Senin, 12 Februari 2018

RPL KLASIKAL TEKNIK PSIKO-SOSIODRAMA



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PSIKO-SOSIODRAMA
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

A.     
Komponen Layanan
Layanan Dasar
B.      
Bidang Layanan
Bidang Pribadi-Sosial
C.      
Jenis Layanan
Informasi
D.     
Topik layanan
Kejujuran
E.      
Fungsi Layanan
Pemahaman dan pengembangan
F.       
Tujuan Umum
Berperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek etis
G.     
Tujuan Khusus
1.  Siswa mampu menjelaskan apa yang dimaksud sikap jujur
2.  Siswa mampu mencontohkan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari
3.  Siswa mampu mengembangkan perilaku jujur dalam setiap aktivitas sehari-hari.
H.     
Sasaran layanan
Kelas X MIPA 1
I.        
Materi layanan
1.  Pengertian Kejujuran
2.  Manfaat kejujuran
J.        
Waktu
2 x 45 menit
(Dibagi menjadi dua pertemuan)
K.     
Sumber
-
L.      
Metode/ Teknik
Psiko – Sosiodrama
M.    
Media/Alat
ATK dan Naskah
N.     
Pelaksanaan


Tahap Awal/Pendahuluan Pernyataan Tujuan
a.    Konselor menyapa peserta didik dengan kalimat yang membuat siswa bersemangat
b.    Konselor memimpin Do’a sebelum memulai kegiatan layanan
c.    Mengucapkan terimakasih kepada siswa atas kehadirannya
d.   Mengecek kehdiran siswa

Penjelasan tentang langkah – langkah kegiatan
a.     Menjelaskan langkah-langkah bahwa akan melakukan kegiatan Bimbingan klasikal dengan materi Kejujuran dan dilakukan dengan teknik Psiko - Sosiodrama. Langkah-langkah yang akan dilakukan adalah :
·         Memberikan Gambaran teknik psiko-sosiodrama yang akan dilakukan
·         Memberikan penjelasan tentang prosedur dan cara pelaksanaan teknik psiko-sosiodrama
·         Penetapan pemeran dan penjelasan tentang tugasnya dalam drama
·         Pembahasan materi dengan diskusi
·         Siswa diberikan penguatan agar dapat memiliki pemahaman terkait materi yang diberikan
b.     Menyampaikan tentang tujuan khusus yang akan dicapai

Mengarahkan kegiatan (Konsolidasi)
Menanyakan pemahaman awal dan kesiapan peserta didik untuk mengikuti kegiatan selanjutnya pada tahap inti

Tahap peralihan (transisi)
Mengarahkan peserta didik memasuki kgiatan pada tahap inti

Tahap Inti
Kegiatan Guru Bimbingan dan Konseling atau konselor
Konselor memberikan materi yang telah disiapkan, diantaranya :
Pertemuan pertama :
a.      Menjelaskan secara singkat tentang psiko-sosiodrama.
b.      Menjelaskan terkait prosedur dan tata pelaksanaan psiko-sosiodrama
c.      Menetapkan siswa yang menjadi permeran Protagonis, pendukung dan observer (penonton)
d.     Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami jalan cerita dari naskah yang telah disusun
e.      Mengarahkan peserta didik untuk mempraktekkan dan mencoba untuk melakukan peran masing-masing
f.       Menjelaskan tugas dan fungsi observer dalam pelaksanaan psiko-sosiodrama
Pertemuan kedua :
a.       Memandu jalannya cerita psiko-sosiodrama
b.      Mendorong siswa untuk memperoleh atau memainkan peran secara spontan, berinteraksi dan komunikasi dalam cerita sesuai dengan jalannya cerita
c.      Menceritakan dan memandu proses psiko-sosiodrama adegan demi adegan
d.     Mengawasi dan memberikan arahan kepada siswa melakukan peran yang diperoleh sampai selesai
e.      Mengapresiasi penampilan dari pemeran di akhir penampilan dan melakukan diskusi
f.       Pembahasan melalui diskusi kelas mencakup;
·     Memimpin jalannya diskusi
·     Mendorong siswa yang berperan dan observer untuk memberikan umpan balik terkait pelaksanaan psiko- sosiodrama
·     Menetralisir umpan balik yang bersifat menyerang atau menjatuhkan salah satu peran yang ada
·     Mendorong siswa untuk aktif menanggapi jika kejadian dalam psiko- sosiodrama terjadi dan dialami oleh siswa secara nyata
·     Mendorong siswa untuk mengungkapkan apa isi dari adegan yang diperankan
·     Mendorong siswa untuk mengungkapkan manfaat apa saja dari sikap kejujuran
·     Mendorong siswa untuk memetik hikmah dari alur cerita psiko- sosiodrama
g.      Memberikan kesempatan untuk menyimpulkan pembahasan diskusi kelas
h.      Mengkonfirmasi kesimpulan-kesimpulan dari siswa
i.        Memfasilitasi siswa untuk menyampaikan perasaan dan rencana terkait dengan topik yang diperagakan dalam psiko-sosiodrama
j.        Melakukan permainan atau ice breaking bila diperlukan

