KORELASI ANTARA
LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DENGAN PENYESUAIAN
DIRI SISWA KELAS
VII SMP NEGERI 3 SENTOLO
KULON PROGO
YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN
2013/2014
SKRIPSI
Oleh :
SUPRI WIDYANTO
10144200270
PROGRAM STUDI
BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2014
KORELASI ANTARA
LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DENGAN PENYESUAIAN
DIRI SISWA KELAS
VII SMP NEGERI 3 SENTOLO
KULON PROGO
YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN
2013/2014
SKRIPSI
Diajukan Kepada
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta
Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Guna
Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Dalam Program Studi Bimbingan dan Konseling
Disusun Oleh :
SUPRI WIDYANTO
10144200270
PROGRAM STUDI BIMBINGAN
DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2014
ABSTRAK
SUPRI WIDYANTO. Korelasi Antara Layanan Bimbingan
Sosial dan Kemampuan Berkomunikasi dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII SMP
Negeri 3 Sentolo Kulon Progo Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014..
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui (1) Korelasi antara layanan bimbingan sosial dengan penyesuaian diri
(2) Korelasi antara kemampuan berkomunikasi dengan penyesuaian diri (3)
Korelasi antara layanan bimbingan sosial dan kemampuan berkomunikasi dengan
penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sentolo Kulon Progo
Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sentolo Kulon
Progo Yogyakarta Tahun Ajaran
2013/2014 yang
berjumlah 192 siswa. Pengambilan
sampel dengan menggunakan teknik quota
random sampling dengan mengambil 25% dari jumlah
siswa kelas VII yakni sejumlah 60 siswa.
Metode pengumpulan data dalam penelitian
ini digunakan angket yang divalidasi dengan validitas logis. Teknik analisa
data dengan menggunakan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan positif dan signifikan
antara layanan bimbingan sosial dengan penyesuaian diri siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan dengan
dibuktikan rx1y = 0,599 dengan (P) 0,000 < 0,01, artinya semakin sering layanan bimbingan sosial
yang diberikan pada siswa maka penyesuaian diri siswa akan semakin baik. (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan berkomunikasi dengan
penyesuaian diri siswa, dengan
mengetahui hasil perhitungan dengan dibuktikan rx2y = 0,680 dengan (P) 0,000 < 0,01,
artinya semakin baik kemampuan berkomunkasi siswa akan mempermudah dalam
melakukan penyesuaian diri. (3)
Ada hubungan positif
dan signifikan antara layanan bimbingan sosial dan kemampuan berkomunikasi
dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 SentoloKulon Progo
Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 dengan mengetahui hasil perhitungan yang dibuktikan harga Fhitung 29,671 dengan (P) 0,000 < 0,01, artinya apabila layanan bimbingan sosial diberikan
secara intensif kepada siswa, serta siswa dapat
menerima dan memahami informasi tersebut, maka siswa akan memiliki pemahaman
yang jelas mengenai beberapa aspek yang ada pada dirinya. Dengan pemahaman yang
dimiliki siswa tersebut, maka kemampuan berkomunikasi siswa akan mudah
terbentuk dengan baik, sehingga siswa tersebut dapat melakukan penyesuaian diri
terhadap lingkungannya. Implikasi dalam penelitian ini, layanan bimbingan sosial yang diberikan
secara kontinyu akan membentuk siswa dalam melakukan penyesuaian diri, demikian
juga pemahaman kemampuan berkomunikasi yang dimiliki siswa akan sangat
mendukung dalam melakukan tindakan terutama dalam melakukan tindakan sosialisasi
di rumah maupun di sekolah sehingga proses penyesuaian diri siswa akan semakin
baik.
Kata kunci : layanan bimbingan sosial, kemampuan berkomunikasi,
dan penyesuaian
diri.
ABSTRAK
SUPRI WIDYANTO. Correlation Between Social
Guidance Services and Ability to Communicate with Self-adjustment Seventh Grade Students of SMP Negeri 3
Sentolo Kulon Progo, Yogyakarta Academic Year 2013/2014
This study aimed to determine (1) The
correlation between social guidance service with self-adjustment (2) The correlation
between the ability to communicate with the self adjustment (3) The correlation
between social guidance service and the ability to communicate with the
adjustment in seventh grade student of SMP Negeri 3 Sentolo Kulon Progo
Yogyakarta in the Academic Year 2013/2014.
