RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PENGAJARAN PERBAIKAN
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A
|
Komponen
layanan
|
Layanan
dasar
|
B
|
Bidang
layanan
|
Pribadi-Sosial
|
C
|
Topik
layanan
|
Percaya
diri
|
D
|
Jenis
layanan
|
PKO
|
E
|
Fungsi
layanan
|
Pemahaman
dan pengembangan
|
F
|
Tujuan
umum
|
Menampilkan
keunikan diri secara harmonis dalam keragaman
|
G
|
Tujuan
khusus
|
1.
Siswa mampu mencontohkan sikap percaya diri dalam
kehidupan sehari-hari
2.
Siswa mampu mengembangkan sikap percaya diri dalam
kehidupan sehari-hari.
|
H
|
Sasaran
|
Kelas
X Mipa 5 – X IPS 3
|
I
|
Materi
layanan
|
Cara mengembangkan
sikap percaya diri.
|
J
|
Waktu
|
1
x 45 menit
|
K
|
Sumber
|
1. E-book (self-confidence)
2. Dimyati dan mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
|
L
|
Metode/teknik
|
Pengajaran
Perbaikan
|
M
|
Media/alat
|
Kartu
tantangan, lcd, prezi, leptop
|
N
|
Pelaksanaan
|
|
|
1.
Tahap awal /pendahuluan
|
|
|
a.
Pernyataan tujuan
|
1)
Guru bk
mengucapkan salam
2) Guru bk mengecek kehadiran siswa
3) Memimpin doa
4) Memberikan apersepsi materi percaya diri
5) Guru bk menyampaikan tentang tujuan yang akan dicapai dalam bimbingan
klasikal
|
|
b.
Penjelasan langah kegiatan
|
Guru bk menjelaskan
langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab siswa dalam mengikuti
layanan klasikal pengajaran perbaikan
|
|
c.
Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
|
Guru bk memberikan penjelasan tentang materi yang akan dibicarakan.
|
|
2.
Tahap peralihan (transisi)
|
Guru bk menanyakan kesiapan peserta didik untuk melaksanakan kegiatan, dan
memulai ke tahap inti
|
|
3.
Tahap inti
|
|
|
a.
Kegiatan peserta didik
|
1) Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru bk mengenai materi yang dibahas
2) Mengambil kartu tantangan yang disediakan guru
3) Siswa
mengerjakan tugas sesuai arahan
atau instruksi yang diberikan guru bk
4) Siswa berperan aktif dalam mengerjakan tugas yang
diberikan
5) Memberikan masukan, kritik dan saran
6) Siswa
aktif dalam bertanya dan berpendapat
7) Menyimpulkan
|
|
b.
Kegiatan guru bk
|
1)
Menjelaskan
kembali tentang percaya diri
2)
Menggunakan
media untuk menunjang materi layanan
3)
Membentuk
kelompok, jumlah anggota menyesuaikan peserta.
4)
Menjelaskan
cara kerja media
a)
Menginstruksikan
peserta untuk secara bergantian maju kedepan mengambil kartu
b)
Setelah
mengabil kartu peserta kembali ke tempat duduk masing-masing
c)
Kartu
yang sudah diambil tidak boleh dibuka sebelum diperintahkan
d) Setelah semua mendapatkan kartu, barulah peserta membuka
kartu yang sudah diambil.
e)
Menginstruksikan
peserta untuk mempersiapkan diri dan melaksanakan tantangan yang ada di kartu
f)
Waktu
untuk persiapan sebelum maju adalah 5 menit
g)
Setelah
waktu selesai, secara bergantian peserta maju menampilkan tantangan yang
tertulis.
h)
Waktu
penampilan maksimal 3 menit.
i)
Setelah
semua peserta tampil, peserta lain diberikan kesempatan untuk tampil sesuai
dengan kemampuan yang dimiliki.
5)
Menginstruksikan
kepada peserta untuk mendiskusikan tentang apa yang bisa diambil dari media
terkait materi percaya diri.