Kegiatan peserta didik
Peserta didik melakukan berbagai kegiatan sesuai langkah-langkah dan tugas serta tangggung jawab yang telah dijelaskan

Tahap Penutup
a.   Konselor menyimpulkan tentang topik yang telah dibahas bersama peserta didik
b.  Memberikan penguatan  atau merencanakan tindak lanjut.
c.   Memberikan penilaian segera dengan format UCA secara lisan kepada beberapa peserta didik
d.  Mengakhiri kegiatan layanan dengan berdo’a dan bersalaman
O.     
Evaluasi


1.      Evaluasi proses
Melakukan evaluasi dengan memperhatikan:
1.      Refleksi terkait materi yang ditanyakan kepada siswa
2.      Sikap atau antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan
3.      Cara siswa melakukan kegiatan psiko-sosiodrama sesuai dengan peran yang didapat
4.      Cara siswa memberikan penjelasan dan keaktifan dalam mengikuti kegiatan diskusi

2.      Evaluasi hasil
Melakukan evaluasi menggunakan penilaian segera (laiseg) dengan memperhatikan pemahaman, perasaan, dan rencana tindak lanjut siswa terhadap materi yang dibahas
P.

Rencana tindak lanjut
Memberikan layanan lanjutan dengan bimbingan kelompok atau konseling individual


Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                               Guru BK











NASKAH PSIKO-SOSIODRAMA
PEMERAN
1.  Jono : keras kepala, tempramen
2.  Ijal   : penurut
3.  Ita: cerewet
4.  Mira: cengeng, baik
5.  Irman:pendiam, pemalu,penakut
6.  Astrid: pandai, suka menolong
7.  Melisa : jujur, pendiam
8.  Pak abdul : Sabar, Humoris
Prolog :
Disuatu sekolah ada sebuah kelas yang tergolong sangat kompak, hubungan antara teman satu dengan yang lain sangat erat, namun kebersamaan dan kekompakan mereka perlahan mulai memudar, kira-kira mengapa hal itu terjadi?
Mari kita saksikan .......
Adegan 1
Suasana kelas pagi itu begitu tenang, siswa-siswi terlihat sedang belajar dengan serius, tidak terkecuali melisa, ijal, iraman, astrid dan ita. Sementara mira sedang menulis sesuatu di kertas kecil. Tiba-tiba jono datang dengan nafas yang tersengal-sengal dan duduk disamping irman dan bercerita bahwa dia bangun kesiangan karna nonton bola.
Pak abdul datang di kelas, dan memberikan ulangan. Karna tidak belajar jono menyontek pada saat ulangan, begitu juga dengan mira. Pak abdul memergoki mira membuka contekan dan menyuruhnya untuk pindah tempat duduk dimeja guru, sementara karna mira tau jono juga mencontek, melaporkan hal itu ke pak abdul. Keduanya mengerjakan di meja guru.

