About
BTemplates.com
Categories
Diberdayakan oleh Blogger.
Feature Post
Seacrh By Labels
Blog Archive
Labels
IKLAN BAWAH
ATAS
Facebook Like
Pages - Menu
Enter Slide 1 Title Here
This is slide 1 description. Go to Edit HTML of your blogger blog. Find these sentences. You can replace these sentences with your own words.Enter Slide 2 Title Here
This is slide 2 description. Go to Edit HTML of your blogger blog. Find these sentences. You can replace these sentences with your own words.Enter Slide 3 Title Here
This is slide 3 description. Go to Edit HTML of your blogger blog. Find these sentences. You can replace these sentences with your own words.Enter Slide 4 Title Here
This is slide 4 description. Go to Edit HTML of your blogger blog. Find these sentences. You can replace these sentences with your own words.
Senin, 19 Mei 2014
SATLAN BK i
SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN
KONSELING
A.
Judul Materi : Prasangka???,,,,,,gak ya
!!!!!
B.
Bidang Bimbingan : Bimbingan sosial
C.
Fungsi Layanan : Pemahaman dan pencegahan
D.
Komponen Program
dan Jenis Layanan :
Layanan pembelajaran
E.
Aspek Perkembangan : Memantapkan
nilai-nilai dan cara bertingkahlaku yang dapat diterima dalam kehidupan yang
lebih luas.
F.
Rumusan Kompetensi : Memahami nilai-nilai
dan cara bertingkah laku sosial dalam kehidupan sosial.
G.
Tujuan Layanan : Memperoleh pemahaman mengenai prasangka dan
dampak yang ditimbulkan.
H.
Sasaran Layanan : Siswa kelas VIII
I.
Uraian Kegiatan :
1. Strategi Layanan : Bimbingan kelompok
2. Metode :
Diskusi,
Tanya jawab,
3. Materi layanan :
Terlampir
4. Skenario kegiatan / Diskripsi Proses
TAHAP
|
KEGIATAN
|
ESTIMASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
a. Guru Pembimbing membuka
kegiatan layanan bimbingan klasikal dengan mengucapkan salam.
b. Guru Pembimbing mengecek /
mengabsen kehadiran siswa.
c. Guru Pembimbing
mengkondisikan kelas agar tenang.
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
Menyampaikan materi tentang cara
menghindari prasangka dan mengkaji akibatnya.
|
25 menit
|
Penutup
|
a. Siswa bersama Guru
Pembimbing mengadakan tanya jawab.
b. Siswa bersama Guru
Pembimbing menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
c. Guru Pembimbing menutup
kegiatan layanan dengan mengucapkan salam.
|
10 menit
|
J.
Tempat Layanan : Ruang kelas
K.
Waktu :
1 x 40 Menit
L.
Hari / Tanggal : Selasa,3
september 2013
M.
Pelaksana : Supri Widyanto
N.
Pihak yang Berperan : Guru BK
O.
Biaya : -
P.
Alat dan Perlengkapan : Laptop, materi Prasangka
Q.
Rencana Penilaian : Laiseg, Laijapen, Penilaian
Proses.
R.
Rencana Tindak Lanjut : Memberikan
layanan konsultasi kepada individu baik secara perorangan maupun kelompok, bagi
siswa yang memerlukan.
S.
Rencana Evaluasi :
Evaluasi Proses
1.
Dalam proses pemberian layanan
siswa menunjukkan antusias dan banyak bertanya tentang makna dari prasangka.
2.
Siswa memahami layanan yang
disampaikan oleh Guru Pembimbing.
3.
Menanyakan kembali kepada siswa
diakhir sesi
Evaluasi
Hasil
Mendata siswa
yang secara tepat memahami materi yang disampaikan
T.
Catatan Khusus : -.
U.
Referensi :
.
Sentolo,
....................
Guru Pembimbing Praktikan
Rini
Siswanti, S.Pd. Supri Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003 NPM. 10144200270
MATERI
CARA MENGHINDARI
PRASANGKA DAN MENGKAJI AKIBATNYA
A.
PRASANGKA
Prasangka
adalah anggapan yang kurang baik yang berupa perasaan tidak simptik terhadap
sesuatu ( orang, pekerjaan ) sebelum mengetahui sendiri.
Contoh :
1.
Anto
menganggap bahwa seorang pelukis hidup tidak teratur, padahal anto belum pernah
mengetahui sendiri bagaimana kehidupan seorang pelukis.
2.
Hamid
menganggap bahwa karakter orang madura keras dan mudah marah, Padahal Hamid
belum pernah mengetahui sendiri tentang orang madura.
Prasangka dapat mempengaruhi
tingkah laku seseorang. Anggapan negatif atau kurang baik terhadap seseorang
atau kelompok menimbulkan rasa tidak suka, tidak simpatik, bahkan memusuhi
orang atau kelompok yang dikenai prasangka. Sikap tersebut merupakan sikap yang
merugikan bagi kita dalam melakukan hubungan sosial.
