Senin, 12 Februari 2018

RPL DISKUSI KELOMPOK



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK DISKUSI KELOMPOK
SEMESTER GANJILTAHUN PELAJARAN 2017/2018

A
Komponen layanan
Layanan dasar

Bidang layanan
Belajar

Topik layanan
Cara belajar efektif

Fungsi layanan
Pemahaman

Tujuan umum
Mempelajari cara-cara pengambilan keputusan dan
Pemecahan masalah secara objektif

Tujuan khusus
Siswa mampu memahami pentingnya belajar yang efektif
Siswa menerapkan cara belajar yang efektif
Siswa mampu mengembangkan cara belajar untuk meraih prestasi

Sasaran
Kelas x mipa 5 dan ips 3

Materi layanan
a.  Pengertian belajar
b. Faktor yang memengaruhi proses belajar
c.  Cara belajar yang baik

Waktu
1 x 45 menit

Sumber
1.  E-book (yuk belajar efektif)
2.   Drs. Thursan Hakim. Berorientasi Pada Tujuan Belajar Secara Efektif. 2005. Jakarta. Pusaka Pembangunan Swadaya Nusantara

Metode/teknik
Diskusi kelompok

Media/alat
Toples, batu, pasir, bola pimpong, sterofom

Pelaksanaan


Tahap awal /pendahuluan


Pernyataan tujuan
a.    Guru bk mengucapkan salam
b.    Guru bk memperkenalkan diri agar kehadiran dapat diterima oleh siswa
c.    Guru bk mengecek kehadiran siswa
d.   Guru bk melakukan apersepsi
e.    Guru bk menyampaikan tentang tujuan yang akan dicapai dalam bimbingan klasikal
f.     Menanyakan persepsi siswa tentang belajar
g.    Guru bk memberikan tugas yang berkaitan dengan topik yang dibahas bisa secara individual
h.    Guru bk bersama siswa mendiskusikan hasil tugas yang telah diberikan
i.      Melakukan tanya jawab kepada siswa   mengenai topik yang telah diberikan

Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
Guru bk menjelaskan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab siswa dalam mengikuti layanan klasikal pengajaran perbaikan

Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
Guru bk memberikan penjelasan tentang topik yang akan dibicarakan

Tahap peralihan (transisi)
Guru bk  menanyakan kesiapan peserta didik untuk melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti

Tahap inti


Kegiatan peserta didik
a.    Siswa mendengarkan penjelasan dari guru bk mengenai topik yang dibahas
b.    Memperhatikan penjelasan media yang diberikan oleh guru bk
c.    Mengamati media yang diberikan dengan baik
d.   Siswa mengerjakan tugas sesuai arahan atau instruksi yang diberikan guru bk
e.    Siswa berperan aktif dalam mengerjakan tugas yang diberikan
f.     Memaparkan hasil pengamatan media
g.    Siswa aktif dalam bertanya dan berpendapat
h.    Menyimpulkan

Kegiatan guru bimbingan dan konseling atau konselor
a.    Guru bk menanyakan persepsi siswa tentang materi yang akan di bahas
b.    Guru bk menggunakan media sebagai penunjang topic yang akan dibahas
c.    Guru bk memberikan kesempatan kepada peserta untuk membantu
d.   Menginstruksikan peserta lain untuk mengamati media
e.    Memberikan kesempatan peserta untuk menanggapi nilai atau pelajaran apa yang bisa diambil dari media yang berkaitan dengan cara belajar
f.     Menjelaskan materi layanan terkait cara belajar efektif
g.    Memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya seputar materi layanan
h.    Guru bk bersama peserta menyimpulkan hasil pelaksanaan layanan dengan topic yang sudah dibahas

Tahap penutup
a.     Guru bk memberikan penguatan/motivasi kepada siswa
b.     Guru bk memberikan penilaian segera dengan format uca kepada beberapa siswa
c.     Guru bk merencanakan tindak lanjut
d.    Guru bk mengakhiri dengan salam

Evaluasi


Evaluasi proses
Guru bk menetapkan materi evaluasi proses yaitu keaktifan siswa selama kegiatan bimbingan klasikal berlangsung

Evluasi hasil
Guru bk memberikan evaluasi hasil untuk mengetahui pemahaman baru siswa, perasaan siswa mengikuti kegiatan bimbingan klasikal dan tindakan apa yang akan dilakukan siswa setelah mengikuti kegiatan bimbingan klasikal


Tindak lanjut
a.       Memberikan layanan lanjutan berupa layanan dasar yaitu bimbingan kelompok jika ada siswa yang kurang memahami topik pembahasan dengan memberikan topik yang sama maupun topik yang berhubungan dengan topik awal.
b.      Memberikan layanan lanjutan kepada siswa yang memperoleh perhatian khusus dengan konseling kelompok atau konseling individu.



Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                             Guru BK
















MATERI
CARA BELAJAR EFEKTIF
A.      Pengerian
Belajar adalah proses pemaknaan atau penyusunan pengetahuan dari pengalaman, refleksi serta interprestasi.
Efektif adalah cara mengolah, memperlajari atau menggunakan sesuatu dengan waktu singkat untuk mendapat hasil yang terbaik.
Belajar efektif adalah proses pemaknaan pengetahuan dari pengalaman, refleksi serta interprestasi secara singkat untuk mendapat hasil terbaik. Peran belajar efektif sangat besar bagi potensi diri seorang pelajar. Karena dengan belajar efektif, pelajar dapat mengkaji suatu pengetahuan dengan waktu yang singkat tetapi menghasilkan hasil yang terbaik.
B.       Faktor yang mempengaruhi cara belajar
1.    Faktor Internal (dari diri sendiri) : Faktor ini timbul dari siswa sendiri yang sering kali menganggap remeh dan tidak berusaha memperbaiki, yang termasuk dalam sebab ini, yaitu :
a.     Siswa tidak mempunyai tujuan belajar yang jelas
b.     Siswa kurang berminat terhadap pelajaran
c.     Kesehatan siswa terganggu
d.     Kebiasaan belajar yang kurang menguntungkan bagi siswa
2.    Faktor Eksternal :
a.     Faktor keluarga (ekonomi, kurang kontrol keluarga, tidak ada dukungan keluarga)
b.     Faktor lingkungan sosial
C.      Cara belajar efektif
Cara belajar yang efektif adalah cara belajar secara kuantitatif dan berkualitas, berkesinambungan sehingga menimbulkan perubahan secara akademis dan perilaku yang lebih baik (disiplin dan kebiasaan).
1.         Niat dan berdoa
2.         Memiliki tujuan belajar dan sasaran yang hendak dicapai
Dengan adanya tujuan dan sasara, secara tidak langung maka akan termotivsi untuk dapat mewujudkan keinginan yang di tuju, hal itu akan mmpergaruhi kuatnya niat untuk belajar.
3.         Ciptakan suasana belajar yang nyaman
Yang perlu anda lakukan pertama adalah bagaimana cara membangun suasana belajar yang nyaman. Ada banyak cara untuk membuat mood belajar itu muncul, diantara : anda bisa belajar sambil mendengarkan nasyid islami, belajar di tempat-tempat yang sejuk dan nyaman seperti di taman, di sawah, di perkebunan, dll
4.         Merangkum Materi Pelajaran
Kegiatan ini sangat penting. Kenapa? Karena jika anda membaca 1 buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan. Carilah intisari dari pelajaran tersebut. Kalau perlu catat ulang materi-materi yang antum anggap penting, sehingga mempermudah dalam mempelajarinya.
5.         Belajar Bersama
Metode ini seringkali di katakan metode yg paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran / materi yg akan di serap. Selain itu hal – hal yg belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama. Maka sangat dianjurkan untuk belajar bersama ketika menghadapi ujian.
6.         Metode mempersingkat atau memodifikasi menyerupai nama sesuatu
Untuk mempermudah hafalan, gunakan singkatan nama-nama yang hampir mirip untuk mengingat materi. Ini sangat efektif digunakan dan otak tidak terbebani dengan hafalan-hafalan berat.
7.         Belajar dengan Praktik
Mempraktekan semua materi yang pernah diajarkan oleh guru akan membuat Anda jauh dari kebosanan dan membuat suasana belajar lebih menyenangkan. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan itu kita bisa membuat sebuah acara belajar jadi lebih asyik.
8.         Belajar rutin tapi jangan lama
Dengan rutin belajar anda akan semakin mudah untuk mengingat hal yang sudah Anda pelajari. yang perlu anda lakukan adalah “belajar rutin” bukan “Terlalu lama belajar”. Seperti belajar saat pagi 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit, malam 1 jam. Cara ini sangat efetif dan pikiran juga akan tetap dalam keadaan rileks dari pada harus belajar terlalu lama dengan sistim borongan.
9.         Belajar dengan Memahami Bukan Menghafal
Hal yg paling sering dilakukan oleh siswa atapun mahasiswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghafal. Sebenarnya tidak salah hanya saja kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah dengan memahami teorinya maka dengan sendiri akan kita ingat ketika ujian. Kalau anda masih memakai metode belajar dengan menghafal, sangat disarankan untuk pindah ke metode memahami pelajaran.
10.     Keteraturan dalam belajar
Cara belajar yang efisien mengandung asas-asas tertentu yang tidak saja untuk dipahami melainkan lebih dihayati sepanjang masa dalam belajarnya. Asas adalah suatu dalil umum yang dapat diterapkan pada suatu rangkaian kegiatan untuk menjadi petunjuk dalam melakukan tindakan-tindakan. Dalam belajar yang baik / cara belajar yang efektif efi­sien, yang menjadi pokok pangkal pertama ialah adanya suatu keteraturan, baik dalam belajar, mencatat ataupun menyimpan alat-alat perlengkapan untuk belajar.
11.     Disiplin belajar
Asas lain cara belajar yang baik ialah disiplin. Dengan jalan berdisiplin untuk melaksanakan pedoman-pedoman yang baik di dalam usaha belajar, barulah seseorang mempunyai cara belajar yang baik. Karena berdisiplin selain akan membuat seseorang memiliki kecakapan mengenai cara belajar yang baik juga merupakan suatu proses kearah pembentukan watak yang baik yang akan menciptakan pribadi yang luhur. Dengan demikian cara belajar yang baik adalah suatu kecakapan yang dapat dimiliki seseorang dengan jalan latihan.
12.     Konsentrasi
Setiap orang yang sedang menuntut ilmu harus melakukan konsentrasi dalam belajarnya, karena tanpa konsentrasi dalam belajarnya, tak mungkin berhasil menguasai   pelajaran  yang  diberikannya.   Konsentrasi   adalah   pemusatan pikiran terhadap suatu hal dengan menyampaikan semua hal lainnya yang tidak berhubungan
13.     Bila ada pelajaran yang kosong, manfaatkan perpustakaan. Ingat, waktu berjalan sekali dan tidak akan terulang. Bacalah buku di perpustakaan baik yang ada kaitannya dengan mata pelajaran maupun buku-buku umum