Bel waktu ulangan pun selesai, anak-anak mengumpulkan hasil ulangannya dan pak abdul meninggalkan kelas. Karna jengkel jono memarahi mira dan perang mulut pun terjadi, irman melerai keduanya, dan sialnya malah menjadi sasaran pukul jono. Melihat hal tersebut, Astri sebagai ketua kelas langsung bertindak dan melerai ketiganya. Dengan perasaan jengkel jono meninggalkan kelas. Astrid mendekati mira dan menanyakan alasan mencontek.
Adegan 2
Karna pikiran jengkel jono berniat untuk merusak motor mira dengan cara mengembosi bannya. Jono pun mengajak ijal untuk melancarkan aksinya.
Adegan 3
Pada saat pulang sekolah mira kaget melihat ban motornya sudah kempes, melihat hal tersebut melisa dan ita segera mendekati dan bertanya. Akhirnya mira ditemani 2 temannya membawa motornya ke bengel.
Adegan 4
Keesokan harinya mira seperti biasa datang awal ke sekolah, kebetulan di kelas sudah ada jono, mira pun menyapa jono dengan sapaan akrab. Jono berfikir kenapa anak ini, padahal kemarin abis aku kerjain pikir jono dalam hati.
Tak lama kemudian mira menghampiri jono dan meminta maaf atas kejadian kemarin, melihat hal tersebut jono kaget dan tertunduk. Jonopun meminta maaf karena hal kemarin dan perbuatannya mengembosi ban motornya .Mendengar hal tersebut mira kaget, namun tetap tenang, dan menganggap hal tersebut sudah berlalu.


PENILAIAN PROSES


Hari/tanggal                :..........................................................
Kelas                           :..........................................................
Materi layanan            :.........................................................

Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai aspek afektif dan psikomotor siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
5  = Baik sekali, apabila Selalu melakukan sesuai pernyataan.
4  = Baik, apabila sering melakuakan ssesuai pernyataan
3  = cukup, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan
2  = kurang, apabila sesekali melakukan dan sering tidak melakukan sesua pernyataan.
1 = sangat kurang, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan

No
Aspek Pengamatan
Skor
Skor
1
2
3
4
5
1
Siswa terlihat bersemangat dalam mengikuti setiap tahap selama bimbingan klasikal berlangsung.






2
Siswa berani bertanya dan mengungkapkan pendapatnya.






3
Siswa mampu terlibat aktif dan menjalankan peran sesuai dengan penetapan selama  layanan bimbingan klasikal.






4
Siswa bekerja sama dengan siswa yang lain dalam pelaksanaan psiko-sosiodrama sesuai dengan instruksi guru BK






5.
Siswa mampu menyelesaikan setiap penugasan yang diberikan.






6.
Metode dan  media yang digunakan menarik bagi siswa.






Jumlah Skor






Kategori:  ditambahkan materi dan kroscek dari RPL
NILAI
KATEGORI
KLASIFIKASI SKOR
5
Sangat baik
26-30
4
Baik
21-25
3
Cukup
16-20
2
Kurang
11-15
1
Sangat kurang
6-10
PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Hari, Tanggal Layanan            :  ........................................................
                        Jenis Layanan                          :  ........................................................
                        Pemberi Layanan                    :  ........................................................
                          
Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
No
Aspek
1
2
3
4
1
Saya mendapatkan pemahaman baru mengenai kegiatan psiko-sosiodrama yang diperankan didalam kelas




2
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami pentingnya memiliki sikap jujur




3
Pelaksanaan psiko-sosiodrama menyenangkan karena dapat terlibat dan berperan aktif secara langsung




4
Saya merasa memiliki peran dan dapat dihargai dalam pelaksanaan layanan ini




5
Saya senang mengikuti layanan ini karena prosesnya menyenangkan




6
Setelah mengikuti layanan, saya berusaha untuk bersikap jujur dalam kehidupan sehari-hari.




7
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk memperbaiki sikap dan kebiasaan saya dikelas




8.        Dari skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah pemahamanmu tentang materi yang telah dibahas dalam kegiatan layanan ini?, pilihlah angkanya.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Tidak
paham








Sangat
paham
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.        Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan? ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
                                                                                                Semarang, 09 Mei 2017
                                                                                                            Peserta


                                                                                           ....................................



RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (PENGAJARAN BIMBINGAN)

Jenis Layanan                          :
Pelaksana                                :
Pihak Terkait                           :
Tempat, Waktu                       :
Sasaran Layanan                     :
Lingkup Pembicaraan            
1.    Topik yang Dibahas           :
2.    Pembahasan                        :
Kejadian yang muncul            :
      


Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                               Guru BK



2 komentar:

  1. In the evaluation process, what factors should be taken into account when assessing how students provide explanations and actively engage in discussion activities?
    Telkom University

    BalasHapus
  2. Terimakasih ilmunya. sangat bermanfaat

    BalasHapus