RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
KLASIKAL TEKNIK PSIKO-SOSIODRAMA
SEMESTER
GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
A.
|
Komponen
Layanan
|
Layanan Dasar
|
B.
|
Bidang
Layanan
|
Bidang Pribadi-Sosial
|
C.
|
Jenis Layanan
|
Informasi
|
D.
|
Topik layanan
|
Kejujuran
|
E.
|
Fungsi
Layanan
|
Pemahaman dan pengembangan
|
F.
|
Tujuan Umum
|
Berperilaku atas dasar keputusan yang mempertimbangkan aspek-aspek
etis
|
G.
|
Tujuan Khusus
|
1. Siswa
mampu menjelaskan apa yang dimaksud sikap jujur
2. Siswa
mampu mencontohkan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari
3. Siswa
mampu mengembangkan perilaku jujur dalam setiap aktivitas sehari-hari.
|
H.
|
Sasaran
layanan
|
Kelas X MIPA 1
|
I.
|
Materi
layanan
|
1. Pengertian
Kejujuran
2. Manfaat
kejujuran
|
J.
|
Waktu
|
2 x 45 menit
(Dibagi menjadi dua pertemuan)
|
K.
|
Sumber
|
-
|
L.
|
Metode/
Teknik
|
Psiko – Sosiodrama
|
M.
|
Media/Alat
|
ATK dan Naskah
|
N.
|
Pelaksanaan
|
|
|
Tahap
Awal/Pendahuluan Pernyataan
Tujuan
|
a.
Konselor menyapa peserta didik
dengan kalimat yang membuat siswa bersemangat
b.
Konselor memimpin Do’a sebelum
memulai kegiatan layanan
c.
Mengucapkan
terimakasih kepada siswa atas kehadirannya
d.
Mengecek kehdiran
siswa
|
|
Penjelasan
tentang langkah – langkah kegiatan
|
a.
Menjelaskan langkah-langkah bahwa
akan melakukan kegiatan Bimbingan klasikal dengan materi Kejujuran dan
dilakukan dengan teknik Psiko - Sosiodrama. Langkah-langkah yang akan
dilakukan adalah :
·
Memberikan Gambaran teknik
psiko-sosiodrama yang akan dilakukan
·
Memberikan penjelasan tentang
prosedur dan cara pelaksanaan teknik psiko-sosiodrama
·
Penetapan pemeran dan penjelasan
tentang tugasnya dalam drama
·
Pembahasan materi dengan diskusi
·
Siswa diberikan penguatan agar
dapat memiliki pemahaman terkait materi yang diberikan
b.
Menyampaikan tentang tujuan khusus
yang akan dicapai
|
|
Mengarahkan
kegiatan (Konsolidasi)
|
Menanyakan pemahaman awal dan kesiapan peserta didik untuk
mengikuti kegiatan selanjutnya pada tahap inti
|
|
Tahap
peralihan (transisi)
|
Mengarahkan peserta didik memasuki kgiatan pada tahap inti
|
|
Tahap Inti
Kegiatan Guru
Bimbingan dan Konseling atau konselor
|
Konselor memberikan
materi yang telah disiapkan, diantaranya :
Pertemuan
pertama :
a.
Menjelaskan secara singkat tentang
psiko-sosiodrama.
b.
Menjelaskan terkait prosedur dan
tata pelaksanaan psiko-sosiodrama
c.
Menetapkan siswa yang menjadi
permeran Protagonis, pendukung dan observer (penonton)
d.
Memberikan kesempatan kepada siswa
untuk memahami jalan cerita dari naskah yang telah disusun
e.
Mengarahkan peserta didik untuk
mempraktekkan dan mencoba untuk melakukan peran masing-masing
f.
Menjelaskan tugas dan fungsi
observer dalam pelaksanaan psiko-sosiodrama
Pertemuan
kedua :
a.
Memandu jalannya cerita
psiko-sosiodrama
b.
Mendorong siswa untuk memperoleh
atau memainkan peran secara spontan, berinteraksi dan komunikasi dalam cerita
sesuai dengan jalannya cerita
c.
Menceritakan dan memandu proses
psiko-sosiodrama adegan demi adegan
d.
Mengawasi dan memberikan arahan
kepada siswa melakukan peran yang diperoleh sampai selesai
e.
Mengapresiasi penampilan dari
pemeran di akhir penampilan dan melakukan diskusi
f.