B.
Terbentuknya
Prasangka
Terjadinya
prasangka tidak begitu saja secara otomatis, melainkan ada beberapa faktor yang
menyebabkannya, yaitu:
1.
Orang
berprasangka dalam rangka mencari “kambing hitam”
Contoh : pada saat anto mendapat nilai
5, dia tidak mau mengakui kesalahannya bahwa dia tidak belajar, tetapi iya
mencari mencari kesalahan pada gurunya dengan menganggap guru tersebut tidak
senang pada anto.
2.
Orang
berprasangka dipengaruhi oleh linkungannya.
Contoh : melisa hidup dikota bersama
keluarganya, keluarganya melarang melisa untuk bergaul dengan orang desa,
karena menurut keluarganya orang desa itu tidak tau sopan santun. Anggapan itu
tertanam pada diri melisa sejak kecil sehingga ia mengikuti anggapan tersebut.
Pada saat ada teman baru di sekolah yang berasal dari desa , melisa tidak mau
bergaul dengannya.
3.
Orang
berprasangka karena mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan.
Contoh : suatu ketika ardi melihat pak
alex, guru bahasa indonesia, marah kepada jeky dan menghukumnya.tanpa
mengetahui sebabnya ardi langsung menganggap bahwa pak alex guru yang glak dan
suka menghukum.
4.
Prasangka
timbul karena adanya perbedaan yang menyebabkan perasaan superior, diantaranya
a.
Perbedaan
fisik atau biologis
b.
Perbedaan
lingkungan geografis
c.
Perbedaan
kekayaan
d.
Perbedaan
status sosial
e.
Perbedaan
kepercayaan atau agama
f.
Perbedaan
norma sosial
C.
Usaha untuk
menghindari dan menghilangkan prasangka
1.
Usaha
Preventif
Usaha agar seseorang tidak sampai
terkena prasangka. Dapat ditempuh dengan cara menciptakan situasi atau suasana
yang tentrm, damai, dan jauh dari perasaan bermusuhan. Sikap menerima orang
lain dan mau bergaul dengan orang lain merupakan salah satu sikap yang tepat
agar tidak terkena prasangka
2.
Usaha Kuratif
Yaitu merupakan usaha penyembuhan
apabila kita sudah terkena prasangka. Usaha ini berupa penyadaran diri bahwa
prasangka dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.dengan jalan memperkaya
informasi mengenai obyek yang kita kenai prasangka mungkin kita akan lebih tau
mengenai kebenaran dari apa yang ita pikirkan sebelumnya.
D.
Akibat
prasangka
1.
Tidak
mempunyai sahabat
2.
Mengalami
kendala dalam belajar
3.
Gagal dalam
mencapai cita-cita
4.
Menyebabkan
permusuhan
Penilaian
1.
Apakah anda
pernah berprasangka terhadap orang lain?
.....................................................................................................................................................
2.
Buatlah 2
contoh prasangka yang pernah anda lakukan!
a.
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Apa usaha
anda untuk mengetahui kebenaran anggapan anda terhadap orang lain?
a.
b.
c.
d.
4.
Apa yang anda lakukan jika dugaan anda terhadap orang
lain keliru?
SATUAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK II
KONSELING
KELOMPOK
A. Topik
Bahasan : Topik
Bebas
Sub
Pembahasan :
B. Topik
yang Muncul :
1.
Susah konsentrasi dalam belajar
2.
Sering mengantuk Saat pelajaran
3.
Kurang aktif mengikuti kegiatan
disekolah terutama saat kegiatan dilaksanakan sesudah jam sekolah.
C. Jenis
Layanan :
Konseling Kelompok
D. Fungsi
Layanan :
Pemahaman,Penerapan, dan pengentasan
E. Tujuan
:
1. Siswa
dapat menerapkan cara-cara agar lebih berkonsentrasi dalam belajar.
2. Siswa
dapat memperoleh pemahaman tentang konsentrasi
F.
Sasaran Layanan : Siswa Kelas VIII
G. Uraian
Kegiatan :
1.
Strategi Layanan : Konseling Kelompok
2.
Metode :
Diskusi dan Tanya jawab
3. Skenario
Layanan :
a. Tahap
Pembentukan
Praktikan Menerima
kelompok secra terbuka, berterima kasih, Berdoa bersama, Menjelaskan
pengertian, tujuan, langkah kelompok, asas-asas, dan mendekatkan secara
emosional tiap-tiap anggota kelompok.
b. Tahap
Peralihan
Menjelaskan Kegiatan
Yang akan dilaksanakan dalam kelompok , Menanyakan kesiapan anggota, mengenali
suasana kelompok, memberikan contoh-contoh masalah Pribadi yang bisa dibahas
dalam konseling kelompok.
c. Tahap
Kegiatan
-
Mengaris bawahi masalah umum yang hendak
disampaikan oleh anggota kelompok, dan memersilahkanmasing-masing anggota
kelompok untuk mengemukakan permasalahan yang akan dbahas didalam diskusi
kelompok.
