RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK KERJA KELOMPOK
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN
2017
A
|
Komponen Layanan
|
Layanan dasar
|
B
|
Bidang Layanan
|
Belajar
|
C
|
Topik layanan
|
Konsentrasi belajar
|
D
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman dan
pengembangan
|
E
|
Tujuan umum
|
Mengambil keputusan dan pemecahan masalah atas dasar
informasi/data secara objektif
|
F
|
Tujuan Khusus
|
1. Siswa
mampu memahami pentingnya konsentrasi dalam belajar
2. Siswa
mampu menelaskan langkah untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar
|
G
|
Sasaran layanan
|
Siswa kelas X SMA N 1 Semarang
|
H
|
Materi
layanan
|
Tips meningkatkan konsentrasi belajar
|
I
|
Waktu
|
1x45 menit
|
J
|
Sumber
|
1.
Femi olivia. 2010. Mendampingi Anak Belajar.
Jakarta : PT Elex Media Komputindo
|
K
|
Metode/ Teknik
|
Kelompok kerja
|
L
|
Media/Alat
|
Kertas, bolpoin
|
M
|
Pelaksanaan
|
|
|
1. Tahap Awal/Pendahuluan
|
|
|
a. Pernyataan Tujuan
|
1) Guru BK menyapa peserta didik dengan kalimat yang membuat siswa
bersemangat
2) Guru BK memberikan Ice Breaking/ games
sederhana yaitu
3) Guru BK menyampaikan tentang tujuan yang akan dicapai dalam bimbingan
klasikal.
|
|
b.
Penjelasan langkah kegiatan
|
1) Membentuk kelompok kerja
2) Mengemukakan tugas setiap kelompok
kepada semua siswa
3) Mengemukakan peraturan dan tata tertib saat memulai dan
mengakhiri kegiatan kelompok kerja
|
|
c.
Mengarahkan kegiatan
|
Guru BK memberikan
penjelasan tentang topik yang akan dibicarakan
|
|
d.
Tahap Peralihan (Transisi)
|
Guru BK menanyakan kesiapan
peserta didik untuk melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti
|
|
2. Tahap Inti
|
|
|
a.
Kegiatan peserta didik
|
Peserta didik
melakukan berbagai kegiatan sesuai langkah-langkah dan tugas serta tangggung
jawab yang telah dijelaskan :
1) Peserta didik membentuk kelompok sesuai dengan petunjuk Guru BK dan
disetiap masing-masing kelompok terdapat 1 orang pemimpin kelompok
2) Tugas pemimpin kelompok adalah mengarahkan dan berdiskusi dengan
anggota kelompok untuk saling bekerja
sama mengerjakan tugas yang diberikan oleh Guru BK
3) Peserta didik menyelesaikan tugas kelompok kerja secara tuntas
|
|
b.
Kegiatan guru BK/konselor
|
1) Guru BK membagi kelompok
2) Guru BK memberian 2
lembar kertas kosong
3) Guru BK memberikan perintah kepada ketua kelompok untuk berdiskusi dengan
anggota kelompok lain dengan materi cara meningkatkan konsntrasi belajar
4) Menanyakan kembali seputar materi
yang diberikan
5) Guru BK mengemukakan peraturan dan tata
tertib saat memulai dan mengakhiri kegiatan kelompok kerja
6) Guru BK mengawasi,
memonitor dan bertindak sebagai fasilitator selama siswa melakukan kegiatan
kelompok kerja
7) Guru BK meminta kelompok untuk memaparkan hasil kelompok kerja yang telah didiskusikan bersama anggota kelompoknya
|
|
3. Tahap Penutup
|
a. Guru BK memberikan penguatan kepada siswa
b. Guru BK merencanakan tindak lanjut
c. Memberikan evaluasi
d. Menutup kegiatan dengan doa
e. Salam penutup
|
N
|
Evaluasi
|
|
|
1. Evaluasi
Proses
|
Evaluasi proses ini
dilakukan oleh Guru BK dengan melihat
proses yang terjadi dalam kegiatan kelompok kerja.