The population of this research was all
students of seventh grade student of SMP Negeri 3 Sentolo Kulon Progo
Yogyakarta in the Academic Year 2013/2014, amounting to 192 students. By using
the techniques of quota random sampling by taking 25 % of the number of class
VII, there are 60 the number of student.
Methods of data collection in this study
used a validated questionnaire with the logical validity. The technique of data
analysis is using multiple regression analysis.
The results showed that (1) There is a
positive and significant relationship between social counseling services to the
students' self- adjustment, by knowing the results of the calculations with
proven rx1y = 0.599 with a ( P ) 0.000 < 0.01, which means that the more
often a given social guidance service to students then the students adjustment
will be getting better. (2) There is a positive and significant relationship
between the ability to communicate with the adjustment of students, by knowing
the results of calculations with proven rx2y = 0.680 evidenced with ( P ) 0.000
< 0.01, which means that the better of the students' ability to communicate
will make it easier to make adjustments. (3) There is a positive and
significant relationship between social guidance services and the ability to
communicate with the adjustment in class VII student of SMP Negeri 3 Sentolo Kulon
Progo Yogyakarta in the Academic Year 2013/2014 by knowing the results of the calculation of the price of
F 29.671 evidenced by ( P ) 0.000 < 0, 01, meaning that if social guidance services
are given intensive counseling to students, and students can receive and
understand the information, the students will have a clear understanding of
some aspects of that in him. With the understanding of the students, the
students' ability to communicate well will be easily formed, so that the
students can make adjustments to their environment. The implications of this
research, the social guidance services provided continuously to form students
in making the adjustment, as well as the ability to communicate that
understanding will be very supportive of the students in action, especially in
the act of socialization at home and at school so that the adjustment process
students will be getting better.
Keywords : social guidance services , communication
skills , and self-adjustment
PERSETUJUAN
PEMBIMBING
KORELASI ANTARA
LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DENGAN PENYESUAIAN
DIRI SISWA KELAS
VII SMP NEGERI 3 SENTOLO
KULON PROGO
YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN
2013/2014
Skripsi oleh Supri Widyanto ini
telah diperiksa dan dinyatakan memenuhi syarat untuk
diuji
Yogyakarta, Juni 2014
Pembimbing
Drs. Sarjiman
NIP. 19600530
1999108 1 002
PENGESAHAN DEWAN PENGUJI
PENGESAHAN DEWAN PENGUJI
KORELASI ANTARA
LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DENGAN PENYESUAIAN
DIRI SISWA KELAS
VII SMP NEGERI 3 SENTOLO
KULON PROGO
YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN
2013/2014
Disusun Oleh
:
Supri Widyanto
10144200270
Telah
dipertahankan di depan Dewan Penguji Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta pada tanggal 26 Juni 2014 dan dinyatakan telah
memenuhi syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi Bimbingan
dan Konseling
Susunan Dewan Penguji Skripsi
Nama Tanda Tangan Tanggal
1.
Ketua :
( ______________________ ) ( )
___________
2.
Sekretaris : (
______________________ ) ( )
___________
3.
Penguji I : ( ______________________ ) ( ) ___________
4.
Penguji II : (
______________________ ) ( )
___________
Yogyakarta, .............................
2014
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Yogyakarta
Dekan
Dra. Hj. Nurwahyumiani, M. A
NIP. 19570310 198503 2 001
PERNYATAAN
KEASLIAN TULISAN
Saya yang
bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Supri Widyanto
Nomor Pokok Mahasiswa : 10144200270
Program Studi :
Bimbingan dan Konseling.
Fakultas : Keguruan dan Ilmu
Pendidikan.
Universitas : Universitas
PGRI Yogyakarta.
Judul : Korelasi Antara
Layanan Bimbingan Sosial dan Kemampuan Berkomunikasi Dengan Penyesuaian Diri
Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sentolo Kulon Progo Yogyakarta Tahun Ajaran
2012/2013
Dengan ini menyatakan bahwa skripsi yang
saya tulis ini benar-benar adalah hasil karya saya sendiri, bukan merupakan
pengambilalihan pemikiran ataupun tulisan orang lain kecuali pada bagian-bagian
tertentu yang saya ambil sebagai bahan acuan.