-
Memilih/menetapkan masalaha yang akan
dibahas yaitu masalah susah konsentrasi dalam belajar dan Sering Mengantuk Saan
Pelajaran , selanjutnya membahas masalah tersebut hingga tuntas.
-
Selingan, selanjutnya membuat komitmen
bagi anggota yang masalahnya dibahas, tentang apa yang akan dilakukan.
d. Tahap
Pengakhiran
Penjelasan bahwa
kegiatan bimbingan akan diakhiri, masing-masing anggota memberikan kesan dan
menilai kemajuan yang dicapai oleh masing-masing anggota, membahas kegiatan
lanjutan, menampung pesan dan tanggapan anggota.
H. Tempat
Layanan : Masjid SMP
Negeri 3 Sentolo
I.
Waktu Pelayanan : 1X60 Menit
Hari,
Tanggal : Rabu,
25 September 2013
Semester : 1 ( Ganjil )
Tahun
Pelajaran :
2013/2014
J.
Biaya :
-
K. Pelaksana : Supri Widyanto
L. Pihak
Yang Berperan : Guru BK
M. Alat
dan Perlengkapan : Alat tulis,
Leptop, dan Materi.
N.
Rencana Penilaian dan :
Tindak
lanjut
1.
Rencana Penilaian : Penilaian Segera
2.
Bentuk Penilaian : Penilaian Proses
3. Rencana
tindak lanjut :Membarikan layanan
konsultasi kepada individu maupun kelompok bagi angota memerlukan
O.
P.
Keterkaitan layanan dengan
Kegiatan
Pendukung :
Q. Catata
Khusus : Melihat
Keaktifan siswa dalam pembahasana masalah
Mengetahui Sentolo,
....................
Guru Pembimbing
Praktikan
Rini Siswanti, S.Pd. Supri
Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003
NPM. 10144200270
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Hari : Rabu
Tanggal : 25 September 2013
Kelas : VIII
Topik bahasan : Belajar
Jenis Layanan : Konseling Kelompok
Jumlah Peserta : 6 Siswa ( daftar Terlampir )
Jalanya Pelaksanaan :
a.
Tahap Pembentukan
Praktikan Menerima
kelompok secra terbuka, berterima kasih, Berdoa bersama, Menjelaskan
pengertian, tujuan, langkah kelompok, asas-asas, dan mendekatkan secara
emosional tiap-tiap anggota kelompok.
b.
Tahap Peralihan
Menjelaskan Kegiatan
Yang akan dilaksanakan dalam kelompok , Menanyakan kesiapan anggota, mengenali
suasana kelompok, memberikan contoh-contoh masalah pribadi yang bisa dibahas
dalam konseling kelompok.
c.
Tahap Kegiatan
-
Mengaris bawahi masalah umum yang hendak
disampaikan oleh anggota kelompok, dan memersilahkan masing-masing anggota
kelompok untuk mengemukakan permasalahan yang akan dbahas didalam diskusi
kelompok.
-
Memilih/menetapkan masalah yang akan
dibahas yaitu masalah susah konsentrasi dalam belajar dan Sering Mengantuk Saan
Pelajaran, Selanjutnya membahas masalah tersebut hingga tuntas.
-
Selingan, selanjutnya membuat komitmen
bagi anggota yang masalahnya dibahas, tentang apa yang akan dilakukan.
d.
Tahap Pengakhiran
Penjelasan
bahwa kegiatan bimbingan akan diakhiri, masing-masing anggota memberikan kesan
dan menilai kemajuan yang dicapai oleh masing-masing anggota, membahas kegiatan
lanjutan, menampung pesan dan tanggapan anggota.
Mengetahui Sentolo,
....................
Guru Pembimbing Praktikan
Rini Siswanti, S.Pd. Supri
Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003
NPM. 10144200270
Langganan:
Postingan (Atom)
Blogroll
Calendar Widget by CalendarLabs
Popular Posts
-
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK KARYAWISATA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 A ...
-
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PSIKO-SOSIODRAMA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 A. ...
-
MAKALAH PERKEMBANGAN ASPEK KOGNITIF PADA BAYI USIA 0-2 TAHUN Tugas Mata Kuliah Psikologi Perkembangan I Dosen Pembimbing : Dra.F...
-
Tugas perkembangan anak SD Menurut kajian Psikologi tugas perkembangan anak usia sekolah dasar meliputi : A. Perkembangan kognitif. ...
-
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK HOME ROOM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017 A Kompon...