Senin, 12 Februari 2018

TEKNIK PENGAJARAN BIMBINGAN




RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PENGAJARAN BIMBINGAN
SEMSETER GASAL TAHUN PELAJARAN 2017

A
Komponen layanan
Layanan dasar
B
Bidang layanan
Belajar
C
Topik layanan
Manajemen waktu belajar
D
Fungsi layanan
Pemahaman dan pengembangan
E
Tujuan umum
Mempelajari cara-cara Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif.
F
Tujuan khusus
1.    Siswa mampu memahami pentingnya pengelolahan waktu dalam belajar
2.    Siswa mampu mengembangkan pengelolahan waktu untuk meraih kesuksesan dalam belajar
G
Sasaran
Kelas X Mipa 5
H
Materi layanan
1.    Pengertian manajemen waktu
2.    Tips mengelola waktu
I
Waktu
1 x 45 menit
J
Sumber
2.    Zivanna letisha. 2016. Trik juara mengatur waktu. Jakarta. Gagasanmedia
K
Metode/teknik
Pengajaran bimbingan
L
Media/alat
Laptop,lcd, prezi
M
Pelaksanaan layanan

1.    Tahap awal


a.   Pernyataan tujuan
1)   Guru bk menyapa peserta didik dengan untuk membuka kegiatan dan menanyakan kabar peserta didik
2)   Guru bk mengecek kehadiran peserta didik dengan presensi
3)   Guru bk memimpin do’a
4)   Guru bk melakukan ice breaking atau games sederhana untuk menghangatkan suasana
5)   Guru bk menyampaikan tujuan tujuan khusus terkait tema dan tujuan apa yang akan dicapai dari pelaksanaan layanan bimbingan klasikal

b.    Penjelasan tentang langkah-langkah kegiatan
Guru bk menjelaskan pengertian, maksud dan tujuan khusus, langkah-langkah kegiatan,tugas dan tanggung jawab peserta didik dalam kegiatan layanan bimbingan klasikal melalui teknik pengajaran bimbingan

c.    Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
Guru bk memberikan penjelasan secara umum tentang tema bimbingan klasikal yang akan dibicarakan atau dibahas

d.   Tahap peralihan (transisi)
Guru bk atau konselor menanyakan kesiapan peserta didik untuk memasuki tahap inti.

2.    Tahap inti


a.    Kegiatan peserta didik
Peserta didik melakukan berbagai kegiatan, tugas, dan tanggungjawab peserta didik dalam kegiatan layanan bimbingan klasikal

b.    Kegiatan guru bk
1)   Guru bk menanyakan apersepsi peserta didik terkait tema yang akan disampaikan
2)   Guru bk memberikan arahan dan semangat kepada peserta didik untuk aktif dalam proses layanan
3)   Guru bk memberikan materi yang telah disiapkan melalui pendekatan yang telah ditetapkan (pendekatan konstekstual, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kooperatif, strategi inkuiri, pembelajaran otentik, pembelajaran berbasis proyek/tugas, pembelajaran berbasis kerja, pembelajaran berbasis melayani)
4)   Guru bk menggunakan media yang telah disiapkan untuk menunjang kegiatan pelaksanaan bimbingan klasikal
5)   Guru bk menanyakan pemahaman peserta didik terkait tema bimbingan yang diberikan
6)   Guru bk melakukan tanya jawab dengan peserta didik sebagai penunjang keaktifan dan pemahaman peserta didik
7)   Guru bk memberikan tugas sesuai dengan pendekatan yang dipilih untuk membentuk perilaku peserta didik yang sesuai dengan tema dan tujuan bimbingan yang diberikan

3.    Tahap penutup
1)   Guru bk memberikan penguatan
2)   Guru bk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengungkapkan yang telah didapat dalam pelaksanaan bimbingan klasikal
3)   Guru bk melakukan tanya jawab
4)   Guru bk berdiskusi dengan peserta didik terkait penerapan ilmu atau tema yang telah diperoleh
N
Evaluasi


a.    Evaluasi proses
Evaluasi proses dilakukan oleh guru bk dengan melihat proses yang terjadi selama penagajaran bimbingan dengan menggunakan lembar observasi.

b.    Evluasi hasil
Guru bk menetapkan materi evaluasi hasil (laiseg) untuk mengetahui pemahaman (understanding), perasaan (comfort) dan tindakan (actions), serta keaktifan peserta didik setelah pembahasan tema bimbingan
O
Tindak lanjut
a)      Memberikan layanan lanjutan berupa layanan dasar yaitu bimbingan kelompok jika ada siswa yang kurang memahami topik pembahasan dengan memberikan topik yang sama maupun topik yang berhubungan dengan topik awal.
b)      Memberikan layanan lanjutan kepada siswa yang memperoleh perhatian khusus dengan konseling kelompok atau konseling individu.




