Senin, 12 Februari 2018

RPL KELOMPOK KERJA



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
 BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK KERJA KELOMPOK
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017

A
Komponen Layanan
Layanan dasar
B
Bidang Layanan
Belajar
C
Topik layanan
Konsentrasi belajar
D
Fungsi Layanan
Pemahaman dan pengembangan
E
Tujuan umum
Mengambil keputusan dan pemecahan masalah atas dasar informasi/data secara objektif
F
Tujuan Khusus
1.    Siswa mampu memahami pentingnya konsentrasi dalam belajar
2.    Siswa mampu menelaskan langkah untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar
G
Sasaran layanan
Siswa kelas X SMA N 1 Semarang
H
Materi layanan
Tips meningkatkan konsentrasi belajar
I
Waktu
1x45 menit
J
Sumber
1.    Femi olivia. 2010. Mendampingi Anak Belajar. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
K
Metode/ Teknik
Kelompok kerja
L
Media/Alat
Kertas, bolpoin
M
Pelaksanaan

1. Tahap Awal/Pendahuluan

a.  Pernyataan Tujuan
1)   Guru BK menyapa peserta didik dengan kalimat yang membuat siswa bersemangat
2)   Guru BK memberikan Ice Breaking/  games sederhana yaitu
3)   Guru BK menyampaikan tentang tujuan yang akan dicapai dalam bimbingan klasikal.

b. Penjelasan langkah kegiatan
1)   Membentuk kelompok kerja
2)   Mengemukakan tugas setiap kelompok kepada semua siswa
3)   Mengemukakan peraturan dan tata tertib saat memulai dan mengakhiri kegiatan kelompok kerja

c. Mengarahkan kegiatan
Guru BK memberikan penjelasan tentang topik yang akan dibicarakan

d. Tahap Peralihan (Transisi)
Guru BK  menanyakan kesiapan peserta didik untuk melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti

2. Tahap Inti

a. Kegiatan peserta didik
Peserta didik melakukan berbagai kegiatan sesuai langkah-langkah dan tugas serta tangggung jawab yang telah dijelaskan :
1)   Peserta didik membentuk kelompok sesuai dengan petunjuk Guru BK dan disetiap masing-masing kelompok terdapat 1 orang  pemimpin kelompok
2)   Tugas pemimpin kelompok adalah mengarahkan dan berdiskusi dengan anggota kelompok untuk  saling bekerja sama mengerjakan tugas yang diberikan oleh Guru BK
3)   Peserta didik menyelesaikan tugas kelompok kerja secara tuntas

b. Kegiatan guru BK/konselor
1)   Guru BK membagi kelompok
2)   Guru BK memberian 2 lembar kertas kosong
3)   Guru BK memberikan perintah kepada ketua kelompok untuk berdiskusi dengan anggota kelompok lain dengan materi cara meningkatkan konsntrasi belajar
4)   Menanyakan kembali seputar materi yang diberikan
5)    Guru BK mengemukakan peraturan dan tata tertib saat memulai dan mengakhiri kegiatan kelompok kerja
6)   Guru BK mengawasi, memonitor dan bertindak sebagai fasilitator selama siswa melakukan kegiatan kelompok kerja
7)   Guru BK meminta kelompok untuk memaparkan hasil kelompok kerja yang telah didiskusikan bersama anggota kelompoknya

3. Tahap Penutup
a.    Guru BK memberikan penguatan kepada siswa
b.    Guru BK merencanakan tindak lanjut
c.    Memberikan evaluasi
d.   Menutup kegiatan dengan doa
e.    Salam penutup
N
Evaluasi


1.    Evaluasi Proses
Evaluasi proses ini dilakukan oleh Guru BK dengan melihat proses yang terjadi dalam kegiatan kelompok kerja.

2.    Evaluasi Hasil
GURU BK menetapkan materi evaluasi hasil (laiseg) untuk mengetahui pemahaman (Understanding), perasaan (Comfort) dan tindakan (Actions), serta keaktifan SISWA setelah pembahasan topik.
O
Tindak lanjut
1.    Memberikan layanan lanjutan berupa layanan dasar yaitu bimbingan kelompok jika ada siswa yang kurang memahami topik pembahasan dengan memberikan topik yang sama maupun topik yang berhubungan dengan topik awal
2.    Memberikan layanan lanjutan kepada siswa yang memperoleh perhatian khusus dengan konseling kelompok atau konseling individu.


Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                               Guru BK


















