Senin, 12 Februari 2018

RPL Ceramah Bimbingan




RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
 BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK CERAMAH BIMBINGAN
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017

A
Komponen layanan
Layanan dasar
B
Bidang layanan
Pribadi-sosial
C
Topik layanan
Komunikasi efektif
D
Fungsi layanan
Pemahaman
E
Tujuan umum
Mempelajari keragaman interaksi sosial.
F
Tujuan khusus
1.    Siswa memiliki pemahaman tentang cara berkomunikasi
2.    Siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk komunikasi
3.    Siswamampu mengembangkan kebiasaan komunikasi yang baik dalam kehidupannya
G
Sasaran layanan
Siswa kelas X SMA N 1 Semarang
H
Materi layanan
1.    Pengerian komunikasi efektif
2.    Fungsi komunikasi
3.    Bentuk komunikasi
I
Waktu
1x45 menit
J
Sumber
2.    Richard west, lynn h.turner.  2008  pengantar teori komunikasi: analisis dan aplikasi jakarta: salemba humanika
K
Metode/ teknik
Ceramah bimbingan
L
Media/alat
Kertas , bolpoin, ppt
M
Pelaksanaan

1. Tahap awal/pendahuluan

A. Pernyataan tujuan
a.       Guru bk membuka kegiatan bimbingan klasikal dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa
b.      Guru bk menyapa peserta didik
c.       Guru bk mengucapkan terima kasih kepada siswa atas kedatangannya
d.      Guru bk mengecek kehadiran siswa dengan presensi.
e.       Guru bk memimpin doa
a)      Selingan berupa perkenalan dan permainan (pemunculan dinamika kelompok)

B. Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
Guru bk menjelaskan pengertian, maksud dan tujuan khusus, langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab siswa dalam kegiatan layanan bimbingan klasikal melalui teknik ceramah bimbingan

C. Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
Guru bk memberikan penjelasan secara umum tentang topik yang akan dibahas

D. Tahap peralihan (transisi)
Guru bk menanyakan kesiapan siswa dalam memulai kegiatan ceramah bimbingan dan memulai tahap inti

2. Tahap inti

A. Kegiatan peserta didik
Siswa melakukan berbagai kegiatan tugas dan tanggung jawab siswa dalam kegiatan layanan bimbingan klasikal melalui teknik ceramah bimbingan

B. Kegiatan guru bk/konselor
a.    Guru bk mengumpulkan  seluruh  peserta ceramah bimbingan (siswa) dalam satu tempat/ruangan
b.    Guru bk memberi pengantar secara umum berkaitan dengan topik bahasan
c.    Guru bk menjelaskan tentang pengertian, strategi, langkah-langkah, tips dan sub materi lainnya yang berkaitan dengan topik bahasan
d.   Guru bk memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya ditengah penjelasan ketika ada yang belum dipahami
e.    Guru bk memberikan tugas kepada siswa untuk mencatat, mengidentifikasi dan membahas topik terkait
f.     Guru bk megamati da mendampingi siswa selama proses berlangung
g.    Memberikan ice breaking agar siswa tidak bosan ditengah-tengah penjelasan materi

3. Tahap penutup
a.    Guru bk membagikan kertas warna 2 lembar per siswa
b.    Guru bk mengajak siswa untuk menganalisis permasalahan dalam topik pembahasan
c.    Guru bk meminta siswa untuk mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan topik pembahasan
d.   Guru bk memberikan kesempatan kepada beberapa siswa yang ingin menyampaikan hasil analisis dan identifikasi dirinya.
e.    Guru bk melakukan evaluasi dengan memberikan pertanyaan random pada siswa
f.     Guru bk menunjuk siswa secara random untuk menyimpulkan materi yang telah disampaikan
g.    Guru bk memberikan penilaian kepada siswa
h.    Guru bk menyimpulkan makna kegiatan ceramah bimbingan yang telah dilakukan
i.      Guru bk mengakhiri layanan dengan memberikan motivasi pada siswa agar dapat menjadi peserta didik yang efektif dan mengetahui kiat belajar di sekolah secara tepat
N
Evaluasi


