Senin, 19 Mei 2014

SATUAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK



SATUAN LAYANAN
KONSELING KELOMPOK

A.    Topik Bahasan                        : Topik Bebas
Sub Pembahasan                     :
B.     Topik yang Muncul                 :
1.    Susah konsentrasi dalam belajar
2.    Sering mengantuk Saat pelajaran
3.    Kurang aktif mengikuti kegiatan disekolah terutama saat kegiatan dilaksanakan sesudah jam sekolah.
C.     Jenis Layanan                          : Konseling Kelompok
D.    Fungsi Layanan                       : Pemahaman,Penerapan, dan pengentasan
E.     Tujuan                                     :
1.    Siswa dapat menerapkan cara-cara agar lebih berkonsentrasi dalam belajar.
2.    Siswa dapat memperoleh pemahaman tentang konsentrasi
F.      Sasaran Layanan                     : Siswa Kelas VIII
G.    Uraian Kegiatan                      :
1.      Strategi Layanan               : Konseling Kelompok
2.      Metode                              : Diskusi dan Tanya jawab
3.      Skenario Layanan            :
a.       Tahap Pembentukan
Praktikan Menerima kelompok secra terbuka, berterima kasih, Berdoa bersama, Menjelaskan pengertian, tujuan, langkah kelompok, asas-asas, dan mendekatkan secara emosional tiap-tiap anggota kelompok.
b.      Tahap Peralihan
Menjelaskan Kegiatan Yang akan dilaksanakan dalam kelompok , Menanyakan kesiapan anggota, mengenali suasana kelompok, memberikan contoh-contoh masalah Pribadi yang bisa dibahas dalam konseling kelompok.
c.       Tahap Kegiatan
-       Mengaris bawahi masalah umum yang hendak disampaikan oleh anggota kelompok, dan memersilahkanmasing-masing anggota kelompok untuk mengemukakan permasalahan yang akan dbahas didalam diskusi kelompok.
-       Memilih/menetapkan masalaha yang akan dibahas yaitu masalah susah konsentrasi dalam belajar dan Sering Mengantuk Saan Pelajaran , selanjutnya membahas masalah tersebut hingga tuntas.
-       Selingan, selanjutnya membuat komitmen bagi anggota yang masalahnya dibahas, tentang apa yang akan dilakukan.
d.      Tahap Pengakhiran
Penjelasan bahwa kegiatan bimbingan akan diakhiri, masing-masing anggota memberikan kesan dan menilai kemajuan yang dicapai oleh masing-masing anggota, membahas kegiatan lanjutan, menampung pesan dan tanggapan anggota.



H.    Tempat Layanan                     : Masjid SMP Negeri 3 Sentolo
I.       Waktu Pelayanan                    : 1X60 Menit
Hari, Tanggal                          : Rabu, 25 September 2013
Semester                                  : 1 ( Ganjil )
Tahun Pelajaran                       : 2013/2014
J.       Biaya                                       : -
K.    Pelaksana                                : Supri Widyanto
L.     Pihak Yang Berperan              : Guru BK
M.   Alat dan Perlengkapan            : Alat tulis, Leptop, dan Materi.
N.    Rencana Penilaian dan            :
Tindak lanjut
1.      Rencana Penilaian             : Penilaian Segera
2.      Bentuk Penilaian               : Penilaian Proses
3.      Rencana tindak lanjut      :Membarikan layanan konsultasi kepada individu maupun kelompok bagi angota memerlukan
O.               
P.      Keterkaitan layanan dengan
Kegiatan Pendukung              :
Q.    Catata Khusus                         : Melihat Keaktifan siswa dalam pembahasana masalah
                Mengetahui                                                             Sentolo, ....................             
     Guru Pembimbing                                                                     Praktikan


    Rini  Siswanti, S.Pd.                                                            Supri Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003                                            NPM. 10144200270





PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Hari                             : Rabu
Tanggal                       : 25 September 2013
Kelas                           : VIII
Topik bahasan             : Belajar
Jenis Layanan              : Konseling Kelompok
Jumlah Peserta            : 6 Siswa ( daftar Terlampir )
Jalanya Pelaksanaan    :
a.       Tahap Pembentukan
Praktikan Menerima kelompok secra terbuka, berterima kasih, Berdoa bersama, Menjelaskan pengertian, tujuan, langkah kelompok, asas-asas, dan mendekatkan secara emosional tiap-tiap anggota kelompok.
b.      Tahap Peralihan
Menjelaskan Kegiatan Yang akan dilaksanakan dalam kelompok , Menanyakan kesiapan anggota, mengenali suasana kelompok, memberikan contoh-contoh masalah pribadi yang bisa dibahas dalam konseling kelompok.
c.       Tahap Kegiatan
-       Mengaris bawahi masalah umum yang hendak disampaikan oleh anggota kelompok, dan memersilahkan masing-masing anggota kelompok untuk mengemukakan permasalahan yang akan dbahas didalam diskusi kelompok.
-       Memilih/menetapkan masalah yang akan dibahas yaitu masalah susah konsentrasi dalam belajar dan Sering Mengantuk Saan Pelajaran, Selanjutnya membahas masalah tersebut hingga tuntas.
-       Selingan, selanjutnya membuat komitmen bagi anggota yang masalahnya dibahas, tentang apa yang akan dilakukan.
d.      Tahap Pengakhiran
Penjelasan bahwa kegiatan bimbingan akan diakhiri, masing-masing anggota memberikan kesan dan menilai kemajuan yang dicapai oleh masing-masing anggota, membahas kegiatan lanjutan, menampung pesan dan tanggapan anggota.
          Mengetahui                                                                   Sentolo, ....................             
     Guru Pembimbing                                                                     Praktikan


    Rini  Siswanti, S.Pd.                                                            Supri Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003                                            NPM. 10144200270

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK

A.    Topik Permasalahan/bimbingan           : Disesuaikan                            
B.     Bidang Bimbingan                                   : Bimbingan Pribadi-sosial
C.    Fungsi Layanan                                       : Pemberitahuan, pemahaman,dan penerapan
D.    Komponen Program
      dan Jenis Layanan                                  : Layanan Konseling Kelompok
E.     Aspek Perkembangan                             : Kematangan intelektual
F.     Rumusan Kompetensi                             : Mempelajarai cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah
G.  Tujuan Layanan                                     :
a.    Peserta dapat Memperoleh penjelasan dan gambaran mensikapi permasalahan yang dihapadi dan di sampaikan oleh anggota kelompok.
b.    Peserta yang mengalami masalah dapat memperoleh penyelesaian dari kesulitan yang dihadapi.
H. Sasaran Layanan                                      :  Siswa kelas VIII
I.  Uraian Kegiatan                                        :
1.    Strategi Layanan                                  : Kelompok
2.    Metode                                                : Diskusi, tanya jawab
3.    Materi layanan                                     : Terlampir
4.    Skenario kegiatan / Diskripsi Proses
TAHAP
KEGIATAN
ESTIMASI WAKTU
Pendahuluan
a.    Praktikan mengucapkan salam dan berdo`a untuk menkondisikan suasana ruangan.
b.    Praktikan menjelaskan kepada siswa mengenai kenapa ia di panggil.
5 menit
Kegiatan Inti
a.    Mengadakan pendekatan kepada siswa, agar siswa bisa memberikan keterengan-keterangan yang akan di butuhkan.
c.    Praktikan memberikan bimbingan untuk mengatasipermasalahan.
d.   Praktikan mengarahakan kepada siswa agar siswa dapat mengatur kegiatan belajar yang ia lakukan sehingga siswa dapat lebih berkonsentrasi.
25 menit

Penutup
a.    Praktikan menyimpulkan inti permasalhaan.
b.    Praktikum menutup kegiatan dan mengucapkan salam.

10 menit




J. Tempat Layanan                                       :  Mushola Smp N 3 Sentolo
K. Waktu                                                        :  1 x 40 Menit
L. Hari / Tanggal                                           :  Rabu / 25 September 2013
M. Pelaksana                                                  :  Supri Widyanto
N. Pihak yang Berperan                               :  Guru BK
O. Biaya                                                          :  -
P.  Alat dan Perlengkapan                            :  Laptop, materi
Q. Rencana Penilaian                                    :  Laiseg, Laijapen, Penilaian Proses.
R. Rencana Tindak Lanjut                         :   Memberikan layanan konsultasi kepada individu baik secara perorangan maupun kelompok, bagi siswa yang memerlukan.
S. Rencana Evaluasi               :
·         Evaluasi Proses
1.    Dalam proses pemberian layanan siswa menunjukkan antusias dan banyak bertanya
2.    Siswa memahami layanan yang disampaikan oleh Guru Pembimbing.
3.    Menanyakan kembali kepada siswa diakhir sesi bimbingan.


·         Evaluasi Hasil
Mendata siswa yang sudah mampu secara tepat menerapkan tindakan yang tepat agar dalam belajar lebih konsentrasi.
T. Catatan Khusus                 : Bagi siswa yang masih kesulitan dalam melakukan kegiatan belajar diberi layanan konseling individu.
U. Referensi                            :


           Mengetahui                                                                              Sentolo, ....................             
       Guru Pembimbing                                                                                Praktikan


       Rini  Siswanti, S.Pd.                                                                        Supri Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003                                                                       NPM. 10144200270