Penilaian Proses


Hari/tanggal                :..........................................................
Kelas                           :..........................................................
Materi layanan            :.........................................................

Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai aspek afektif dan psikomotor siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
5  = Baik sekali, apabila Selalu melakukan sesuai pernyataan.
4  = Baik, apabila sering melakuakan ssesuai pernyataan
3  = cukup, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan
2  = kurang, apabila sesekali melakukan dan sering tidak melakukan sesua pernyataan.
1 = sangat kurang, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan

No
Aspek Pengamatan
Skor
Skor
1
2
3
4
5
1
Siswa terlihat bersemangat dalam mengikuti setiap tahap selama bimbingan klasikal berlangsung.






2
Siswa berani bertanya dan mengungkapkan pendapatnya.






3
Siswa mampu terlibat aktif selama layanan bimbingan klasikal.






4
Siswa antusias dalam mengamati media yang tampilkan






5.
Siswa mampu menyelesaikan setiap penugasan yang diberikan.






Jumlah Skor






Kategori:
NILAI
KATEGORI
KLASIFIKASI SKOR
5
Sangat baik
21-25
4
Baik
17-20
3
Cukup
13-16
2
Kurang
9-12
1
Sangat kurang
5-8



. PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Hari, Tanggal Layanan            :  ........................................................
                        Jenis Layanan                          :  ........................................................
                        Pemberi Layanan                    :  ........................................................
                          
Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
No
Aspek
1
2
3
4
1
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami cara belajar yang efektif




2
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami manfaat belajar yang baik




3
Media yang digunakan menambah pemahaman saya mengenai belajar yang efektif




4
Setelah mengikuti layanan saya merasa senang




5
Saya senang mengikuti layanan ini karena prosesnya menyenangkan




6
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk menerapkan cara-cara belajar yang baik




7
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk memperbaiki cara belajar agar lebih efektif




8.        Dari skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah pemahamanmu tentang materi yang telah dibahas dalam kegiatan layanan ini?, pilihlah angkanya.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Tidak
paham








Sangat
paham
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.        Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan? ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
                                                                                      Semarang, 09 Mei 2017
  Peserta

                                                                                           ....................................




RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (PENGAJARAN PERBAIKAN)

Jenis Layanan                          :
Pelaksana                                :
Pihak Terkait                           :
Tempat, Waktu                       :
Sasaran Layanan                     :
Lingkup Pembicaraan            
1.    Topik yang Dibahas           :
2.    Pembahasan                        :
Kejadian yang muncul            :
      

Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                             Guru BK