RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK HOME ROOM
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN
2017
A
|
Komponen layanan
|
Layanan dasar
|
B
|
Bidang layanan
|
Pribadi-sosial
|
C
|
Topik layanan
|
Menjadi pribadi yang menarik
|
D
|
Fungsi layanan
|
Pemahaman dan pengembangan
|
E
|
Tujuan umum
|
Menampilkan keunikan diri secara harmonis
dalam
Keragaman.
|
F
|
Tujuan khusus
|
Siswa mampu memahami keunikan yang ada
pada dirinya
Siswa mampu mengelola keunikan yang
ada dalam dirinya sebagai bekal untuk menjalin hubungan dengan orang lain.
|
G
|
Sasaran
|
Kelas x mipa 5
|
H
|
Materi layanan
|
Trik menjadi pribadi yang menarik
|
I
|
Waktu
|
1 x 45 menit
|
J
|
Sumber
|
Http://www.kompasiana.com/senja.trie/delapan-tips-tampil-beda-menjadi-pribadi-yang-menarik-dan-menyenangkan-di-mata-orang-lain_55b2fea7e122bd3d10850a21
|
K
|
Metode/teknik
|
Home room
|
L
|
Media/alat
|
Laptop,lcd, prezie
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
|
1. Tahap
awal / pendahuluan
|
|
|
a. Pernyataan
tujuan
|
1)
Guru bk menyapa peserta didik
dengan kalimat yang membuat siswa bersemangat
2)
Guru bk mengucapkan
terimakasih kepada siswa atas kedatangannya
3)
Guru bk mengecek kehadiran siswa
4)
Guru
bk memimpin doa
5)
Guru bk memberikan ice
breaking/game sederhana
|
|
B. Penjelasan tentang langkah-langkah
kegiatan
|
Guru bk
menjelaskan
1) Pengertian dan tujuan khusus
2) Langkah-langkah kegiatan
3) Tugas dan tanggung jawab siswa
4) Dalam kegiatan layanan bimbingan
klasikal melalui teknik home room.
|
|
c. Mengarahkan
kegiatan (konsolidasi)
|
Guru bk atau konselor memberikan
penjelasan secara umum tentang pribadi yang menarik
|
|
2. Tahap
peralihan (transisi)
|
Guru
bk menanyakan kesiapan siswa melaksanakan kegiatan home room, dan memulai ke tahap inti.
|
|
3. Tahap
inti
|
|
|
a. Kegiatan
peserta didik
|
Peserta didik melakukan berbagai
kegiatan sesuai langkah-langkah dan tugas serta tangggung jawab yang telah
dijelaskan :
1)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang ditanyakan guru bk
2)
Peserta
didik bertanya kepada guru bk terkait dengan materi yang dibahas
3)
Peserta
didik mendiskusikan materi yang dibahas bersama teman/kelompoknya
4)
Menyimpulkan
materi layanan
|
|
b. Kegiatan
guru bk
|
1) Menyampaikan materi layanan
2) Mendiskusikan dan melakukan tanya
jawab terhadap materi yang telah disampaikan
3) Memotivasi siswa agar bersedia
untuk mengemukakan pendapatnya
4) Membuat suasana di kelas menjadi seperti
di rumah
5) Menyimpulkan materi layanan
|
|
4. Tahap
penutup
|
1)
Guru
bk menanyakan pemahaman, perasaan, dan rencana tindak lanjut siswa
2)
Guru bk memberikan penguatan
kepada siswa
3)
Guru bk merencanakan tindak lanjut
4)
Salam
penutup
|
N
|
Evaluasi
|
|
|
1. Evaluasi proses
|
Guru
bimbingan dan konseling atau konselor
Melakukan
evaluasi dengan memperhatikan selama proses pemberian layanan berlangsung.
|
.
|
2. Evluasi
hasil
|
Guru bk memberikan lembar laiseg pada
siswa untuk mengetahui suasana selama bimbingan klasikal berlangsung,
pemahaman baru siswa, perasaan siswa ketika mengikuti kegiatan bimbingan
klasikal dengan teknik home room dan tindakan apa yang akan dilakukan siswa
setelah kegiatan dilakukan.
|
O
|
Tindak lanjut
|
1) Memberikan
layanan lanjutan berupa layanan dasar yaitu bimbingan kelompok jika ada siswa
yang kurang memahami topik pembahasan dengan memberikan topik yang sama
maupun topik yang berhubungan dengan topik awal
2) Memberikan
layanan lanjutan kepada siswa yang memperoleh perhatian khusus dengan
konseling kelompok atau konseling individu.
|
Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru BK
Cara menjadi pribadi yang menarik
Setiap individu memiliki tingkat karisma tertentu
dimana mereka dilahirkan bersama dengan itu. Orang-orang yang selalu menarik
secara alami membuat diri mereka menjadi pusat perhatian. Mereka memiliki
kemampuan untuk meringankan suasana hati semua orang dan mengangkat semangat
mereka dengan kata-kata bermakna.