6)
Mempersilahkan
perwakilan kelompok untuk memaparkan
hasil diskusi.
7)
Guru bk
menjelaskan tentang bagaimana meningkatkan rasa percaya diri
8)
Guru bk bersama
siswa menyimpulkan hasil pelaksanaan layanan dengan topik
yang sudah dibahas
|
|
4.
Tahap penutup
|
a.
Guru bk
memberikan penguatan/motivasi kepada siswa
b.
Guru bk
memberikan penilaian segera (laiseg)
c.
Guru bk
merencanakan tindak lanjut
d.
Doa
penutup
e.
Guru bk
mengakhiri dengan salam
|
O
|
Evaluasi
|
|
|
1.
Evaluasi proses
|
Guru bk
menetapkan materi evaluasi proses yaitu keaktifan siswa selama kegiatan bimbingan klasikal
berlangsung, secara kelompok.
|
|
2.
Evaluasi hasil
|
Guru bk memberikan evaluasi hasil untuk
mengetahui pemahaman baru siswa, perasaan siswa mengikuti kegiatan bimbingan
klasikal dan tindakan apa yang akan dilakukan siswa setelah mengikuti
kegiatan bimbingan klasikal.
|
P
|
Tindak
lanjut
|
a.
Memberikan layanan lanjutan berupa layanan dasar
yaitu bimbingan kelompok jika ada siswa yang kurang memahami topik pembahasan
dengan memberikan topik yang sama maupun topik yang berhubungan dengan topik
awal
b.
Memberikan layanan lanjutan kepada siswa yang
memperoleh perhatian khusus dengan konseling kelompok atau konseling
individu.
|
Semarang, 31 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru BK
MATERI
CARA
MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI
Menurut
Hakim (2002:170) cara-cara untuk dapat meningkatkan rasa percaya diri adalah sebagai berikut:
1. Membangkitkan
kemauan yang keras,
Kemauan merupakan tenaga penggerak yang berasal dari
dalam diri, yang diarahakan oleh pikiran dan perasaan mereka sendiri, Dorongan
dapat juga dikatakan sebagai kehendak yang terarah pada tujuan-tujuan tertentu
2. Biasakan
untuk memberanikan diri,
membiasakan diri untuk memiliki kemantapan hati dan
optimis dalam menghadapi situasi sesulit apapun.
3. Berpikir
positif dan menyingkirkan pikiran negatif,
adalah cara berpikir
secara logis yang memandang sesuatu dari segi positifnya baik terhadap dirinya
sendiri, orang lain, maupun keadaan lingkungannya, Sehingga, ia tidak akan
putus asa atas masalah yang dihadapinya dan mudah dalam mencari jalan
keluarnya.
4. Biasakan
untuk selalu berinisiatif,
merupakan kemampuan seseorang untuk mencipta,
menghasilkan sesuatu yang baru/asli untuk dapat digunakan untuk kepentingan
sendiri ataupun orang lain.
5. Selalu
bersikap mandiri: mau belajar dari kegagalan,
Mampu mengatur diri dengan baik, menyelesaikan
masalah yang dihadapi dan bertanggung jawab atas keputusan yang diambil melalui
berbagai pertimbangan.
6. Tidak
mudah menyerah,
tidak ada hal yang mudah untuk dicapai, semua itu
butuh kesabaran dan kerja keras, ujung keberhasilan manusia tidak ada yang tau,
yang harus kita lakukan adalah berusaha
dan berusaha.
7. Bersikap
kritis dan objektif,
Kritis yang dimaksud
dalam uraian ini artinya ketika melihat data, tidak langsung menggunakan data
itu dalam pembahasan. Tetapi pelajari dulu, apakah data itu logis, rasional,
masuk akal, ada dukungan informasinya yang relevan.
Objektif dimaksudkan bahwa keadaan yg sebenarnya
tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan
8. Pandai
membaca situasi,
Situasi tidak selamanya
sesuai dengan apa yang
kita harapkan, membaca secara seksama keadaan
lingkungaan akan sangat membantu kita dalam menjalin interaksi yang baik dan
kita dapat tampil percaya diri.