a.       Evaluasi proses
Evaluasi proses ini dilakukan oleh guru bk dengan melihat proses yang terjadi dalam kegiatan ceramah bimbingan, dengan menggunakan lembar observasi

b.      Evaluasi hasil
Guru bk menetapkan materi evaluasi hasil (laiseg) untuk mengetahui pemahaman (understanding), perasaan (comfort) dan tindakan (actions), serta keaktifan siswa setelah pembahasan topik.
O
Tindak lanjut
a)      Memberikan layanan lanjutan berupa layanan dasar yaitu bimbingan kelompok jika ada siswa yang kurang memahami topik pembahasan dengan memberikan topik yang sama maupun topik yang berhubungan dengan topik awal
b)      Memberikan layanan lanjutan kepada siswa yang memperoleh perhatian khusus dengan konseling kelompok atau konseling individu.


Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                               Guru BK













Materi
KOMINIKASI EFEKTIF

A.      Pengertian
Komunikasi efektif adalah pertukaran informasi, ide, perasaan yang menghasilkan perubahan sikap sehingga terjalin sebuah hubungan baik antara pemberi pesan dan penerima pesan. Pengukuran efektifitas dari suatu proses komunikasi dapat dilihat dari tercapainya tujuan si pengirim pesan
Komunikasi adalah proses sosial dimana individu-individu menggunakan simbol-simbol untuk menciptakan dan menginterpretasikan makna dalam lingkungan mereka.
Kegiatan komunikasi pada prinsipnya adalah aktivitas pertukaran ide atau gagasan.   Secara sederhana, kegiatan komunikasi dipahami sebagai kegiatan penyampaian dan penerimaan pesan atau ide  dari satu pihak ke pihak lain, dengan tujuan untuk mencapai kesamaan pandangan atas ide yang dipertukarkan tersebut.
B.   Fungsi komunikasi
1.    Membangun Konsep Diri (Establishing Self-Concept)
2.    Eksistensi Diri (Self Existence)
3.    Kelangsungan Hidup (Live Continuity)
4.    Memperoleh Kebahagiaan (Obtaining Happiness)
5.    Terhindar dari Tekanan dan Ketegangan (Free from Pressure and Stress) 
C.   Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Komunkasi
1.      Gunakan kalimat seefektif mungkin
Uraikan isi pembicaraan dengan kalimat efektif dan langsung mengena pada sasaran. Hindari mengungkapkan informasi detail yang kurang relevan, seperti, “Tadi sebelum menuju tempat ini saya bertemu famili saya di suatu tempat….”. Biasanya lawan bicara Anda tidak akan peduli dengan informasi yang tidak berhubungan dengan topik pembicaraan. Hindari penggunaan  idiom bahasa yang kurang/tidak dimengerti calon
Pendengar Anda. 
2.      Jangan mengungkapkan pengulangan ide/pokok bahasan
Jika Anda ingin mengungkapkan ide, entah pada bos atau dalam suatu rapat, ketahui lebih dulu apakah ide tersebut sudah pernah diungkapkan oleh yang lain. Jika sudah, lebih baik Anda tidak usah mengungkapkannya. Karena umumnya orang tidak akan tertarik mendengarkan pengulangan sebuah ide. Dalam presentasi suatu analisa, usahakan tidak terjadi pengulangan kalimat-kalimat yang merupakan teori ataupun kesimpulan. Aturlah  urutan penyampaian agar lebih fokus saat menyampaikannya.
3.      Jangan berbicara terlalu lambat
Tutur kata yang terlalu pelan dan lamban hanya akan membuat lawan bicara Anda bosan dan tidak sabar. Lagi pula gaya bicara Anda yang terlalu pelan akan mengesankan Anda ragu-ragu dan tidak percaya diri. Karena itu bicaralah dengan nada yang optimis dan penuh percaya diri. Namun yang patut kita ingat, bukan berarti Anda harus berbicara secara cepat tanpa ritme. Anda harus pandai menentukan  ritme
Bicara, dimana harus berbicara dan dimana harus berhenti. Ritme yang tepat dalam berkomunikasi tentunya didapat setelah Anda sering melakukan latihan/pengalaman orasi yang cukup.
4.      Hindari gumaman yang terlalu sering
Gumaman yang terlalu sering hanya akan mengganggu pembicaraan Anda. Lagipula lawan bicara Anda akan merasa lelah menunggu kapan pembicaraan Anda selesai. Sebisa mungkin minimalkan atau hilangkan gumaman seperti “ ehmmm…., eeee…., oooo…..", dsb. Hal ini juga akan mengurangi  respek calon pendengar  Anda, karena Anda dinilai tidak menguasai materi pembicaraan.
5.      Hindari humor yang tidak perlu
Melontarkan humor memang sah-sah saja untuk menyegarkan suasana. Namun, Anda harus tanggap membaca suasana setelah Anda mengungkapkan humor. Apakah lawan bicara Anda benar-benar terpancing tertawa atau tertawa dengan terpaksa. Atau bahkan menunjukkan wajah yang  terganggu dengan humor Anda. Jika lawan
Bicara Anda tidak tertarik dengan humor Anda, teruskan pembiraan kembali. Jangan memaksa lawan bicara untuk mentertawakan humor Anda yang telah gagal.




















