RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK DISKUSI KELOMPOK
SEMESTER GANJILTAHUN PELAJARAN 2017/2018
A
|
Komponen
layanan
|
Layanan
dasar
|
|
Bidang
layanan
|
Belajar
|
|
Topik
layanan
|
Cara
belajar efektif
|
|
Fungsi
layanan
|
Pemahaman
|
|
Tujuan
umum
|
Mempelajari
cara-cara pengambilan keputusan dan
Pemecahan
masalah secara objektif
|
|
Tujuan
khusus
|
Siswa
mampu memahami pentingnya belajar yang efektif
Siswa
menerapkan cara belajar yang efektif
Siswa
mampu mengembangkan cara belajar untuk meraih prestasi
|
|
Sasaran
|
Kelas
x mipa 5 dan ips 3
|
|
Materi
layanan
|
a. Pengertian
belajar
b. Faktor yang
memengaruhi proses belajar
c. Cara belajar
yang baik
|
|
Waktu
|
1
x 45 menit
|
|
Sumber
|
1. E-book
(yuk belajar efektif)
2. Drs. Thursan
Hakim. Berorientasi Pada Tujuan Belajar
Secara Efektif. 2005. Jakarta. Pusaka Pembangunan Swadaya Nusantara
|
|
Metode/teknik
|
Diskusi
kelompok
|
|
Media/alat
|
Toples,
batu, pasir, bola pimpong, sterofom
|
|
Pelaksanaan
|
|
|
Tahap
awal /pendahuluan
|
|
|
Pernyataan
tujuan
|
a. Guru bk
mengucapkan salam
b. Guru bk
memperkenalkan diri agar kehadiran dapat diterima oleh siswa
c. Guru bk
mengecek kehadiran siswa
d. Guru bk
melakukan apersepsi
e. Guru bk
menyampaikan tentang tujuan yang akan dicapai dalam bimbingan klasikal
f. Menanyakan persepsi siswa tentang belajar
g. Guru bk memberikan tugas yang berkaitan dengan topik yang dibahas bisa secara individual
h. Guru bk bersama siswa mendiskusikan hasil tugas yang
telah diberikan
i. Melakukan tanya jawab kepada siswa mengenai topik yang telah diberikan
|
|
Penjelasan
tentang langkah-langkah kegiatan
|
Guru bk
menjelaskan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab siswa dalam
mengikuti layanan klasikal pengajaran perbaikan
|
|
Mengarahkan
kegiatan (konsolidasi)
|
Guru bk memberikan penjelasan tentang topik yang
akan dibicarakan
|
|
Tahap
peralihan (transisi)
|
Guru bk menanyakan kesiapan peserta didik untuk melaksanakan
kegiatan, dan memulai ke tahap inti
|
|
Tahap
inti
|
|
|
Kegiatan
peserta didik
|
a. Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru bk mengenai topik yang dibahas
b. Memperhatikan penjelasan media yang diberikan oleh guru bk
c. Mengamati media yang diberikan dengan baik
d. Siswa
mengerjakan tugas sesuai arahan
atau instruksi yang diberikan guru bk
e. Siswa berperan aktif dalam mengerjakan tugas yang
diberikan
f. Memaparkan hasil pengamatan media
g. Siswa
aktif dalam bertanya dan berpendapat
h. Menyimpulkan
|
|
Kegiatan
guru bimbingan dan konseling atau konselor
|
a. Guru bk
menanyakan persepsi siswa tentang materi yang akan di bahas
b. Guru bk menggunakan
media sebagai penunjang topic yang akan dibahas
c. Guru bk memberikan kesempatan kepada peserta untuk
membantu
d. Menginstruksikan peserta lain untuk mengamati media
e. Memberikan kesempatan peserta untuk menanggapi nilai atau
pelajaran apa yang bisa diambil dari media yang berkaitan dengan cara belajar
f. Menjelaskan materi layanan terkait cara belajar efektif
g. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya
seputar materi layanan
h. Guru bk bersama peserta menyimpulkan hasil pelaksanaan layanan dengan topic
yang sudah dibahas
|
|
Tahap
penutup
|
a.
Guru bk memberikan penguatan/motivasi kepada siswa
b.
Guru bk memberikan penilaian segera dengan format
uca kepada beberapa siswa
c.
Guru bk merencanakan tindak lanjut
d.
Guru bk mengakhiri dengan salam
|
|
Evaluasi
|
|
|
Evaluasi
proses
|
Guru bk menetapkan materi evaluasi proses yaitu keaktifan siswa selama kegiatan bimbingan klasikal
berlangsung
|
|
Evluasi
hasil
|
Guru bk memberikan evaluasi hasil
untuk mengetahui pemahaman baru siswa,
perasaan siswa mengikuti kegiatan bimbingan klasikal dan tindakan apa yang akan dilakukan siswa setelah mengikuti kegiatan bimbingan klasikal
|
|
Tindak
lanjut
|
a.