9. Berprestasi
Dengan berprestasi, secara tidak langsung kita
termotivasi bahwasanya kita memiliki suatu kemampuan yang lebih dan hal itu
membuat kita tampil percaya diri.
Penilaian
Proses
Hari/tanggal : Rabu/30 Mei 2017
Kelas : X Mipa 5
Materi layanan : Percaya Diri
Petunjuk:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai
aspek afektif dan psikomotor siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria
sebagai berikut :
5 = Baik sekali,
apabila Selalu melakukan sesuai pernyataan.
4
= Baik, apabila sering melakuakan ssesuai pernyataan
3
= Cukup, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan
2
= Kurang, apabila sesekali melakukan dan sering tidak melakukan sesua pernyataan.
1 = Sangat kurang, apabila tidak pernah
melakukan sesuai pernyataan
Kel
|
Nama
|
Bersemangat
|
Berani
bertanya
|
Terlibat
aktif
|
Kerjasama
|
Menyelesaikan
tugas
|
Skor
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kategori:
NILAI
|
KATEGORI
|
KLASIFIKASI SKOR
|
5
|
Sangat baik
|
26-30
|
4
|
Baik
|
21-25
|
3
|
Cukup
|
16-20
|
2
|
Kurang
|
11-15
|
1
|
Sangat kurang
|
6-10
|
PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PENGAJARAN PERBAIKAN
Hari, Tanggal Layanan : Rabu, 31 Mei 2017
Jenis
Layanan : Penguasaan Konten
Pemberi
Layanan : Guru BK
Pilihlah salah satu jawaban dibawah ini yang sesui dengan keadaan anda,
dengan cara menyilang salah satu angka.
a.
Pilihan 4 untuk
Sangat Sesui
b.
Pilihan 3 untuk
Sesuai
c.
Pilihan 2 untuk
Kurang Sesuai
d.
Pilihan 1 untuk
Tidak Sesuai
No
|
Aspek
|
Pilihan
|
|||
1
|
Setelah mengikuti
layanan ini saya memahami pentingnya rasa percaya diri
|
1
|
2
|
3
|
4
|
2
|
Setelah mengikuti
layanan ini saya mampu mencontohkan sikap percaya diri dalm kehidupan
sehari-hari
|
1
|
2
|
3
|
4
|
3
|
Media yang
digunakan menyenangkan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
4
|
Setelah mengikuti layanan
saya merasa senang karena diberikan kesempatan untuk berpendapat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Saya senang
mengikuti layanan ini karena prosesnya menyenangkan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
6
|
Setelah mengikuti
layanan saya berusaha untuk selalu percaya diri
|
1
|
2
|
3
|
4
|
7
|
Setelah mengikuti
layanan saya berusaha untuk memperbaiki kebiasaan malu-malu dan lebih percaya
diri
|
1
|
2
|
3
|
4
|
8.
Dari
skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah pemahamanmu tentang materi yang telah
dibahas dalam kegiatan layanan ini?, pilihlah angkanya.
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Sangat Tidak
paham
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sangat
paham
|
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.
Tanggapan, saran,
pesan atau harapan apa yang ingin anda sampaikan kepada pemberi
layanan? ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Semarang, 30 Mei 2017
Peserta
....................................
RESUME
KEGIATAN
BIMBINGAN
KLASIKAL (PENGAJARAN PERBAIKAN)
Jenis Layanan : Penguasaan
Konten
Pelaksana : Guru Bk
Pihak Terkait : -
Tempat, Waktu : Ruang
klasikal SMA N 1 Semarang
Sasaran Layanan : Siswa kelas
X Mipa 5 daan X Ips 3
Lingkup Pembicaraan
1.
Topik yang
Dibahas : Percaya Diri
2.
Pembahasan : Cara
meningkatkan percaya diri
Kejadian yang muncul :
Semarang, 31 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru BK