Sabtu, 15 November 2014

SKRIPSI

KORELASI ANTARA LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DENGAN PENYESUAIAN
DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SENTOLO
KULON PROGO YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2013/2014

SKRIPSI




Oleh :
SUPRI WIDYANTO
10144200270



PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2014

KORELASI ANTARA LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DENGAN PENYESUAIAN
DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SENTOLO
KULON PROGO YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2013/2014

SKRIPSI

Diajukan Kepada
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta
Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Dalam Program Studi Bimbingan dan Konseling









Disusun Oleh :
SUPRI WIDYANTO
10144200270


PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2014
ABSTRAK

SUPRI WIDYANTO. Korelasi Antara Layanan Bimbingan Sosial dan Kemampuan Berkomunikasi dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sentolo Kulon Progo Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014..

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Korelasi antara layanan bimbingan sosial dengan penyesuaian diri (2) Korelasi antara kemampuan berkomunikasi dengan penyesuaian diri (3) Korelasi antara layanan bimbingan sosial dan kemampuan berkomunikasi dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sentolo Kulon Progo Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014.
Populasi penelitian ini adalah seluruh  siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sentolo Kulon Progo Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 192 siswa. Pengambilan  sampel dengan menggunakan teknik quota random sampling dengan mengambil 25% dari jumlah siswa kelas VII yakni sejumlah 60 siswa.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket yang divalidasi dengan validitas logis. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan positif dan signifikan antara layanan bimbingan sosial dengan penyesuaian diri siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan dengan dibuktikan  rx1y = 0,599 dengan (P)  0,000 < 0,01, artinya semakin sering layanan bimbingan sosial yang diberikan pada siswa maka penyesuaian diri siswa akan semakin baik. (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan berkomunikasi dengan penyesuaian diri siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan dengan dibuktikan rx2y = 0,680 dengan (P) 0,000 < 0,01, artinya semakin baik kemampuan berkomunkasi siswa akan mempermudah dalam melakukan penyesuaian diri. (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara layanan bimbingan sosial dan kemampuan berkomunikasi dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 SentoloKulon Progo Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 dengan mengetahui hasil perhitungan yang dibuktikan harga Fhitung 29,671 dengan (P) 0,000 < 0,01, artinya apabila layanan bimbingan sosial diberikan secara intensif kepada siswa, serta siswa dapat menerima dan memahami informasi tersebut, maka siswa akan memiliki pemahaman yang jelas mengenai beberapa aspek yang ada pada dirinya. Dengan pemahaman yang dimiliki siswa tersebut, maka kemampuan berkomunikasi siswa akan mudah terbentuk dengan baik, sehingga siswa tersebut dapat melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungannya. Implikasi dalam penelitian ini, layanan bimbingan sosial yang diberikan secara kontinyu akan membentuk siswa dalam melakukan penyesuaian diri, demikian juga pemahaman kemampuan berkomunikasi yang dimiliki siswa akan sangat mendukung dalam melakukan tindakan terutama dalam melakukan tindakan sosialisasi di rumah maupun di sekolah sehingga proses penyesuaian diri siswa akan semakin baik.

Kata kunci : layanan bimbingan sosial, kemampuan berkomunikasi, dan penyesuaian diri.

ABSTRAK

SUPRI WIDYANTO. Correlation Between Social Guidance Services and Ability to Communicate with Self-adjustment  Seventh Grade Students of SMP Negeri 3 Sentolo Kulon Progo, Yogyakarta Academic Year 2013/2014