Jadilah sopan
Jika anda ingin belajar cara menjadi pribadi
menarik, anda harus belajar seni kesopanan. Tidak ada yang suka seseorang
yang kasar dan pemarah sepanjang waktu, dan jika anda ramah dan sopan kepada
orang-orang di sekitar anda, mereka jelas akan menghargai kehadiran anda. Tidak
ada salahnya untuk bersikap sopan dan hal ini pada gilirannya membangkitkan
perasaan kesopanan pada orang lain juga. Setelah proses ini dimulai anda akan
segera melihat bahwa setiap orang di sekitar anda juga telah mengembangkan
tingkat kesopanan.
Empati
Tampilkan empati terhadap sesama manusia. Jangan menghakimi mereka dan tidak merasa kasihan pada mereka. Belajarlah untuk menghormati kebebasan semua orang dan pilihan mereka. Ketika seseorang melalui waktu yang sulit, dia ingin didengarkan, bukan ingin mendengar perkataan tiada guna.
Tampilkan empati terhadap sesama manusia. Jangan menghakimi mereka dan tidak merasa kasihan pada mereka. Belajarlah untuk menghormati kebebasan semua orang dan pilihan mereka. Ketika seseorang melalui waktu yang sulit, dia ingin didengarkan, bukan ingin mendengar perkataan tiada guna.
Jadilah tulus
Ketulusan adalah kunci bagaimana cara menjadi
pribadi yang menarik. Jika anda berpura-pura dalam kesopanan dan empati
anda, itu akan kelihatan cepat atau lambat. Jika anda benar-benar ingin
menyenangkan orang lain dan tampil menawan di mata mereka, anda perlu
benar-benar merasakan apa yang anda katakan kepada mereka.
Jenaka
Orang-orang yang paling menarik memiliki kemampuan untuk membuat orang tertawa. Untuk mencapai hal ini, anda perlu memiliki pikiran yang terbuka. Semua orang suka berada di sekitar orang-orang lucu karena mereka dapat sangat menghibur kesuraman dalam kehidupan semua orang.
Orang-orang yang paling menarik memiliki kemampuan untuk membuat orang tertawa. Untuk mencapai hal ini, anda perlu memiliki pikiran yang terbuka. Semua orang suka berada di sekitar orang-orang lucu karena mereka dapat sangat menghibur kesuraman dalam kehidupan semua orang.
Optimis
Belajarlah untuk melihat sisi terang dan dunia akan menjadi tempat yang lebih baik. Jika anda ingin dikenal sebagai pribadi yang menarik, maka anda harus bisa meyakinkan orang, tidak peduli seberapa buruk hal yang mungkin tampak pada saat itu.
Belajarlah untuk melihat sisi terang dan dunia akan menjadi tempat yang lebih baik. Jika anda ingin dikenal sebagai pribadi yang menarik, maka anda harus bisa meyakinkan orang, tidak peduli seberapa buruk hal yang mungkin tampak pada saat itu.
Penampilan
Penampilan memainkan peran yang besar meskipun hal itu bukanlah hal yang paling penting untuk dapat menjadi pribadi menarik, namun, itu memang memiliki efek tertentu. Cobalah untuk tampil sebaik mungkin dan tidak mencolok, dunia di sekitar anda akan menghargainya.
Penampilan memainkan peran yang besar meskipun hal itu bukanlah hal yang paling penting untuk dapat menjadi pribadi menarik, namun, itu memang memiliki efek tertentu. Cobalah untuk tampil sebaik mungkin dan tidak mencolok, dunia di sekitar anda akan menghargainya.
Percaya diri
Anda tidak bisa seenaknya menyebarkan sukacita dan
kebahagiaan dalam hidup orang lain, jika anda terus-menerus mengeluh dan
terobsesi tentang kepribadian anda sendiri. Membuat pilihan yang tepat dan
memiliki keyakinan akan membantu anda dalam membuat keputusan terbaik. Semuanya
akan menjadi sia-sia jika anda sendiri tidak yakin pada diri anda.