Penilaian Proses

Hari/tanggal                :..........................................................
Kelas                           :..........................................................
Materi layanan            :.........................................................

Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai aspek afektif dan psikomotor siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
5  = Baik sekali, apabila Selalu melakukan sesuai pernyataan.
4  = Baik, apabila sering melakuakan ssesuai pernyataan
3  = cukup, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan
2  = kurang, apabila sesekali melakukan dan sering tidak melakukan sesua pernyataan.
1 = sangat kurang, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan

No
Aspek Pengamatan
Skor
Skor
1
2
3
4
5
1
Siswa terlihat bersemangat dalam mengikuti setiap tahap selama bimbingan klasikal berlangsung.






2
Siswa berani bertanya dan mengungkapkan pendapatnya.






3
Siswa mampu terlibat aktif selama layanan bimbingan klasikal.






4
Siswa bekerja sama dengan siswa yang lain dalam kelompok kerja sesuai dengan instruksi guru BK






5.
Siswa mampu menyelesaikan setiap penugasan yang diberikan.






6.
Metode dan  media yang digunakan menarik bagi siswa.






Jumlah Skor






Kategori:
NILAI
KATEGORI
KLASIFIKASI SKOR
5
Sangat baik
26-30
4
Baik
21-25
3
Cukup
16-20
2
Kurang
11-15
1
Sangat kurang
6-10





. PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK CERAMAH BIMBINGAN
Hari, Tanggal Layanan            :  ........................................................
                        Jenis Layanan                          :  ........................................................
                        Pemberi Layanan                    :  ........................................................
                          
Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
No
Aspek
1
2
3
4
1
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami pentingnya komunikasi




2
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami manfaat komunikasi yang efektif




3
Media yang digunakan menyenangkan




4
Setelah mengikuti layanan saya merasa senang




5
Saya senang mengikuti layanan ini karena prosesnya menyenangkan




6
Setelah mengikuti layanan, saya berusaha untuk selalu menerapkan komunikasi yang baik




7
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk memperbaiki kelemahan dan mengembangkan kelebihan yang saya miliki




8.        Dari skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah pemahamanmu tentang materi yang telah dibahas dalam kegiatan layanan ini?, pilihlah angkanya.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Tidak
paham








Sangat
paham
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.        Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan? ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
                                                                                                         Semarang, 09 Mei 2017
         Peserta

                                                                                                  ....................................
*) Coret salah satu






RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (CERAMAH BIMBINGAN)

Jenis Layanan                          :
Pelaksana                                :
Pihak Terkait                           :
Tempat, Waktu                       :
Sasaran Layanan                     :
Lingkup Pembicaraan            
1.    Topik yang Dibahas           :
2.    Pembahasan                        :
Kejadian yang muncul            :
      


Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                               Guru BK