This study aimed to determine (1) The correlation between social guidance service with self-adjustment (2) The correlation between the ability to communicate with the self adjustment (3) The correlation between social guidance service and the ability to communicate with the adjustment in seventh grade student of SMP Negeri 3 Sentolo Kulon Progo Yogyakarta in the Academic Year 2013/2014.
The population of this research was all students of seventh grade student of SMP Negeri 3 Sentolo Kulon Progo Yogyakarta in the Academic Year 2013/2014, amounting to 192 students. By using the techniques of quota random sampling by taking 25 % of the number of class VII, there are 60 the number of student.
Methods of data collection in this study used a validated questionnaire with the logical validity. The technique of data analysis is using multiple regression analysis.
The results showed that (1) There is a positive and significant relationship between social counseling services to the students' self- adjustment, by knowing the results of the calculations with proven rx1y = 0.599 with a ( P ) 0.000 < 0.01, which means that the more often a given social guidance service to students then the students adjustment will be getting better. (2) There is a positive and significant relationship between the ability to communicate with the adjustment of students, by knowing the results of calculations with proven rx2y = 0.680 evidenced with ( P ) 0.000 < 0.01, which means that the better of the students' ability to communicate will make it easier to make adjustments. (3) There is a positive and significant relationship between social guidance services and the ability to communicate with the adjustment in class VII student of SMP Negeri 3 Sentolo Kulon Progo Yogyakarta in the Academic Year 2013/2014 by knowing  the results of the calculation of the price of F 29.671 evidenced by ( P ) 0.000 < 0, 01, meaning that if social guidance services are given intensive counseling to students, and students can receive and understand the information, the students will have a clear understanding of some aspects of that in him. With the understanding of the students, the students' ability to communicate well will be easily formed, so that the students can make adjustments to their environment. The implications of this research, the social guidance services provided continuously to form students in making the adjustment, as well as the ability to communicate that understanding will be very supportive of the students in action, especially in the act of socialization at home and at school so that the adjustment process students will be getting better.


Keywords : social guidance services , communication skills , and self-adjustment
PERSETUJUAN PEMBIMBING

KORELASI ANTARA LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DENGAN PENYESUAIAN
DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SENTOLO
KULON PROGO YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2013/2014


Skripsi oleh Supri Widyanto ini
telah diperiksa dan dinyatakan memenuhi syarat untuk diuji






 Yogyakarta,  Juni 2014                     
            Pembimbing


           Drs. Sarjiman
                                                   NIP. 19600530 1999108 1 002
PENGESAHAN DEWAN PENGUJI
KORELASI ANTARA LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DENGAN PENYESUAIAN
DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SENTOLO
KULON PROGO YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2013/2014


  Disusun Oleh :
Supri Widyanto
10144200270

Telah dipertahankan di depan Dewan Penguji Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta pada tanggal 26 Juni 2014 dan dinyatakan telah memenuhi syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi Bimbingan dan Konseling


Susunan Dewan Penguji Skripsi
                                   Nama                                   Tanda Tangan       Tanggal
1.      Ketua          : ( ______________________ )   (                   )        ___________
2.      Sekretaris    : ( ______________________ )   (                   )        ___________
3.      Penguji I      : ( ______________________ )   (                   )        ___________
4.      Penguji II    : ( ______________________ )   (                   )        ___________
                       


Yogyakarta, ............................. 2014
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Yogyakarta
Dekan



Dra. Hj. Nurwahyumiani, M. A
     NIP. 19570310 198503 2 001           

PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                                    : Supri Widyanto
Nomor Pokok Mahasiswa    : 10144200270
Program Studi                      : Bimbingan dan Konseling.
Fakultas                                : Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas                          : Universitas PGRI Yogyakarta.
Judul                                    : Korelasi Antara Layanan Bimbingan Sosial dan Kemampuan Berkomunikasi Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sentolo Kulon Progo Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013
            Dengan ini menyatakan bahwa skripsi yang saya tulis ini benar-benar adalah hasil karya saya sendiri, bukan merupakan pengambilalihan pemikiran ataupun tulisan orang lain kecuali pada bagian-bagian tertentu yang saya ambil sebagai bahan acuan.
            Apabila di kemudian hari ternyata pernyataan ini tidak benar, maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya.