Friendly
atau Ramah
Setiap orang pasti senang bila berdekatan dengan orang
yang ramah, orang akan merasa dihargai dan diterima jika diperlakukan dengan
ramah, lain halnya jika kita dapati muka yang jauh dari senyum dan ketus, kita
pun pasti enggan berlama lama dengan orang tersebut karena takut dan malas
berada di dekatnya. Beda halnya dengan sikap ramah, , Sikap ramah akan membuat
orang nyaman dan senang di dekat kita. Sikap ramah akan membuat suasana menjadi
hidup, mencairkan keadaan dan membuat kita banyak teman dan banyak yang
menyenangi dan merindukan keberadaan kita.
Senang
Membantu dan Menolong Orang lain
Pernahkah ketika kita sedang kerepotan membawa
sesuatu, tiba-tiba ada teman yang menghampiri dan berinisiatif sendiri untuk
membantu kita tanpa kita minta? dan hal itu pun membuat kita tersenyum senang
dan bahagia karena telah dibantu di bawakan. Inisiatif dan niat baik teman kita
itu pun pasti akan terus teringat dan terkenang di dalam hati kita , dan hal
itu akan menjadi contoh yang patut kita tiru kepada yang lainnya. Menolong
orang lain sejatinya adalah kita menolong diri kita sendiri. dimana jika kita
berbuat baik kepada orang lain maka kebaikan itu pun akan kembali pada diri
kita sendiri. Mungkin kebaikan yang sudah kita lakukan kepada orang lain akan
kembali menolong kita di waktu dan keadaan yang lain suatu hari nanti. Contoh
kecil misal kita menolong dengan tulus seorang nenek yang hendak menyebrang
jalan, mungkin kebaikan kita akan dibalas oleh-Nya dalam bentuk lain, misalnya
ada orang lain yang membantu orang tua kita, adik kita, kakak kita , saudara
kita ataupun pertolongan dalam bentuk lainnya.
Rendah Hati
Umumnya orang tak suka dengan orang yang berbicara
terlalu tinggi / menyombongkan diri dengan apa yang di milikinya misalnya
kendaraan mewah yang di milikinya, lalu misalnya menyebutkan prestasi
prestasinya yang telah berhasil di raihnya padahal tidak ditanya, pengalaman
pengalamannya,dan lain sebagainya. Bersikaplah rendah hati, seperti ilmu padi
semakin tinggi maka akan semakin merunduk. Sikap Kerendahan hatian membuat
orang lain akan menaruh hormat dan menghargai kita.
Be Smart
Walaupun kita tidak memakai pakaian yang mahal atau
bermerk, tapi jika kita terlihat smart, berwawasan luas dan nyambung ketika di
ajak berbicara, orang pun akan senang di dekat kita, dan itupun akan memberi
inner beauty tersendiri untuk kita. misalnya ketika di ajak membicarakan suatu
topik, kita pun bisa menanggapinya dengan baik, karena Pengetahuan dan ilmu
ilmu yang kita cari sendiri dengan jalan belajar sebelumnya, seperti belajar
mengamati, banyak membaca, baik itu referensi dari buku buku, ataupun membaca
di media lainnya. Ada tiga Kecerdasan yang ada dalam diri kita yaitu kecerdasan
Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), dan Kecerdasan Spritual (SQ). Itu
pun tergantung kita bagaimana mengelolanya dengan baik.
Menepati
Janji
Orang akan senang dan menghargai kita jika kita tlah
berjanji pada orang lain dan kita berusaha menepati janji yang telah kita
ucapkan.dan sebaliknya jika kita keseringan berjanji pada orang namun banyak
juga yang tidak di tepati, orang pun akan memberi penilaian sendiri terhadap
kita. Mungkin kita akan menjadi orang yang tidak akan di percaya lagi.
Menjadi
Pendengar yang baik
Kebanyakan dari kita pasti akan senang jika keluh
kesah kita, uneg uneg kita di dengarkan orang lain, sejatinya setiap orang
hanya ingin ceritanya / curahan hatinya di dengarkan oleh lawan bicaranya,
apalagi bila kita menjadi sahabat yang dipercaya oleh sahabat kita, yang siap
mendengarkan keluh kesahnya dan memberi solusi terbaik untuknya.
Evaluasi
Proses
Layanan
Bimbingan Klasikal Teknik Home Room
Indikator
:
a.
Siswa
antusias dalam mengikuti layanan bimbingan kelompok
b.
Siswa
mampu menyampaikan pendapat dalam diskusi
c.
Siswa
Mampu Menghargai pendapat peserta lain
d.