Apabila di kemudian hari ternyata
pernyataan ini tidak benar, maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya.
Yogyakarta, 26 Juni 2014
Materi
Rp. 6.000
|
Supri
Widyanto
NIM. 10144200270
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
“Tiada kata
terlambat untuk belajar...”
(Penulis)
“Setiap langkah
kaki tidak akan pernah bermakna tanpa adanya niat dan do’a…“
(Penulis)
“ Hidupku akan
terasa berarti ketika kedua orang tuaku bahagia dengan apa yang aku lakukan“
(Penulis)
Skripsi
ini kupersembahkan untuk :
1. Ayah dan Ibu saya tercinta yang senantiasa memberikan
doa dan dukungan sehingga aku bisa seperti ini.
2. Adek-adekku tercinta
3. Semua sahabat saya yang
senantiasa memberikan semangat dalam hidupku
4. Laskar A9 yang telah
menginspirasiku
5. Dwi Wahyuning yang selalu
memberikan motivasi
6. Almamaterku tercinta.
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan
rahmat dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul
“Korelasi
Antara Layanan Bimbingan Sosial dan Kemampuan Berkomunikasi dan Penyesuaian
Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta Tahun Ajaran
2013/2014.”.
Penyusunan skripsi ini bertujuan untuk memenuhi sebagian syarat yang telah
ditentukan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Yogyakarta guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada program studi
Bimbingan dan Konseling. Dalam penyusunan skripsi ini penulis berusaha
semaksimal mungkin untuk dapat menyajikannya dengan baik, namun karena
keterbatasan penulis maka penulis menyadari masih banyak kekurangan. Oleh
karena itu kritik dan saran yang membangun masih sangat diperlukan oleh
penulis.
Dalam penyusunan skripsi ini penulis juga menyadari bahwa tidak terlepas
dari bantuan oleh berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan terima kasih
kepada :
1.
Prof. Dr. Buchory MS, M.Pd, Rektor Universitas PGRI
Yogyakarta yang telah memberikan saran dalam percepatan diri;
2.
Dra. Hj. Nurwahyumiani, M.A, Dekan FKIP Universitas PGRI
Yogyakarta yang telah memberikan ijin penelitian;
3.
Drs. Sarjiman, Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling yang telah
memberikan pengarahan;
4.
Drs. Sarjiman, Dosen Pembimbing yang telah memberikan
bimbingan dan pengarahan dengan baik sehingga terselesainya skripsi ini;
5.
Bapak dan Ibu dosen program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta yang telah memberikan
bekal ilmu;
6.
Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sentolo yang telah memberikan ijin penelitian;
7.
Bapak dan Ibu guru Bimbingan dan Konseling SMP Negeri 3 Sentolo atas bantuan dan bimbingannya kepada
penulis selama melakukan penelitian;
8.
Bapak dan Ibu Guru serta Staf Tata Usaha SMP Negeri 3 Sentolo yang telah memberikan
bantuan kepada penulis selama melakukan penelitian;
9.
Siswa-siswi SMP Negeri 3 Sentolo yang telah bersedia membantu
penelitian penulis;
10. Semua
pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
Akhirnya penulis berharap semoga skripsi yang masih jauh dari sempurna ini
dapat bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya dan penulis pada khususnya.
Yogyakarta, 26 Juni 2014
Penulis
Supri Widyanto
NIM.
10144200270
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL .............................................................................................. i
ABSTRAK ...................................................................................................... ....... ii
HALAMAN
PERSETUJUAN ....................................................................... ...... iv
HALAMAN
PENGESAHAN ....................................................................... ....... v
PERNYATAAN
KEASLIAN TULISAN ........................................................... vi
MOTTO
DAN PERSEMBAHAN ....................................................................... vii
KATA
PENGANTAR ........................................................................................ viii
DAFTAR
ISI .......................................................................................................... x
DAFTAR
TABEL ................................................................................................ xii
DAFTAR GAMBAR
.......................................................................................... xiii
DAFTAR
LAMPIRAN ....................................................................................... xiv
BAB I ... PENDAHULUAN ................................................................................ 1
A. Latar Belakang.................................................................................. 1
B. Identifikasi Masalah ......................................................................... 4
C. Pembatasan Masalah ......................................................................... 4
D. Rumusan Masalah ............................................................................. 5
E. Tujuan Penelitian .............................................................................. 6
F.