Yogyakarta, 26 Juni 2014

Materi
Rp. 6.000
Yang menyatakan




Supri Widyanto
NIM. 10144200270
MOTTO DAN PERSEMBAHAN


Tiada kata terlambat untuk belajar...
(Penulis)


Setiap langkah kaki tidak akan pernah bermakna tanpa adanya niat dan do’a…“
                                                                                      (Penulis)

Hidupku akan terasa berarti ketika kedua orang tuaku bahagia dengan apa yang aku lakukan
                                                                                      (Penulis)



                                  Skripsi ini kupersembahkan untuk :
1.   Ayah dan Ibu saya tercinta yang senantiasa memberikan doa dan dukungan sehingga aku bisa seperti ini.
2.  Adek-adekku tercinta
3.  Semua sahabat saya yang senantiasa memberikan semangat dalam hidupku
4.  Laskar A9 yang telah menginspirasiku
5.  Dwi Wahyuning yang selalu memberikan motivasi
6.  Almamaterku tercinta.


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Korelasi Antara Layanan Bimbingan Sosial dan Kemampuan Berkomunikasi dan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014.”.
Penyusunan skripsi ini bertujuan untuk memenuhi sebagian syarat yang telah ditentukan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada program studi Bimbingan dan Konseling. Dalam penyusunan skripsi ini penulis berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menyajikannya dengan baik, namun karena keterbatasan penulis maka penulis menyadari masih banyak kekurangan. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun masih sangat diperlukan oleh penulis.
Dalam penyusunan skripsi ini penulis juga menyadari bahwa tidak terlepas dari bantuan oleh berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada :
1.      Prof. Dr. Buchory MS, M.Pd, Rektor Universitas PGRI Yogyakarta yang telah memberikan saran dalam percepatan diri;
2.      Dra. Hj. Nurwahyumiani, M.A, Dekan FKIP Universitas PGRI Yogyakarta yang telah memberikan ijin penelitian;
3.      Drs. Sarjiman, Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling yang telah memberikan pengarahan;
4.      Drs. Sarjiman, Dosen Pembimbing yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan dengan baik sehingga terselesainya skripsi ini;
5.      Bapak dan Ibu dosen program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta yang telah memberikan bekal ilmu;
6.      Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sentolo yang telah memberikan ijin penelitian;
7.      Bapak dan Ibu guru Bimbingan dan Konseling SMP Negeri 3 Sentolo atas bantuan dan bimbingannya kepada penulis selama melakukan penelitian;
8.      Bapak dan Ibu Guru serta Staf  Tata Usaha SMP Negeri 3 Sentolo yang telah memberikan bantuan kepada penulis selama melakukan penelitian;
9.      Siswa-siswi SMP Negeri 3 Sentolo yang telah bersedia membantu penelitian penulis;
10.  Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
Akhirnya penulis berharap semoga skripsi yang masih jauh dari sempurna ini dapat bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya.

