SATUAN
LAYANAN
KONSELING INDIVIDU
B. Bidang Bimbingan :
Bimbingan Belajar,Pribadi-sosial
C. Fungsi Layanan :
Pemberitahuan, pemahaman,dan penerapan
D.
Komponen
Program
dan Jenis Layanan :
Layanan Konseling Kelompok
E. Aspek Perkembangan : Kematangan intelektual
F. Rumusan Kompetensi
:
Mempelajarai cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah
G. Tujuan Layanan :
a.
Siswa dapat
mengatasi kesulitan belajar yang dialami
b.
Siswa dapat
memahami dirinya dan dapat mencapai kemandirian
c.
Siswa dapat
mencapai kemandirian dalam hidupnya.
H. Sasaran Layanan : M.
Faisahal Farid
I. Uraian Kegiatan :
1.
Strategi Layanan :
Individual
2.
Metode :
Tanya jawab
3.
Materi layanan :
Terlampir
4. Skenario
kegiatan / Diskripsi Proses
TAHAP
|
KEGIATAN
|
ESTIMASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
a.
Praktikan mengucapkan salam
dan berdo`a untuk menkondisikan suasana ruangan.
b.
Praktikan menjelaskan kepada
siswa mengenai kenapa ia di panggil.
|
5
menit
|
Kegiatan Inti
|
a.
Mengadakan pendekatan kepada
siswa, agar siswa bisa memberikan keterengan-keterangan yang akan di
butuhkan.
c.
Praktikan memberikan
bimbingan untuk mengatasi permasalahan.
d.
Praktikan mengarahakan
kepada siswa agar siswa dapat mengatur kegiatan belajar yang ia lakukan
sehingga siswa dapat lebih berkonsentrasi.
|
25
menit
|
Penutup
|
a.
Praktikan menyimpulkan inti
permasalhaan.
b.
Praktikum menutup kegiatan
dan mengucapkan salam.
|
10
menit
|
J. Tempat Layanan : Ruang BK
K. Waktu : 1 x 40 Menit
L. Hari / Tanggal : Rabu
/ 25 September 2013
M. Pelaksana : Supri Widyanto
N. Pihak yang Berperan :
Guru BK
O. Biaya : -
P.
Alat dan Perlengkapan : Laptop, materi
Q. Rencana Penilaian : Laiseg, Laijapen, Penilaian Proses.
R.
Rencana Tindak Lanjut : Memberikan layanan konsultasi kepada individu baik secara
perorangan maupun kelompok, bagi siswa yang memerlukan.
S.
Rencana Evaluasi :
·
Evaluasi Proses
1. Dalam
proses pemberian layanan siswa menunjukkan antusias dalam menyampiakan permasalahannya.
2. Siswa
memahami layanan yang disampaikan oleh Guru Pembimbing.
3. Menanyakan
kembali kepada siswa diakhir sesi bimbingan.
·
Evaluasi Hasil
Melihat
Perkembangan siswa dalam menjalani keseharian di sekolah dan memantau hasil
konseling yang telah dijalani.
T.
Catatan Khusus : Siswa
dapat secara aktif menyampaikan permasalahan yang dihadapi untuk mencapai
penyelesaian dari permasalahan yang dihadapi.
U.
Referensi :
Mengetahui Sentolo, ....................
Guru Pembimbing Praktikan
Rini Siswanti, S.Pd. Supri Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003 NPM.
10144200270
Lampiran 2
PANGGILAN
SISWA
Mengharap kehadiran :
N0
|
NAMA
|
KELAS
|
KEPERLUAN
|
1.
|
M. Faishal
Farid
|
VIII B
|
Menggali dan mengetahui
permasalahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jam : 10.00
Tempat : Ruang BK
Menemui : praktikan
BK
Mengetahui Sentolo, ....................
Guru Pembimbing Praktikan
Rini Siswanti, S.Pd. Supri Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003 NPM. 10144200270
Lampiran 3
CATATAN PERMASALAHAN SISWA
NO
|
Hari/Tgl
Kejadian
|
PERMASALAHAN
|
KETERANGAN
|
|||
Pribadi
|
Sosial
|
Belajar
|
Karir
|
|||
1.
|
Rabu / 25 September 2013
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Sentolo, ....................
Guru Pembimbing Praktikan
Rini Siswanti, S.Pd. Supri Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003 NPM.
10144200270
Lampiran 4
DAFTAR HADIR MENGIKUTI KONSELING
No
|
Nama
|
Hari/Tanggal
Mengikuti konseling
|
Jam
|
Tanda Tangan
|
Keterangan
|
1.
|
M. Faishal Farid
|
Rabu, 25 September 2013
|
10.00
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui Sentolo, ....................
Guru Pembimbing Praktikan
Rini Siswanti, S.Pd. Supri Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003 NPM.
10144200270
Lampiran 5
CATATAN PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDU
SISWA KELAS VIII B
NO
|
Hari/Tgl
Kegiatan
|
Masalah
|
Catatan
saat Proses Konseling
|
Keterangan
|
1.
|
Rabu,
25 September
2013
|
Mengalami
kesulitan belajar, sosialisasi, dan bergaul
|
|
.
|
Mengetahui Sentolo, ....................
Guru Pembimbing Praktikan
Rini Siswanti, S.Pd. Supri Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003 NPM.
10144200270