Manfaat Penelitian ............................................................................ 6
BAB II . KAJIAN
TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS ................ 8
A. Kajian Teori....................................................................................... 8
1.
Layanan Bimbingan Sosial .................................................. ....... 8
2.
Kemampuan Berkomunikasi ............................................... ..... 21
3.
Penyesuaian Diri........................................................................ 34
B. Kerangka Berfikir............................................................................ 56
C. Pengajuan Hipotesis................................................................... ..... 59
BAB III. METODE PENELITIAN ................................................................. 63
A. Tempat dan Waktu Penelitian......................................................... 63
B. Variabel Penelitian........................................................................... 63
C. Metode Penentuan Subyek
Penelitian ...................................... ..... 65
D. Metode dan Teknik
Pengumpulan Data.......................................... 71
E. Instrumen Penelitian ....................................................................... 77
F.
Teknik Analisis Data ...................................................................... 92
BAB IV. HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ............................... 99
A. Deskripsi Data ................................................................................. 99
B.
Pengujian Persyaratan Analisis ..................................................... 107
C.
Analisis Data ................................................................................. 110
D.
Pengujian Hipotesis ...................................................................... 111
E.
Pembahasan Hasil Penelitian ..................................................... 115
BAB V.. KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN .............................. 117
A.
Kesimpulan ................................................................................... 117
B.
Implikasi........................................................................................ 118
C.
Saran ............................................................................................. 119
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................... 121
LAMPIRAN – LAMPIRAN......................................................................... ... 124
DAFTAR TABEL
1.
Distribusi populasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sentolo............................ 66
2.
Jumlah Sampel Siswa SMP N 3 Sentolo Kulon Progo .................................. 70
3.
Kisi – Kisi Angket Layanan Bimbingan Sosial (X1) ................................. .... 82
4.
Kisi – Kisi Angket Kemampuan
Berkomunikasi (X2) .................................... 84
5.
Kisi – Kisi Angket Motivasi Belajar (X3) .................................................. .... 85
6.
Koefisien Reabilitas ........................................................................................ 85
7.
Distribusi Frekuensi Data Layanan
Bimbingan Sosial................................... 100
8.
Tabel Kategori Layanan Bimbingan Sosial.................................................... 102
9.
Distribusi Frekuensi Data Kemampuan Berkomunikasi .............................. 103
10. Tabel Kategori
Kemampuan Berkomunikasi................................................. 104
11. Distribusi
Frekuensi Data Penyesuaian Diri ................................................. 105
12. Tabel Kategori
Penyesuaian Diri................................................................ .. 106
13. Rangkuman Uji
Normalitas .......................................................................... 108
14. Rangkuman Uji Lineralitas .......................................................................... 109
15. Rangkuman
Analisis Regresi Ganda tentang Layanan Bimbingan Sosial dan Kemampuan Berkomunikasi dengan Penyesuaian Diri ........................................................................... .. 113
16. Bobot
Sumbangan Masing-masing Variabel Bebas ................................... 114
DAFTAR GAMBAR
1.
Histogram Layanan Bimbingan Sosial ...................................................... 101
2.
Histogram Kemampuan Berkomunikasi ................................................... ... 103
3.
Histogram Penyesuaian Diri ....................................................................... 105
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran – lampiran :
1.
Surat Ijin Penelitian dari Universitas
PGRI Yogyakarta ........................... 124
2.
Surat Keterangan Melaksanakan Penelitian
dari SMP N 3 Sentolo Kulon Progo Yogyakarta 125
3.
Angket Penelitian ...................................................................................... 126
4.
Data Uji Coba Instrumen .......................................................................... 135
5.
Analisis Butir.............................................................................................. 138
6.
Data Penelitian .......................................................................................... 144
7.
Analisis Statistik Deskriftif ....................................................................... 145
8.
Data Uji Normalitas ................................................................................... 149
9.
Data Uji Linieritas ..................................................................................... 153
10. Data Uji Analisis Regresi .......................................................................... 156
11. Rekap Angket
Penelitian............................................................................ 158
0 komentar:
Posting Komentar