Memberikan layanan lanjutan berupa layanan dasar
yaitu bimbingan kelompok jika ada siswa yang kurang memahami topik pembahasan
dengan memberikan topik yang sama maupun topik yang berhubungan dengan topik
awal.
b.
Memberikan layanan lanjutan kepada siswa yang
memperoleh perhatian khusus dengan konseling kelompok atau konseling
individu.
|
Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru BK
MATERI
CARA BELAJAR EFEKTIF
A. Pengerian
Belajar adalah proses pemaknaan
atau penyusunan pengetahuan dari pengalaman, refleksi serta interprestasi.
Efektif adalah cara
mengolah, memperlajari atau menggunakan sesuatu dengan waktu singkat untuk
mendapat hasil yang terbaik.
Belajar efektif adalah proses
pemaknaan pengetahuan dari pengalaman, refleksi serta interprestasi secara
singkat untuk mendapat hasil terbaik. Peran belajar efektif sangat besar bagi
potensi diri seorang pelajar. Karena dengan belajar efektif, pelajar dapat
mengkaji suatu pengetahuan dengan waktu yang singkat tetapi menghasilkan hasil
yang terbaik.
B.
Faktor
yang mempengaruhi cara belajar
1.
Faktor
Internal (dari diri sendiri) : Faktor ini timbul dari siswa sendiri yang sering
kali menganggap remeh dan tidak berusaha memperbaiki, yang termasuk dalam sebab
ini, yaitu :
a. Siswa tidak mempunyai tujuan belajar
yang jelas
b.
Siswa kurang
berminat terhadap pelajaran
c.
Kesehatan
siswa terganggu
d.
Kebiasaan
belajar yang kurang menguntungkan bagi siswa
2. Faktor Eksternal :
a.
Faktor
keluarga (ekonomi, kurang kontrol keluarga, tidak ada dukungan keluarga)
b. Faktor lingkungan sosial
C. Cara belajar efektif
Cara belajar
yang efektif adalah cara belajar secara kuantitatif dan berkualitas,
berkesinambungan sehingga menimbulkan perubahan secara akademis dan perilaku
yang lebih baik (disiplin dan kebiasaan).
1.
Niat dan
berdoa
2.
Memiliki
tujuan belajar dan sasaran yang hendak dicapai
Dengan adanya tujuan dan sasara,
secara tidak langung maka akan termotivsi untuk dapat mewujudkan keinginan yang
di tuju, hal itu akan mmpergaruhi kuatnya niat untuk belajar.
3.
Ciptakan
suasana belajar yang nyaman
Yang perlu anda lakukan pertama adalah bagaimana
cara membangun suasana belajar yang nyaman. Ada banyak cara untuk membuat mood
belajar itu muncul, diantara : anda bisa belajar sambil mendengarkan nasyid islami,
belajar di tempat-tempat yang sejuk dan nyaman seperti di taman, di sawah, di
perkebunan, dll
4.
Merangkum
Materi Pelajaran
Kegiatan ini sangat penting. Kenapa? Karena jika
anda membaca 1 buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan.
Carilah intisari dari pelajaran tersebut. Kalau perlu catat ulang materi-materi
yang antum anggap penting, sehingga mempermudah dalam mempelajarinya.
5.
Belajar Bersama
Metode ini seringkali di katakan metode yg paling
efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi
lebih rileks menerima pelajaran / materi yg akan di serap. Selain itu hal – hal
yg belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama. Maka
sangat dianjurkan untuk belajar bersama ketika menghadapi ujian.
6.
Metode mempersingkat atau memodifikasi
menyerupai nama sesuatu
Untuk mempermudah hafalan, gunakan singkatan
nama-nama yang hampir mirip untuk mengingat materi. Ini sangat efektif
digunakan dan otak tidak terbebani dengan hafalan-hafalan berat.
7.
Belajar dengan Praktik
Mempraktekan semua materi yang pernah diajarkan
oleh guru akan membuat Anda jauh dari kebosanan dan membuat suasana belajar
lebih menyenangkan. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata,
kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan
itu kita bisa membuat sebuah acara belajar jadi lebih asyik.
8.
Belajar rutin tapi jangan lama
Dengan rutin belajar anda akan semakin mudah untuk
mengingat hal yang sudah Anda pelajari. yang perlu anda lakukan adalah “belajar rutin” bukan “Terlalu lama belajar”. Seperti
belajar saat pagi 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit, malam 1 jam. Cara
ini sangat efetif dan pikiran juga akan tetap dalam keadaan rileks dari pada
harus belajar terlalu lama dengan sistim borongan.
9.
Belajar dengan Memahami Bukan Menghafal
Hal yg paling sering dilakukan oleh siswa atapun
mahasiswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghafal. Sebenarnya tidak
salah hanya saja kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah dengan memahami
teorinya maka dengan sendiri akan kita ingat ketika ujian. Kalau anda masih
memakai metode belajar dengan menghafal, sangat disarankan untuk pindah ke
metode memahami pelajaran.
