SATUAN
LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK
A.
Topik Permasalahan/bimbingan :
Disesuaikan
B. Bidang Bimbingan :
Bimbingan Pribadi-sosial
C. Fungsi Layanan :
Pemberitahuan, pemahaman,dan penerapan
D.
Komponen
Program
dan Jenis Layanan :
Layanan Konseling Kelompok
E. Aspek Perkembangan : Kematangan intelektual
F. Rumusan Kompetensi
:
Mempelajarai cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah
G. Tujuan Layanan :
a.
Peserta
dapat Memperoleh penjelasan dan gambaran mensikapi permasalahan
yang dihapadi dan di sampaikan oleh anggota kelompok.
b.
Peserta yang
mengalami masalah dapat memperoleh penyelesaian dari kesulitan yang dihadapi.
H. Sasaran Layanan : Siswa kelas VIII
I. Uraian Kegiatan :
1.
Strategi Layanan :
Kelompok
2.
Metode :
Diskusi, tanya jawab
3.
Materi layanan :
Terlampir
4. Skenario
kegiatan / Diskripsi Proses
TAHAP
|
KEGIATAN
|
ESTIMASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
a.
Praktikan mengucapkan salam
dan berdo`a untuk menkondisikan suasana ruangan.
b.
Praktikan menjelaskan kepada
siswa mengenai kenapa ia di panggil.
|
5
menit
|
Kegiatan Inti
|
a.
Mengadakan pendekatan kepada
siswa, agar siswa bisa memberikan keterengan-keterangan yang akan di
butuhkan.
c.
Praktikan memberikan
bimbingan untuk mengatasipermasalahan.
d.
Praktikan mengarahakan
kepada siswa agar siswa dapat mengatur kegiatan belajar yang ia lakukan
sehingga siswa dapat lebih berkonsentrasi.
|
25
menit
|
Penutup
|
a.
Praktikan menyimpulkan inti
permasalhaan.
b.
Praktikum menutup kegiatan
dan mengucapkan salam.
|
10
menit
|
J. Tempat Layanan : Mushola Smp N 3 Sentolo
K. Waktu : 1 x 40 Menit
L. Hari / Tanggal : Rabu
/ 25 September 2013
M. Pelaksana : Supri Widyanto
N. Pihak yang Berperan :
Guru BK
O. Biaya : -
P.
Alat dan Perlengkapan : Laptop, materi
Q. Rencana Penilaian : Laiseg, Laijapen, Penilaian Proses.
R.
Rencana Tindak Lanjut : Memberikan layanan konsultasi kepada individu baik secara
perorangan maupun kelompok, bagi siswa yang memerlukan.
S.
Rencana Evaluasi :
·
Evaluasi Proses
1. Dalam
proses pemberian layanan siswa menunjukkan antusias dan banyak bertanya
2. Siswa
memahami layanan yang disampaikan oleh Guru Pembimbing.
3. Menanyakan
kembali kepada siswa diakhir sesi bimbingan.
·
Evaluasi Hasil
Mendata
siswa yang sudah mampu secara tepat menerapkan tindakan yang tepat agar dalam
belajar lebih konsentrasi.
T.
Catatan Khusus : Bagi
siswa yang masih kesulitan dalam melakukan kegiatan belajar diberi layanan
konseling individu.
U.
Referensi :
Mengetahui Sentolo,
....................
Guru Pembimbing Praktikan
Rini Siswanti, S.Pd. Supri Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003 NPM.
10144200270