Pembahasan melalui diskusi kelas
mencakup;
· Memimpin
jalannya diskusi
· Mendorong
siswa yang berperan dan observer untuk memberikan umpan balik terkait
pelaksanaan psiko- sosiodrama
· Menetralisir
umpan balik yang bersifat menyerang atau menjatuhkan salah satu peran yang
ada
· Mendorong
siswa untuk aktif menanggapi jika kejadian dalam psiko- sosiodrama terjadi
dan dialami oleh siswa secara nyata
· Mendorong
siswa untuk mengungkapkan apa isi dari adegan yang diperankan
· Mendorong
siswa untuk mengungkapkan manfaat apa saja dari sikap kejujuran
· Mendorong
siswa untuk memetik hikmah dari alur cerita psiko- sosiodrama
g.
Memberikan kesempatan untuk menyimpulkan
pembahasan diskusi kelas
h.
Mengkonfirmasi
kesimpulan-kesimpulan dari siswa
i.
Memfasilitasi siswa untuk
menyampaikan perasaan dan rencana terkait dengan topik yang diperagakan dalam
psiko-sosiodrama
j.
Melakukan permainan atau ice
breaking bila diperlukan
|
|
Kegiatan
peserta didik
|
Peserta didik melakukan berbagai kegiatan sesuai langkah-langkah
dan tugas serta tangggung jawab yang telah dijelaskan
|
|
Tahap Penutup
|
a.
Konselor menyimpulkan tentang
topik yang telah dibahas bersama peserta didik
b. Memberikan
penguatan atau merencanakan tindak
lanjut.
c.
Memberikan penilaian segera dengan
format UCA secara lisan kepada beberapa peserta didik
d. Mengakhiri
kegiatan layanan dengan berdo’a dan bersalaman
|
O.
|
Evaluasi
|
|
|
1.
Evaluasi
proses
|
Melakukan evaluasi
dengan memperhatikan:
1.
Refleksi terkait materi yang ditanyakan kepada siswa
2.
Sikap atau antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan
3.
Cara siswa melakukan kegiatan psiko-sosiodrama sesuai dengan
peran yang didapat
4.
Cara siswa memberikan penjelasan dan keaktifan dalam mengikuti
kegiatan diskusi
|
|
2.
Evaluasi
hasil
|
Melakukan evaluasi
menggunakan penilaian segera (laiseg) dengan memperhatikan pemahaman,
perasaan, dan rencana tindak lanjut siswa terhadap materi yang dibahas
|
P.
|
Rencana
tindak lanjut
|
Memberikan layanan
lanjutan dengan bimbingan kelompok atau konseling individual
|
Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
BK
NASKAH PSIKO-SOSIODRAMA
PEMERAN
1.
Jono : keras
kepala, tempramen
2.
Ijal : penurut
3.
Ita: cerewet
4.
Mira: cengeng,
baik
5.
Irman:pendiam,
pemalu,penakut
6.
Astrid: pandai,
suka menolong
7.
Melisa : jujur,
pendiam
8.
Pak abdul :
Sabar, Humoris
Prolog
:
Disuatu sekolah ada sebuah kelas yang tergolong sangat kompak,
hubungan antara teman satu dengan yang lain sangat erat, namun kebersamaan dan
kekompakan mereka perlahan mulai memudar, kira-kira mengapa hal itu terjadi?
Mari kita saksikan .......
Adegan 1
Suasana kelas pagi itu begitu tenang, siswa-siswi terlihat sedang
belajar dengan serius, tidak terkecuali melisa, ijal, iraman, astrid dan ita.
Sementara mira sedang menulis sesuatu di kertas kecil. Tiba-tiba jono datang
dengan nafas yang tersengal-sengal dan duduk disamping irman dan bercerita
bahwa dia bangun kesiangan karna nonton bola.
Pak abdul datang di kelas, dan memberikan ulangan. Karna tidak
belajar jono menyontek pada saat ulangan, begitu juga dengan mira. Pak abdul
memergoki mira membuka contekan dan menyuruhnya untuk pindah tempat duduk
dimeja guru, sementara karna mira tau jono juga mencontek, melaporkan hal itu
ke pak abdul. Keduanya mengerjakan di meja guru.
Bel waktu ulangan pun selesai, anak-anak mengumpulkan hasil ulangannya
dan pak abdul meninggalkan kelas. Karna jengkel jono memarahi mira dan perang
mulut pun terjadi, irman melerai keduanya, dan sialnya malah menjadi sasaran
pukul jono. Melihat hal tersebut, Astri sebagai ketua kelas langsung bertindak
dan melerai ketiganya. Dengan perasaan jengkel jono meninggalkan kelas. Astrid
mendekati mira dan menanyakan alasan mencontek.