10.
Keteraturan dalam belajar
Cara belajar yang efisien mengandung
asas-asas tertentu yang tidak saja untuk dipahami melainkan lebih dihayati
sepanjang masa dalam belajarnya. Asas adalah suatu dalil umum yang dapat
diterapkan pada suatu rangkaian kegiatan untuk menjadi petunjuk dalam melakukan
tindakan-tindakan. Dalam belajar yang baik / cara belajar yang efektif efisien, yang
menjadi pokok pangkal pertama ialah adanya suatu keteraturan, baik dalam
belajar, mencatat ataupun menyimpan alat-alat perlengkapan untuk belajar.
11.
Disiplin belajar
Asas lain cara belajar yang baik ialah
disiplin. Dengan jalan berdisiplin untuk melaksanakan pedoman-pedoman yang baik
di dalam usaha belajar, barulah seseorang mempunyai cara belajar yang baik. Karena
berdisiplin selain akan membuat seseorang memiliki kecakapan mengenai cara belajar yang baik juga
merupakan suatu proses kearah pembentukan watak yang baik yang akan menciptakan
pribadi yang luhur. Dengan demikian cara belajar yang baik adalah
suatu kecakapan yang dapat dimiliki seseorang dengan jalan latihan.
12.
Konsentrasi
Setiap orang yang sedang menuntut ilmu harus
melakukan konsentrasi dalam belajarnya, karena tanpa konsentrasi dalam
belajarnya, tak mungkin berhasil menguasai pelajaran
yang diberikannya. Konsentrasi adalah
pemusatan pikiran terhadap suatu hal dengan menyampaikan semua hal lainnya yang
tidak berhubungan
13. Bila ada pelajaran yang kosong,
manfaatkan perpustakaan. Ingat, waktu berjalan sekali dan tidak akan terulang.
Bacalah buku di perpustakaan baik yang ada kaitannya dengan mata pelajaran
maupun buku-buku umum
Penilaian Proses
Hari/tanggal :..........................................................
Kelas :..........................................................
Materi layanan :.........................................................
Petunjuk:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai
aspek afektif dan psikomotor siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria
sebagai berikut :
5 = Baik sekali,
apabila Selalu melakukan sesuai pernyataan.
4
= Baik, apabila sering melakuakan ssesuai pernyataan
3
= cukup, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan
2
= kurang, apabila sesekali melakukan dan sering tidak melakukan sesua pernyataan.
1 = sangat
kurang, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Siswa terlihat
bersemangat dalam mengikuti setiap tahap selama bimbingan klasikal
berlangsung.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa berani bertanya dan mengungkapkan
pendapatnya.
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa mampu terlibat aktif selama layanan
bimbingan klasikal.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Siswa antusias dalam mengamati media yang
tampilkan
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Siswa mampu
menyelesaikan setiap penugasan yang diberikan.
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
|
|
Kategori:
NILAI
|
KATEGORI
|
KLASIFIKASI
SKOR
|
5
|
Sangat
baik
|
21-25
|
4
|
Baik
|
17-20
|
3
|
Cukup
|
13-16
|
2
|
Kurang
|
9-12
|
1
|
Sangat
kurang
|
5-8
|
. PENILAIAN HASIL
LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Hari, Tanggal Layanan :
........................................................
Jenis
Layanan :
........................................................
Pemberi
Layanan :
........................................................
Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
No
|
Aspek
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Setelah
mengikuti layanan ini saya memahami cara belajar yang efektif
|
|
|
|
|
2
|
Setelah
mengikuti layanan ini saya memahami manfaat belajar yang baik
|
|
|
|
|
3
|
Media
yang digunakan menambah pemahaman saya mengenai belajar yang efektif
|
|
|
|
|
4
|
Setelah
mengikuti layanan saya merasa senang
|
|
|
|
|
5
|
Saya
senang mengikuti layanan ini karena prosesnya menyenangkan
|
|
|
|
|
6
|
Setelah
mengikuti layanan saya berusaha untuk menerapkan cara-cara belajar yang baik
|
|
|
|
|
7
|
Setelah
mengikuti layanan saya berusaha untuk memperbaiki cara belajar agar lebih
efektif
|
|
|
|
|
8.
Dari
skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah pemahamanmu tentang materi yang telah
dibahas dalam kegiatan layanan ini?, pilihlah angkanya.
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Tidak
paham
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sangat
paham
|
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.
Tanggapan, saran,
pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Semarang, 09 Mei 2017
Peserta
....................................
RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (PENGAJARAN PERBAIKAN)
Jenis Layanan :
Pelaksana :
Pihak Terkait :
Tempat, Waktu :
Sasaran Layanan :
Lingkup Pembicaraan
1.
Topik yang
Dibahas :
2.
Pembahasan :
Kejadian yang muncul :
Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru BK