Semarang, 31 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                             Guru BK








MANAJEMEN WAKTU

A.  Penegertian
Menurut ilmu psikologi manajemen waktu dalah kemampuan merencanakan dan mengontrol bagaimana kita mengalokasikan tiap-tiap jam dalam satu hari untuk bisa mencapai tujuan tertentu secara efektif.
B.  Tips managemen waktu
1.      Menentukan tujuan belajar
Mengatur waktu tanpa memilik rencana dan tujuan justru adalah penghamburan waktu. Begin with the end of things, mulai segalanya dari akhir. Maksudnya? Pikirkan apa hasil akhir yang akan Anda raih dan alami. Banyak orang memanfaatkan waktunya dengan baik setelah melihat hasil akhir dirinya dengan sangat jelas : kematian! Bagaimana dengan Anda? Apa yang ingin Anda semua berikan sebelum malaikat maut datang menjemput?
2.      Menentukan target hidup yang ingin dicapai
Dengan adanya target hidup dimasa yang akan datang,  maka seseorang akan berusaha giat untuk dapat mewujudkannya.
3.      Membuat jadwal belajar
Dengan adanya jadwal dalam belajar, membantu kita untuk menentukan apa yang akan kita pelajari pada hari itu dan juga sebagai bentuk tanggung jawab dalam belajar.
4.      Membuat skala prioritas
Apabila Anda memiliki to-do list 10 kegiatan yang ingin dilaksanakan, jangan memaksakan semua sehingga kehidupan Anda menjadi kaku. Ambil 3 kegiatan terpenting, di mana selanjutnya adalah optional. Atau 20% kegiatan terpenting dan target Anda hari ini, maka dijamin Anda sudah menyelesaikan 80% dan semuanya, setidaknya untuk mendekati cita-cita Anda. Apa jadinya bila tugas A ditinggalkan, sementara Anda fokus ke tugas C? Di dunia pengembangan diri, dikenal dengan prinsip pareto, hidup menjadi lebih efektif, efisien, dan seimbang.
5.      Tanya pada diri sendiri
Tanyakan pada diri sendiri pelajaran mana yang paling sulit untuk lebih di tambah porsi dalam belajarnya
6.      Mengulangi pelajaran di kelas
Mengulang kembali pelajaran merupakan cara yang tepat dalam belajar, sehingga apa yang sudah kita peroleh tidak lupa.
7.      Berani berkata tidak
Ini adalah selera Anda untuk mengatur kapan harus bilang ya, dan kapan harus bilang tidak. Intinya adalah dengan mengatakan tidak pada hal yang tidak urgent dan tidak penting, Anda bisa mengalokasikan waktu untuk kegiatan lain agar lebih seimbang dan tidak membuang waktu Anda.
8.      Memanfaatkan waktu luang
Waktu adalah salah satu hal atau harta paling berharga yang dimiliki manusia, banyak waktu yang terbuang sia-sia untuk hal yang tidak berguna.
PENILAIAN PROSES


Hari/tanggal                :..........................................................
Kelas                           :..........................................................
Materi layanan            :.........................................................

Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai aspek afektif dan psikomotor siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
5  = Baik sekali, apabila Selalu melakukan sesuai pernyataan.
4  = Baik, apabila sering melakuakan ssesuai pernyataan
3  = cukup, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan
2  = kurang, apabila sesekali melakukan dan sering tidak melakukan sesua pernyataan.
1 = sangat kurang, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan

No
Aspek Pengamatan
Skor
Skor
1
2
3
4
5
1
Siswa terlihat bersemangat dalam mengikuti setiap tahap selama bimbingan klasikal berlangsung.






2
Siswa berani bertanya dan mengungkapkan pendapatnya.






3
Siswa mampu terlibat aktif selama layanan bimbingan klasikal.






4
Siswa bekerja sama dengan siswa yang lain dalam kelompok kerja sesuai dengan instruksi guru bk






5.
Siswa mampu menyelesaikan setiap penugasan yang diberikan.






6.
Metode dan  media yang digunakan menarik bagi siswa.






Jumlah Skor






Kategori:
NILAI
KATEGORI
KLASIFIKASI SKOR
5
Sangat baik
26-30
4
Baik
21-25
3
Cukup
16-20
2
Kurang
11-15
1
Sangat kurang
6-10


. PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
Hari, Tanggal Layanan            :  ........................................................
                        Jenis Layanan                          :  ........................................................
                        Pemberi Layanan                    :  ........................................................
                          
Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
No
Aspek
1
2
3
4
1
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami pentingnya manajemen waktu dalam belajar




2
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami cara-cara untuk mengelola waktu untuk belajar




3
Media yang digunakan menyenangkan




4
Setelah mengikuti layanan saya merasa senang




5
Saya senang mengikuti layanan ini karena prosesnya menyenangkan




6
Setelah mengikuti layanan, saya berusaha untuk memanfaatkan waktu luang untuk belajar




7
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk memperbaiki sikap dan kebiasaan belajar




8.        Dari skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah pemahamanmu tentang materi yang telah dibahas dalam kegiatan layanan ini?, pilihlah angkanya.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Tidak
paham








Sangat
paham
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.        Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan? ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
                                                                                                Semarang,       Juni 2017
                                                                                                             Peserta


                                                                                            ....................................





RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (PENGAJARAN BIMBINGAN)

Jenis Layanan                          :
Pelaksana                                :
Pihak Terkait                           :
Tempat, Waktu                       :
Sasaran Layanan                     :
Lingkup Pembicaraan            
1.    Topik yang Dibahas           :
2.    Pembahasan                        :
Kejadian yang muncul            :
      



Semarang, 31 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                             Guru BK