Adegan 2
Karna pikiran jengkel jono berniat untuk merusak motor mira dengan
cara mengembosi bannya. Jono pun mengajak ijal untuk melancarkan aksinya.
Adegan 3
Pada saat pulang sekolah mira kaget melihat ban motornya sudah
kempes, melihat hal tersebut melisa dan ita segera mendekati dan bertanya.
Akhirnya mira ditemani 2 temannya membawa motornya ke bengel.
Adegan 4
Keesokan harinya mira seperti biasa datang awal ke sekolah,
kebetulan di kelas sudah ada jono, mira pun menyapa jono dengan sapaan akrab.
Jono berfikir kenapa anak ini, padahal kemarin abis aku kerjain pikir jono
dalam hati.
Tak lama kemudian mira menghampiri jono dan meminta maaf atas
kejadian kemarin, melihat hal tersebut jono kaget dan tertunduk. Jonopun
meminta maaf karena hal kemarin dan perbuatannya mengembosi ban motornya
.Mendengar hal tersebut mira kaget, namun tetap tenang, dan menganggap hal
tersebut sudah berlalu.
PENILAIAN PROSES
Hari/tanggal :..........................................................
Kelas :..........................................................
Materi layanan :.........................................................
Petunjuk:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai
aspek afektif dan psikomotor siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria
sebagai berikut :
5 = Baik sekali,
apabila Selalu melakukan sesuai pernyataan.
4
= Baik, apabila sering melakuakan ssesuai pernyataan
3
= cukup, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan
2
= kurang, apabila sesekali melakukan dan sering tidak melakukan sesua pernyataan.
1 = sangat
kurang, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Siswa terlihat
bersemangat dalam mengikuti setiap tahap selama bimbingan klasikal
berlangsung.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa berani bertanya dan mengungkapkan
pendapatnya.
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa mampu terlibat aktif dan menjalankan peran
sesuai dengan penetapan selama layanan
bimbingan klasikal.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Siswa bekerja
sama dengan siswa yang lain dalam pelaksanaan psiko-sosiodrama sesuai dengan
instruksi guru BK
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Siswa mampu
menyelesaikan setiap penugasan yang diberikan.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Metode dan media yang digunakan menarik bagi siswa.
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
|
|
Kategori: ditambahkan materi dan kroscek dari RPL
NILAI
|
KATEGORI
|
KLASIFIKASI
SKOR
|
5
|
Sangat
baik
|
26-30
|
4
|
Baik
|
21-25
|
3
|
Cukup
|
16-20
|
2
|
Kurang
|
11-15
|
1
|
Sangat
kurang
|
6-10
|
PENILAIAN HASIL
LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Hari, Tanggal Layanan :
........................................................
Jenis
Layanan : ........................................................
Pemberi
Layanan :
........................................................
Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
No
|
Aspek
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Saya
mendapatkan pemahaman baru mengenai kegiatan psiko-sosiodrama yang diperankan
didalam kelas
|
|
|
|
|
2
|
Setelah
mengikuti layanan ini saya memahami pentingnya memiliki sikap jujur
|
|
|
|
|
3
|
Pelaksanaan
psiko-sosiodrama menyenangkan karena dapat terlibat dan berperan aktif secara
langsung
|
|
|
|
|
4
|
Saya
merasa memiliki peran dan dapat dihargai dalam pelaksanaan layanan ini
|
|
|
|
|
5
|
Saya
senang mengikuti layanan ini karena prosesnya menyenangkan
|
|
|
|
|
6
|
Setelah
mengikuti layanan, saya berusaha untuk bersikap jujur dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|
|
|
|
7
|
Setelah
mengikuti layanan saya berusaha untuk memperbaiki sikap dan kebiasaan saya
dikelas
|
|
|
|
|
8.
Dari
skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah pemahamanmu tentang materi yang telah
dibahas dalam kegiatan layanan ini?, pilihlah angkanya.
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Tidak
paham
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sangat
paham
|
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.
Tanggapan, saran,
pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan? ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Semarang,
09 Mei 2017
Peserta
....................................
RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (PENGAJARAN BIMBINGAN)
Jenis Layanan :
Pelaksana :
Pihak Terkait :
Tempat, Waktu :
Sasaran Layanan :
Lingkup Pembicaraan
1.
Topik yang
Dibahas :
2.
Pembahasan :
Kejadian yang muncul :
Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
BK
In the evaluation process, what factors should be taken into account when assessing how students provide explanations and actively engage in discussion activities?
BalasHapusTelkom University
Terimakasih ilmunya. sangat bermanfaat
BalasHapus