RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK KARYAWISATA
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A
|
Komponen Layanan
|
Layanan dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Pribadi
|
C
|
Topik layanan
|
Menerima kelemahan dan kelebihan yang
kita miliki
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman dan
pengembangan
|
E
|
Jenis Layanan
|
Informasi dan
Orientasi
|
E
|
Tujuan umum
|
Menerima keunikan
diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1. Siswa
mampu menerima dirinya secara positif
2. Siswa
mampu mengembangkan optimisme dalam dirinya sebagai wujud rasa bersyukur atas
apa yang dimiliki
|
G
|
Sasaran layanan
|
|
H
|
Materi
layanan
|
Menerima kekurangan dan kelebihan yang
dimiliki secara positif
|
|
Lokasi
|
Panti asuhan......
|
I
|
Waktu
|
2 x 45 menit
|
J
|
Sumber
|
langsung
|
K
|
Metode/ Teknik
|
Karya wisata
|
L
|
Media/Alat
|
Ppt, lcd
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
|
1. Tahap
Awal/Pendahuluan
|
|
|
a. Pernyataan
Tujuan
|
1)
Membuka
kegiatan bimbingan klasikal dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa.
2)
Guru
BK menyapa peserta didik dengan kalimat yang membuat siswa bersemangat
3)
Guru BK mengucapkan terimakasih
kepada siswa atas kedatangannya.
4)
Guru BK mengecek kehadiran siswa dengan
presensi.
5)
Guru BK memimpin doa
6)
Guru
BK memberikan ice breaking/game sederhana
|
|
b. Penjelasan
langkah kegiatan
|
Guru BK menjelaskan
pengertian, maksud dan
tujuan khusus, langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab siswa dalam kegiatan layanan bimbingan klasikal
melalui teknik karyawisata
|
|
c.
Mengarahkan kegiatan
|
Guru BK
memberikan penjelasan secara umum tentang topik yang akan dibahas
|
|
d. Tahap Peralihan
|
Guru BK menanyakan kesiapan
peserta didik untuk melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
|
|
2. Tahap Inti
|
|
|
a.
Kegiatan peserta didik
|
Siswa melakukan
berbagai kegiatan tugas dan tanggung jawab siswa dalam
kegiatan layanan bimbingan klasikal melalui teknik karyawisata
|
|
b.
Kegiatan guru BK/konselor
|
1) Guru BK mengumpulkan seluruh peserta karyawisata
(siswa) dalam satu tempat/ruangan
2) Guru BK bekerja sama dengan narasumber (dari tempat
karyawisata) untuk memberikan materi pengantar (umum)
3) Guru
BK memecah kelompok besar
menjadi beberapa kelompok kecil dengan anggota maksimal 5 orang
4) Guru
bk bersama dengan petugas panti mengajak peserta untuk berkeliling mengamati
aktivitas di panti tersebut.
5) Guru BK memberikan tugas kepada siswa untuk
mengamati, mencatat, mengidentifikasi dan membahas topik (jika diperlukan
dipandu oleh staff/orang dari tempat karyawisata)
6)
Guru BK mengamati dan
mendampingi siswa selama proses berlangsung
7)
Guru bk dan petugas menginstruksikan kepada
kembali ke aula bahwa akan diadakan pentas seni oleh penghuni panti di aula
8)
mengarahkan peserta untuk kembali ke aula
9)
guru bk menginstruksikan peserta untuk mendiskusikan
hasil pengamatan selama di panti.
10)
Guru bk memberikan kesempatan kepada peserta
untuk memaparkan hasil diskusi
11)
Guru BK bersama narasumber mengadakan sesi tanya jawab terkait materi
dan topik yang telah diobservasi
12)
Guru BK menyatukan seluruh kelompok kecil untuk berkumpul menjadi
satu.
13)
Bersama peserta menyimpulkan
|
|
3. Tahap Penutup
|
a.
Guru bk dan narasumber memberikan penguatan
b.
Ucapan terima kasih kepada
pengasuh panti
c.