Senin, 08 Mei 2017

KATA-KATA MOTIVASI

Orangtua kita selalu bahagia melihat kita, selalu tercurah kasih sayangnya buat kita tanpa batas..
Rajin itu menu buat orang yang SUKSES, bukan hanya bisa terus mengeluh di dalam hidupnya
Saat kamu memutuskan tuk tetap berjuang dan berdoa, maka Tuhan akan memeberikanmu kekuatan
Sebelum memimpin orang lain alangkah lebih baik jika kita mulai memimpin diri sendiri
Sebuah ‘diam’ itu lebih berarti daripada omongan yang banyak tapi tidak berarti
Sukses adalah mendapatkan apa yang Anda inginkan, Kebahagian adalah keinginan yang Anda dapatkan
Tak ada hal yang akan percuma bila kamu melakukannya dengan Niat yang Baik
Tak ada Seorang pun yang Hina Didunia ini, Tidak lain adalah orang2 itulah yang Memberikan Cap Hina
Tak semua yang kita hadapi dapat diubah, tetapi tak ada yang dapat diubah jika kita tak dihadapi.
Terimakasih untuk Ayah dan Ibu, Maafkan aku jika aku belum sempat membahagiakanmu dengan Usahaku
Terkadang mengalah lebih baik daripada menjelaskan segalanya kepada orang yang tak mau mengerti
Saya lebih suka mencoba untuk melakukan sesuatu yang luar biasa dan gagal daripada mencoba untuk tidak melakukan apa-apa dan berhasil

Kumpulan Judul PTK BK

PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ..... TAHUN AJARAN
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SELF-CONTROL SISWA
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LAYANAN INFORMASI SOSIAL DAN KEMANDIRIAN TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KARIR TERHADAP SIKAP PILIHAN KARIR SISWA
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA KELAS
KONTRIBUSI PERSEPSI SISWA TENTANG KARAKTERISTIK PRIBADI KONSELOR TERHADAP MOTIVASI MENGIKUTI KONSELING INDIVIDUAL
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA UNDERACHIEVER PADA SISWA KELAS
KEEFEKTIFAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KESEHATAN REPRODUKSI SISWA KELAS
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PADA SISWA KELAS
MENINGKATKAN KEMAMPUAN ASERTIF MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS
HUBUNGAN PERILAKU ASERTIF DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEHARMONISAN KELUARGA DAN KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS
EFEKTIFITAS KONSELING PERORANGAN REBT UNTUK MENGATASI MOTIVASI BELAJAR RENDAH PADA ANAK BERBAKAT BERPRESTASI KURANG (UNDERACHIEVER) DI SMA
MENINGKATKAN MINAT MENGIKUTI KEGIATAN KEPRAMUKAAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS
UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS
MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG CARA MEMBUAT KEPUTUSAN KARIER MELALUI LAYANAN INFORMASI KARIER PADA SISWA KELAS
MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTAR TEMAN SEBAYA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK JOHARI WINDOW PADA SISWA KELAS

MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING TANPA ALOKASI JAM PEMBELAJARAN DI SMA
PERSEPSI GURU MATA PELAJARAN TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DIKAJI DARI PARTISIPASI MEREKA TERHADAP PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BIDANG BIMBINGAN PRIBADI DAN SOSIAL MATERI PENTINGNYA MENGATUR WAKTU PADA SISWA KELAS................. DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN INFORMASI

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH SISWA DI SMAMPILAN DASAR KONSELING (KDK) DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMA

TINGKAT KEPUASAN SISWA DALAM PELAYANAN ARAH PEMINATAN PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS
PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK ROLEPLAYING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 
PENGEMBANGAN MEDIA LAYANAN INFORMASI BIDANG KARIR BERBASIS WEB UNTUK SISWA KELAS
HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA KELAS 

MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MEMPERSIAPKAN KEGIATAN OJT (ON THE JOB TRAINING) MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA KELAS
UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS
STUDI DISKRIPTIF TENTANG PENYESUAIAN DIRI SISWA BERPRESTASI RENDAH PADA KELAS
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI KEAHLIAN SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA KELAS
MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PROGRAM KEAHLIAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS
MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS MELALUI KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS
MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR DENGAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL BERBASIS SELF-MANAGEMENT PADA SISWA KELAS
MENINGKATKAN MINAT TERHADAP JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS
PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS
PERBEDAAN PERSEPSI SISWA TENTANG FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU AGRESIF PADA SISWA KELAS