Siswa
mampu memberikan tanggapan
e. Siswa
mampu menjalin kerjasama dalam membahas materi layanan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Pilihan
|
Jumlah
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Siswa
bersemangat saat mengikuti layanan bimbingan klasikal dengan metode home room
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa
mampu menyampaikan pendapat saat diskusi
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa
mampu bertanya saat proses layanan berlangsung
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Siswa
memperhatikan materi dengan penuh kesungguhan
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Siswa
terlibat aktif selama layanan bimbingan klasikal
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Siswa
mampu menjawab pertanyaan yang diberikan
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Siswa
antusias dalam mengamati media yang digunakan
|
|
|
|
|
|
|
Skor
|
Interval
|
Kriteria
Penilaian
|
5
|
29 - 35
|
Sangat baik
|
4
|
22 – 28
|
Baik
|
3
|
15 – 21
|
Cukup
|
2
|
8-14
|
Kurang
|
1
|
1 -7
|
Sangat kurang
|
Guru BK
PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
Hari,
Tanggal Layanan :
........................................................
Jenis Layanan : ........................................................
Pemberi Layanan : ........................................................
Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
No
|
Aspek
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Setelah
mengikuti layanan ini saya mampu menjelaskan kembali apa yang dimaksud
pribadi yang menarik
|
|
|
|
|
2
|
Setelah
mengikuti layanan ini saya memahami manfaat menjadi pribadi yang menarik
|
|
|
|
|
3
|
Setelah
mengikuti layanan ini saya mengetahui cara menjadi pribadi yang menarik
|
|
|
|
|
4
|
Setelah
mengikuti layanan saya merasa senang
|
|
|
|
|
5
|
Saya
senang mengikuti layanan ini karena prosesnya menyenangkan
|
|
|
|
|
6
|
Setelah
mengikuti layanan saya berusaha untuk selalu menjadi pribadi yang disenangi
|
|
|
|
|
7
|
Setelah
mengikuti layanan saya berusaha untuk memperbaiki kelemahan dan mengembangkan
kelebihan yang saya miliki
|
|
|
|
|
8.
Dari
skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah pemahamanmu tentang permasalahan yang
telah dibahas dalam kegiatan layanan ini?, pilihlah angkanya.
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Tidak
paham
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sangat
paham
|
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.
Tanggapan, saran, pesan
atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Semarang, 09 Mei 2017
Peserta
....................................
RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (PENGAJARAN
PERBAIKAN)
Jenis Layanan :
Pelaksana :
Pihak Terkait :
Tempat, Waktu :
Sasaran Layanan :
Lingkup Pembicaraan
1.
Topik yang
Dibahas :
2.
Pembahasan :
Kejadian yang muncul :
Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru BK
PERMAINAN
·
Mintalah
seluruh peserta berhitung dari nomor 1 dan seterusnya sampai selesai (habis)
·
Minta
setiap peserta mengingat nomor urutnya masing-masing dengan baik, jika perlu
lakukan pengujian dengan menyebut secara acak beberapa angka dan minta peserta
yang disebut nomornya untuk menyahut ‘ya’!, atau tunjuk beberapa orang peserta
secara acak dan tanyakan ia nomor urut berapa.
·
Tegaskan
sekali lagi apakah mereka benar – benar mengingat nomor urutnya masing –
masing.
·
Setelah
yakin, jelaskan bahwa Anda akan menyampaikan suatu berita atau suatu cerita
tertentu di mana dalam sepanjang cerita itu akan disebut sejumlah angka –
angka. Peserta yang disebut angka atau nomor urutnya diminta segera berdiri dan
langsung meneriakkan namanya keras – keras kepada seluruh peserta lain. Jika
terlambat 3 detik, peserta dikenakan hukuman ramai – ramai oleh peserta lain.
·
Tanyakan
kepada peserta apakah mereka paham peraturan tersebut?, jika perlu ulangi
sekali lagi dan berikan contoh.
·
Mulai
bercerita, misalnya : saudara – saudara, latihan ini sebenarnya sudah
direncanakan sejak lima bulan yang lalu, tapi karena beberapa hal, barulah tiga
bulan yang lalu ada kejelasan dan kemudian dipersiapkan oleh delapan orang
panitia ……….. dst. Atau cerita lain yang Anda karang sendiri pada saat itu (
yang penting, dalam cerita itu ada disebutkan angka – angka nomor urut peserta
setiap satu kalimat atau setiap selang satu menit ).
·
Lakukan
sampai separuh peserta tersebut nomornya atau seluruhnya (bergantung kepada
kecepatan Anda dan peserta dan sesuai dengan waktu yang tersedia)
·
Lakukan
diskusi dengan peserta tentang apa makna permainan ini dan dapat digunakan
untuk apa saja dalam kegiatan latihan, termasuk perasaan – perasaan peserta
sendiri.