Doa bersama
d.
penutup
|
N
|
Evaluasi
|
|
|
a. Evaluasi
Proses
|
Evaluasi proses ini
dilakukan oleh Guru BK dengan melihat
proses yang terjadi dalam kegiatan karyawisata.
|
|
b. Evaluasi
Hasil
|
GURU
BK menetapkan
materi evaluasi hasil (laiseg)
untuk mengetahui pemahaman (Understanding),
perasaan (Comfort) dan tindakan (Actions),
serta keaktifan
SISWA setelah pembahasan topik.
|
O
|
Tindak lanjut
|
1. Memberikan
layanan lanjutan berupa layanan dasar yaitu bimbingan kelompok jika ada siswa
yang kurang memahami topik pembahasan dengan memberikan topik yang sama
maupun topik yang berhubungan dengan topik awal
2. Memberikan
layanan lanjutan kepada siswa yang memperoleh perhatian khusus dengan
konseling kelompok atau konseling individu.
|
Semarang,
09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
BK
Penilaian Proses
Hari/tanggal :..........................................................
Kelas :..........................................................
Materi layanan :.........................................................
Petunjuk:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai
aspek afektif dan psikomotor siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria
sebagai berikut :
5 = Baik sekali,
apabila Selalu melakukan sesuai pernyataan.
4
= Baik, apabila sering melakuakan ssesuai pernyataan
3
= cukup, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan
2
= kurang, apabila sesekali melakukan dan sering tidak melakukan sesua pernyataan.
1 = sangat
kurang, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Siswa terlihat
bersemangat dalam mengikuti setiap tahap selama bimbingan klasikal
berlangsung.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa berani bertanya dan mengungkapkan pendapatnya.
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa mampu terlibat aktif selama layanan bimbingan
klasikal.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Siswa bekerja
sama dengan siswa yang lain dalam kelompok kerja sesuai dengan instruksi guru
BK
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Siswa mampu
menyelesaikan setiap penugasan yang diberikan.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Metode dan media yang digunakan menarik bagi siswa.
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
Kategori:
NILAI
|
KATEGORI
|
KLASIFIKASI SKOR
|
5
|
Sangat baik
|
26-30
|
4
|
Baik
|
21-25
|
3
|
Cukup
|
16-20
|
2
|
Kurang
|
11-15
|
1
|
Sangat kurang
|
6-10
|
. PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK KARYA WISATA
Hari, Tanggal Layanan :
........................................................
Jenis Layanan :
........................................................
Pemberi Layanan : ........................................................
Isilah titik-titik di bawah
ini dengan singkat.
No
|
Aspek
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami
arti pentingnya memahami kelemahan yang saya miliki
|
|
|
|
|
2
|
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami
pentingnya mensyukuri apa yang kita miliki
|
|
|
|
|
3
|
Media yang digunakan menyenangkan
|
|
|
|
|
4
|
Setelah mengikuti layanan saya merasa senang
|
|
|
|
|
5
|
Saya senang mengikuti layanan ini karena
prosesnya menyenangkan
|
|
|
|
|
6
|
Setelah mengikuti layanan, saya berusaha untuk
selalu untuk bersyukur dengan apa yang saya miliki
|
|
|
|
|
7
|
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk
memperbaiki kelemahan dan mengembangkan kelebihan yang saya miliki
|
|
|
|
|
8.
Dari skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah
pemahamanmu tentang materi yang telah dibahas dalam kegiatan layanan ini?, pilihlah
angkanya.
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Tidak
paham
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sangat
paham
|
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.
Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada
pemberi layanan? ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Semarang, 09 Mei 2017
Peserta
....................................
*) Coret salah satu
RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (KARYA
WISATA)
Jenis Layanan :
Pelaksana :
Pihak Terkait :
Tempat, Waktu :
Sasaran Layanan :
Lingkup Pembicaraan
1.
Topik yang
Dibahas :
2.
Pembahasan :
Kejadian yang muncul :
Semarang,
09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
BK