|
|
2. Evaluasi
Hasil
|
GURU
BK menetapkan
materi evaluasi hasil (laiseg)
untuk mengetahui pemahaman (Understanding),
perasaan (Comfort) dan tindakan (Actions),
serta keaktifan
SISWA setelah pembahasan topik.
|
O
|
Tindak lanjut
|
1. Memberikan
layanan lanjutan berupa layanan dasar yaitu bimbingan kelompok jika ada siswa
yang kurang memahami topik pembahasan dengan memberikan topik yang sama
maupun topik yang berhubungan dengan topik awal
2. Memberikan
layanan lanjutan kepada siswa yang memperoleh perhatian khusus dengan
konseling kelompok atau konseling individu.
|
Semarang,
09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
BK
TIPS
MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR
1. Kesiapan belajar (ready learning).
Sebelum
melakukan aktivitas belajar kita harus benar-benar dalam kondisi fresh (segar)
untuk belajar. Untuk siap melakukan aktivitas belajar ada dua hal yang perlu
diperhatikan, yaitu kondisi fisik dan psikis. Kondisi fisik harus bebas dari
gangguan penyakit, kurang gizi dan rasa lapar. Kondisi psikis harus steril dari
gangguan konflik kejiwaan atau ketegangan emosional, seperti cemas, kecewa,
patah hati, iri dan dendam. Masalah-masalah konflik kejiwaan ini harus
diselesaikan terlebih dahulu. Pikiran harus benar-benar jernih, jika hendak
melakukan kegiatan belajar.
2.
Menanamkan
minat dan motivasi belajar dengan cara mengembangkan “Imajinasi Berpikir,
maka perlu kita ketahui:
a.
Apa yang
dipelajari,
b.
Untuk apa
mempelajari materi pelajaran yang hendak dipelajari,
c.
Apa
hubungan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari (manfaat mempelajari dan
apa yang dapat kita lakukan dengan pengetahuan tersebut),
d.
Bagaimana
cara mempelajarinya.
Dengan
mengetahui keempat hal tersebut di atas, kita akan belajar secara terarah atau
lebih terfokus pada materi pelajaran. Kemudian untuk membangkitkan faktor
intelektual-emosional belajar kita, maka perlu mengembangkan dan membiasakan “berimajinasi dalam berpikir”.
Maksudnya, kita membiasakan untuk menjelajah
dengan berusaha membayangkan
gambaran bentuk yang dipelajari. Kemudian pikirkan unsur-unsur penting yang membentuk gambaran
tersebut. Dengan demikian kita akan digiring pada pola belajar aktif dan
kreatif.
Belajar membutuhkan
lingkungan yang kondusif untuk memperoleh hasil belajar secara optimal. Harus
diupayakan tempat dan ruangan yang apik, teratur dan bersih. Suasanapun harus
nyaman untuk belaja.
3.
Temukan
lingkungan belajar yang tepat. Biasanya,
menghilangkan sebanyak mungkin gangguan ketika Anda belajar bisa menciptakan
suasana belajar yang nyaman.
- Cari tempat yang sepi, seperti kamar tidur atau ruangan pribadi.
- Matikan semua elektronik yang tidak Anda perlukan, terutama ponsel dan komputer (jika Anda memang tidak perlu menggunakannya). Matikan musik atau dengarkan musik yang tidak memiliki lirik.
- Singkirkan semua hal yang tidak Anda perlukan dan rapikan area belajar Anda untuk mengurangi tingkat stres dan memungkinkan Anda berkonsentrasi dengan lebih baik.
- Jika Anda berada di sekitar suara yang tidak bisa Anda kendalikan dan merasa terganggu karena suara itu, tutupi suara tersebut dengan mendengarkan suara lain yang tidak mengganggu seperti suara dari alam. Anda bisa menemukan suara-suara seperti itu secara gratis di internet.
4. Kumpulkan
semua bahan belajar seperti catatan, buku cetak, dan kertas. Jika Anda menggunakan komputer,
tutup email, aplikasi chatting, media sosial dan hiburan
lainnya.