TIPS MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR

1.    Kesiapan belajar (ready learning).
Sebelum melakukan aktivitas belajar kita harus benar-benar dalam kondisi fresh (segar) untuk belajar. Untuk siap melakukan aktivitas belajar ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu kondisi fisik dan psikis. Kondisi fisik harus bebas dari gangguan penyakit, kurang gizi dan rasa lapar. Kondisi psikis harus steril dari gangguan konflik kejiwaan atau ketegangan emosional, seperti cemas, kecewa, patah hati, iri dan dendam. Masalah-masalah konflik kejiwaan ini harus diselesaikan terlebih dahulu. Pikiran harus benar-benar jernih, jika hendak melakukan kegiatan belajar.
2.    Menanamkan minat dan motivasi belajar dengan cara mengembangkan “Imajinasi Berpikir, maka perlu kita ketahui:
a.    Apa yang dipelajari,
b.    Untuk apa mempelajari materi pelajaran yang hendak dipelajari,
c.    Apa hubungan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari (manfaat mempelajari dan apa yang dapat kita lakukan dengan pengetahuan tersebut),
d.   Bagaimana cara mempelajarinya.
Dengan mengetahui keempat hal tersebut di atas, kita akan belajar secara terarah atau lebih terfokus pada materi pelajaran. Kemudian untuk membangkitkan faktor intelektual-emosional belajar kita, maka perlu mengembangkan dan membiasakan “berimajinasi dalam berpikir”. Maksudnya, kita membiasakan untuk menjelajah dengan berusaha membayangkan gambaran bentuk yang dipelajari. Kemudian pikirkan unsur-unsur penting yang membentuk gambaran tersebut. Dengan demikian kita akan digiring pada pola belajar aktif dan kreatif.
Belajar membutuhkan lingkungan yang kondusif untuk memperoleh hasil belajar secara optimal. Harus diupayakan tempat dan ruangan yang apik, teratur dan bersih. Suasanapun harus nyaman untuk belaja.
3.    Temukan lingkungan belajar yang tepat. Biasanya, menghilangkan sebanyak mungkin gangguan ketika Anda belajar bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman.
  1. Cari tempat yang sepi, seperti kamar tidur atau ruangan pribadi.
  2. Matikan semua elektronik yang tidak Anda perlukan, terutama ponsel dan komputer (jika Anda memang tidak perlu menggunakannya). Matikan musik atau dengarkan musik yang tidak memiliki lirik.
  3. Singkirkan semua hal yang tidak Anda perlukan dan rapikan area belajar Anda untuk mengurangi tingkat stres dan memungkinkan Anda berkonsentrasi dengan lebih baik.
  4. Jika Anda berada di sekitar suara yang tidak bisa Anda kendalikan dan merasa terganggu karena suara itu, tutupi suara tersebut dengan mendengarkan suara lain yang tidak mengganggu seperti suara dari alam. Anda bisa menemukan suara-suara seperti itu secara gratis di internet.
4.    Kumpulkan semua bahan belajar seperti catatan, buku cetak, dan kertas. Jika Anda menggunakan komputer, tutup email, aplikasi chatting, media sosial dan hiburan lainnya.
5.    Pindah subjek atau mata pelajaran agar tidak bosan. Gantilah ke mata pelajaran lain, tapi jangan sampai Anda mencampur aduk ketika mempelajari salah satunya.
6.    Temukan metode belajar yang efektif. Beberapa orang lebih suka menggunakan catatan kecil untuk mengingat, tetapi selain itu masih sangat banyak cara belajar yang efektif untuk bermacam-macam orang. Cari tahu metode mana yang cocok untuk Anda.
7.    Belajar dengan baik jauh hari sebelum ujian. Daripada menumpuk semua sesi belajar di malam sebelum Anda akan ujian, mulailah belajar sedikit demi sedikit dari jauh-jauh hari agar Anda tidak kelabakan.
8.    Tekun dan gigih. Jangan biarkan tindakan egois membuat Anda kehilangan konsentrasi. Gigih dan tekunlah dalam menyelesaikan apa yang sudah Anda mulai
























PENILAIAN PROSES

Hari/tanggal                :..........................................................
Kelas                           :..........................................................
Materi layanan            :.........................................................

Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai aspek afektif dan psikomotor siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
5  = Baik sekali, apabila Selalu melakukan sesuai pernyataan.
4  = Baik, apabila sering melakuakan ssesuai pernyataan
3  = cukup, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan
2  = kurang, apabila sesekali melakukan dan sering tidak melakukan sesua pernyataan.
1 = sangat kurang, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan

No
Aspek Pengamatan
Skor
Skor
1
2
3
4
5
1
Siswa terlihat bersemangat dalam mengikuti setiap tahap selama bimbingan klasikal berlangsung.






2
Siswa berani bertanya dan mengungkapkan pendapatnya.






3
Siswa mampu terlibat aktif selama layanan bimbingan klasikal.






4
Siswa bekerja sama dengan siswa yang lain dalam kelompok kerja sesuai dengan instruksi guru BK






5.
Siswa mampu menyelesaikan setiap penugasan yang diberikan.






6.
Metode dan  media yang digunakan menarik bagi siswa.






Jumlah Skor






Kategori:
NILAI
KATEGORI
KLASIFIKASI SKOR
5
Sangat baik
26-30
4
Baik
21-25
3
Cukup
16-20
2
Kurang
11-15
1
Sangat kurang
6-10





. PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK KERJA KELOMPOK
Hari, Tanggal Layanan            :  ........................................................
                        Jenis Layanan                          :  ........................................................
                        Pemberi Layanan                    :  ........................................................
                          
Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
No
Aspek
1
2
3
4
1
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami pentingnya Konsentrasi dalam belajar




2
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami cara untuk meningkatkan konsentrasi belajar




3
Diskusi menyenangkan




4
Setelah mengikuti layanan saya merasa senang




5
Saya senang mengikuti layanan ini karena prosesnya menyenangkan




6
Setelah mengikuti layanan, saya berusaha untuk selalu menerapkan langkah-langkah kongkrit dalam melatih konsentrasi dalam belajar




7
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk memperbaiki konsentrasi saya dalam belajar




8.        Dari skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah pemahamanmu tentang materi yang telah dibahas dalam kegiatan layanan ini?, pilihlah angkanya.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Tidak
paham








Sangat
paham
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.        Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan? ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
                                                                                                         Semarang, 09 Mei 2017
         Peserta

                                                                                                  ....................................






RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (CERAMAH BIMBINGAN)

Jenis Layanan                          :
Pelaksana                                :
Pihak Terkait                           :
Tempat, Waktu                       :
Sasaran Layanan                     :
Lingkup Pembicaraan            
1.    Topik yang Dibahas           :
2.    Pembahasan                        :
Kejadian yang muncul            :
      


Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                               Guru BK