentasi suatu analisa, usahakan tidak terjadi
pengulangan kalimat-kalimat yang merupakan teori ataupun kesimpulan.
Aturlah urutan penyampaian agar lebih
fokus saat menyampaikannya.
3.
Jangan
berbicara terlalu lambat
Tutur kata yang terlalu pelan dan lamban
hanya akan membuat lawan bicara Anda bosan dan tidak sabar. Lagi pula gaya
bicara Anda yang terlalu pelan akan mengesankan Anda ragu-ragu dan tidak
percaya diri. Karena itu bicaralah dengan nada yang optimis dan penuh percaya
diri. Namun yang patut kita ingat, bukan berarti Anda harus berbicara secara
cepat tanpa ritme. Anda harus pandai menentukan
ritme
Bicara, dimana harus berbicara dan
dimana harus berhenti. Ritme yang tepat dalam berkomunikasi tentunya didapat
setelah Anda sering melakukan latihan/pengalaman orasi yang cukup.
4.
Hindari
gumaman yang terlalu sering
Gumaman yang terlalu sering hanya akan
mengganggu pembicaraan Anda. Lagipula lawan bicara Anda akan merasa lelah menunggu
kapan pembicaraan Anda selesai. Sebisa mungkin minimalkan atau hilangkan
gumaman seperti “ ehmmm…., eeee…., oooo…..", dsb. Hal ini juga akan
mengurangi respek calon pendengar Anda, karena Anda dinilai tidak menguasai
materi pembicaraan.
5.
Hindari
humor yang tidak perlu
Melontarkan humor memang sah-sah saja
untuk menyegarkan suasana. Namun, Anda harus tanggap membaca suasana setelah
Anda mengungkapkan humor. Apakah lawan bicara Anda benar-benar terpancing
tertawa atau tertawa dengan terpaksa. Atau bahkan menunjukkan wajah yang terganggu dengan humor Anda. Jika lawan
Bicara Anda tidak tertarik dengan humor
Anda, teruskan pembiraan kembali. Jangan memaksa lawan bicara untuk
mentertawakan humor Anda yang telah gagal.
Penilaian Proses
Hari/tanggal :..........................................................
Kelas :..........................................................
Materi layanan :.........................................................
Petunjuk:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai
aspek afektif dan psikomotor siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria
sebagai berikut :
5 = Baik sekali,
apabila Selalu melakukan sesuai pernyataan.
4
= Baik, apabila sering melakuakan ssesuai pernyataan
3
= cukup, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan
2
= kurang, apabila sesekali melakukan dan sering tidak melakukan sesua pernyataan.
1 = sangat
kurang, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Siswa terlihat
bersemangat dalam mengikuti setiap tahap selama bimbingan klasikal
berlangsung.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa berani bertanya dan mengungkapkan pendapatnya.
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa mampu terlibat aktif selama layanan bimbingan
klasikal.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Siswa bekerja
sama dengan siswa yang lain dalam kelompok kerja sesuai dengan instruksi guru
BK
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Siswa mampu
menyelesaikan setiap penugasan yang diberikan.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Metode dan media yang digunakan menarik bagi siswa.
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
Kategori:
NILAI
|
KATEGORI
|
KLASIFIKASI SKOR
|
5
|
Sangat baik
|
26-30
|
4
|
Baik
|
21-25
|
3
|
Cukup
|
16-20
|
2
|
Kurang
|
11-15
|
1
|
Sangat kurang
|
6-10
|
. PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK CERAMAH
BIMBINGAN
Hari, Tanggal Layanan :
........................................................
Jenis Layanan :
........................................................
Pemberi Layanan : ........................................................
Isilah titik-titik di bawah
ini dengan singkat.
No
|
Aspek
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami
pentingnya komunikasi
|
|
|
|
|
2
|
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami
manfaat komunikasi yang efektif
|
|
|
|
|
3
|
Media yang digunakan menyenangkan
|
|
|
|
|
4
|
Setelah mengikuti layanan saya merasa senang
|
|
|
|
|
5
|
Saya senang mengikuti layanan ini karena
prosesnya menyenangkan
|
|
|
|
|
6
|
Setelah mengikuti layanan, saya berusaha untuk
selalu menerapkan komunikasi yang baik
|
|
|
|
|
7
|
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk
memperbaiki kelemahan dan mengembangkan kelebihan yang saya miliki
|
|
|
|
|
8.
Dari skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah
pemahamanmu tentang materi yang telah dibahas dalam kegiatan layanan ini?,
pilihlah angkanya.
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Tidak
paham
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sangat
paham
|
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.
Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada
pemberi layanan? ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Semarang, 09 Mei 2017
Peserta
....................................
*) Coret salah satu
RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (CERAMAH
BIMBINGAN)
Jenis Layanan :
Pelaksana :
Pihak Terkait :
Tempat, Waktu :
Sasaran Layanan :
Lingkup Pembicaraan
1.
Topik yang
Dibahas :
2.
Pembahasan :
Kejadian yang muncul :
Semarang,
09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
BK
0 komentar:
Posting Komentar