Yogyakarta, 26 Juni 2014
Penulis


Supri Widyanto
NIM. 10144200270

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL .............................................................................................. i                                    
ABSTRAK ...................................................................................................... ....... ii          
HALAMAN PERSETUJUAN ....................................................................... ...... iv          
HALAMAN PENGESAHAN ....................................................................... ....... v      
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN ........................................................... vi       
MOTTO DAN PERSEMBAHAN ....................................................................... vii      
KATA PENGANTAR ........................................................................................ viii
DAFTAR ISI .......................................................................................................... x            
DAFTAR TABEL ................................................................................................ xii  
DAFTAR GAMBAR .......................................................................................... xiii 
DAFTAR LAMPIRAN ....................................................................................... xiv
BAB I ... PENDAHULUAN ................................................................................ 1
A.    Latar Belakang.................................................................................. 1
B.     Identifikasi Masalah ......................................................................... 4
C.     Pembatasan Masalah ......................................................................... 4
D.    Rumusan Masalah ............................................................................. 5
E.     Tujuan Penelitian .............................................................................. 6
F.      Manfaat Penelitian ............................................................................ 6
BAB  II . KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS ................        8
A.    Kajian Teori....................................................................................... 8
1.      Layanan Bimbingan Sosial .................................................. ....... 8
2.      Kemampuan Berkomunikasi ............................................... ..... 21
3.      Penyesuaian Diri........................................................................ 34
B.     Kerangka Berfikir............................................................................ 56
C.     Pengajuan Hipotesis................................................................... ..... 59
BAB III. METODE PENELITIAN ................................................................. 63
A.    Tempat dan Waktu Penelitian......................................................... 63
B.     Variabel Penelitian........................................................................... 63
C.     Metode Penentuan Subyek Penelitian ...................................... ..... 65
D.    Metode dan Teknik Pengumpulan Data.......................................... 71
E.     Instrumen Penelitian ....................................................................... 77
F.      Teknik Analisis Data ...................................................................... 92
BAB  IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ............................... 99
A. Deskripsi Data ................................................................................. 99
B.  Pengujian Persyaratan Analisis ..................................................... 107
C.  Analisis Data ................................................................................. 110
D.  Pengujian Hipotesis ...................................................................... 111
E.  Pembahasan Hasil Penelitian .....................................................    115
BAB  V.. KESIMPULAN, IMPLIKASI  DAN SARAN .............................. 117
A.    Kesimpulan ................................................................................... 117
B.     Implikasi........................................................................................ 118
C.     Saran ............................................................................................. 119
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................     121
LAMPIRAN – LAMPIRAN......................................................................... ... 124


DAFTAR TABEL

1.      Distribusi populasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sentolo............................ 66
2.      Jumlah Sampel Siswa SMP N 3 Sentolo Kulon Progo .................................. 70
3.      Kisi – Kisi Angket Layanan Bimbingan Sosial (X1) ................................. .... 82
4.      Kisi – Kisi Angket Kemampuan Berkomunikasi (X2) .................................... 84
5.      Kisi – Kisi Angket Motivasi Belajar (X3) .................................................. .... 85
6.      Koefisien Reabilitas ........................................................................................ 85
7.      Distribusi Frekuensi Data Layanan Bimbingan Sosial................................... 100
8.      Tabel Kategori Layanan Bimbingan Sosial.................................................... 102
9.      Distribusi Frekuensi Data Kemampuan Berkomunikasi ..............................  103
10.  Tabel Kategori Kemampuan Berkomunikasi................................................. 104
11.  Distribusi Frekuensi Data Penyesuaian Diri .................................................  105
12.  Tabel Kategori Penyesuaian Diri................................................................ .. 106
13.  Rangkuman Uji Normalitas ..........................................................................  108
14.  Rangkuman Uji Lineralitas ..........................................................................  109
15.  Rangkuman Analisis Regresi Ganda tentang Layanan Bimbingan Sosial  dan Kemampuan Berkomunikasi dengan Penyesuaian Diri ........................................................................... ..  113
16.  Bobot Sumbangan Masing-masing Variabel Bebas ...................................     114





DAFTAR GAMBAR

1.      Histogram Layanan Bimbingan Sosial ......................................................     101 
2.      Histogram Kemampuan Berkomunikasi  ................................................... ... 103
3.      Histogram Penyesuaian Diri .......................................................................    105

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran – lampiran :
1.      Surat Ijin Penelitian dari Universitas PGRI Yogyakarta ...........................   124  
2.      Surat Keterangan Melaksanakan Penelitian dari SMP N 3 Sentolo Kulon Progo Yogyakarta      125
3.      Angket Penelitian ......................................................................................   126
4.      Data Uji Coba Instrumen ..........................................................................   135 
5.      Analisis Butir..............................................................................................   138
6.      Data Penelitian ..........................................................................................   144
7.      Analisis Statistik Deskriftif .......................................................................   145
8.      Data Uji Normalitas ...................................................................................   149  
9.      Data Uji Linieritas .....................................................................................   153
10.  Data Uji Analisis Regresi ..........................................................................   156
11.  Rekap Angket Penelitian............................................................................   158






0 komentar:

Posting Komentar