5. Pindah
subjek atau mata pelajaran agar tidak bosan. Gantilah ke mata pelajaran lain, tapi jangan sampai Anda
mencampur aduk ketika mempelajari salah satunya.
6. Temukan
metode belajar yang efektif.
Beberapa orang lebih suka menggunakan catatan kecil untuk mengingat, tetapi
selain itu masih sangat banyak cara belajar yang efektif untuk bermacam-macam
orang. Cari tahu metode mana yang cocok untuk Anda.
7. Belajar
dengan baik jauh hari sebelum ujian. Daripada menumpuk semua sesi belajar di malam sebelum Anda
akan ujian, mulailah belajar sedikit demi sedikit dari jauh-jauh hari agar Anda
tidak kelabakan.
8. Tekun dan
gigih. Jangan biarkan tindakan egois membuat
Anda kehilangan konsentrasi. Gigih dan tekunlah dalam menyelesaikan apa yang
sudah Anda mulai
PENILAIAN PROSES
Hari/tanggal :..........................................................
Kelas :..........................................................
Materi layanan :.........................................................
Petunjuk:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai
aspek afektif dan psikomotor siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria
sebagai berikut :
5 = Baik sekali,
apabila Selalu melakukan sesuai pernyataan.
4
= Baik, apabila sering melakuakan ssesuai pernyataan
3
= cukup, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan
2
= kurang, apabila sesekali melakukan dan sering tidak melakukan sesua pernyataan.
1 = sangat
kurang, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Siswa terlihat
bersemangat dalam mengikuti setiap tahap selama bimbingan klasikal
berlangsung.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa berani bertanya dan mengungkapkan pendapatnya.
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa mampu terlibat aktif selama layanan bimbingan
klasikal.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Siswa bekerja
sama dengan siswa yang lain dalam kelompok kerja sesuai dengan instruksi guru
BK
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Siswa mampu
menyelesaikan setiap penugasan yang diberikan.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Metode dan media yang digunakan menarik bagi siswa.
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
Kategori:
NILAI
|
KATEGORI
|
KLASIFIKASI SKOR
|
5
|
Sangat baik
|
26-30
|
4
|
Baik
|
21-25
|
3
|
Cukup
|
16-20
|
2
|
Kurang
|
11-15
|
1
|
Sangat kurang
|
6-10
|
. PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK KERJA KELOMPOK
Hari, Tanggal Layanan :
........................................................
Jenis Layanan :
........................................................
Pemberi Layanan : ........................................................
Isilah titik-titik di bawah
ini dengan singkat.
No
|
Aspek
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami
pentingnya Konsentrasi dalam belajar
|
|
|
|
|
2
|
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami cara
untuk meningkatkan konsentrasi belajar
|
|
|
|
|
3
|
Diskusi menyenangkan
|
|
|
|
|
4
|
Setelah mengikuti layanan saya merasa senang
|
|
|
|
|
5
|
Saya senang mengikuti layanan ini karena
prosesnya menyenangkan
|
|
|
|
|
6
|
Setelah mengikuti layanan, saya berusaha untuk
selalu menerapkan langkah-langkah kongkrit dalam melatih konsentrasi dalam
belajar
|
|
|
|
|
7
|
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk
memperbaiki konsentrasi saya dalam belajar
|
|
|
|
|
8.
Dari skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah
pemahamanmu tentang materi yang telah dibahas dalam kegiatan layanan ini?,
pilihlah angkanya.
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Tidak
paham
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sangat
paham
|
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.
Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada
pemberi layanan? ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Semarang, 09 Mei 2017
Peserta
....................................
RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (CERAMAH
BIMBINGAN)
Jenis Layanan :
Pelaksana :
Pihak Terkait :
Tempat, Waktu :
Sasaran Layanan :
Lingkup Pembicaraan
1.
Topik yang
Dibahas :
2.
Pembahasan :
Kejadian yang muncul :
Semarang,
09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
BK