RENCANA
PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
KLASIKAL TEKNIK PENGAJARAN BIMBINGAN
SEMSETER
GASAL TAHUN PELAJARAN 2017
A
|
Komponen layanan
|
Layanan dasar
|
B
|
Bidang layanan
|
Belajar
|
C
|
Topik layanan
|
Manajemen waktu belajar
|
D
|
Fungsi layanan
|
Pemahaman dan pengembangan
|
E
|
Tujuan umum
|
Mempelajari cara-cara Pengambilan
keputusan dan pemecahan masalah secara objektif.
|
F
|
Tujuan khusus
|
1. Siswa
mampu memahami pentingnya pengelolahan waktu dalam belajar
2. Siswa
mampu mengembangkan pengelolahan waktu untuk meraih kesuksesan dalam belajar
|
G
|
Sasaran
|
Kelas X Mipa 5
|
H
|
Materi layanan
|
1.
Pengertian manajemen
waktu
2. Tips mengelola waktu
|
I
|
Waktu
|
1 x 45 menit
|
J
|
Sumber
|
2.
Zivanna letisha. 2016. Trik juara mengatur waktu. Jakarta. Gagasanmedia
|
K
|
Metode/teknik
|
Pengajaran bimbingan
|
L
|
Media/alat
|
Laptop,lcd, prezi
|
M
|
Pelaksanaan layanan
|
|
|
1. Tahap
awal
|
|
|
a. Pernyataan
tujuan
|
1)
Guru
bk menyapa peserta didik dengan untuk membuka kegiatan dan menanyakan kabar
peserta didik
2)
Guru bk mengecek kehadiran peserta didik
dengan presensi
3)
Guru
bk memimpin do’a
4)
Guru bk melakukan ice breaking atau
games sederhana untuk menghangatkan suasana
5)
Guru
bk menyampaikan tujuan tujuan khusus terkait tema dan tujuan apa yang akan
dicapai dari pelaksanaan layanan bimbingan klasikal
|
|
b. Penjelasan
tentang langkah-langkah kegiatan
|
Guru bk menjelaskan pengertian,
maksud dan tujuan khusus, langkah-langkah kegiatan,tugas dan tanggung jawab
peserta didik dalam kegiatan layanan bimbingan klasikal
melalui teknik pengajaran bimbingan
|
|
c. Mengarahkan
kegiatan (konsolidasi)
|
Guru bk memberikan penjelasan secara umum tentang tema bimbingan klasikal yang akan dibicarakan atau dibahas
|
|
d. Tahap
peralihan (transisi)
|
Guru
bk atau konselor menanyakan kesiapan peserta didik untuk memasuki tahap inti.
|
|
2. Tahap
inti
|
|
|
a. Kegiatan
peserta didik
|
Peserta didik melakukan
berbagai kegiatan, tugas,
dan tanggungjawab peserta didik
dalam kegiatan layanan
bimbingan klasikal
|
|
b. Kegiatan
guru bk
|
1) Guru bk menanyakan apersepsi
peserta didik terkait tema yang akan disampaikan
2) Guru bk memberikan arahan dan
semangat kepada peserta didik untuk aktif dalam proses layanan
3) Guru bk memberikan materi yang
telah disiapkan melalui pendekatan yang telah ditetapkan (pendekatan
konstekstual, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kooperatif,
strategi inkuiri, pembelajaran otentik, pembelajaran berbasis proyek/tugas,
pembelajaran berbasis kerja, pembelajaran berbasis melayani)
4) Guru bk menggunakan media yang
telah disiapkan untuk menunjang kegiatan pelaksanaan bimbingan klasikal
5) Guru bk menanyakan pemahaman
peserta didik terkait tema bimbingan yang diberikan
6) Guru bk melakukan tanya jawab
dengan peserta didik sebagai penunjang keaktifan dan pemahaman peserta didik
7) Guru bk memberikan tugas sesuai
dengan pendekatan yang dipilih untuk membentuk perilaku peserta didik yang
sesuai dengan tema dan tujuan bimbingan yang diberikan
|
|
3. Tahap
penutup
|
1)
Guru bk memberikan penguatan
2)
Guru bk memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk mengungkapkan yang telah didapat dalam pelaksanaan
bimbingan klasikal
3)
Guru bk melakukan tanya jawab
4)
Guru bk berdiskusi dengan peserta
didik terkait penerapan ilmu atau tema yang telah diperoleh
|
N
|
Evaluasi
|
|
|
a. Evaluasi
proses
|
Evaluasi proses
dilakukan
oleh
guru bk
dengan
melihat proses yang
terjadi selama penagajaran bimbingan dengan menggunakan lembar observasi.
|
|
b. Evluasi
hasil
|
Guru bk
menetapkan materi evaluasi hasil (laiseg)
untuk mengetahui pemahaman (understanding), perasaan (comfort) dan tindakan (actions), serta keaktifan
peserta
didik setelah pembahasan tema bimbingan
|
O
|
Tindak lanjut
|
a) Memberikan
layanan lanjutan berupa layanan dasar yaitu bimbingan kelompok jika ada siswa
yang kurang memahami topik pembahasan dengan memberikan topik yang sama
maupun topik yang berhubungan dengan topik awal.
b) Memberikan
layanan lanjutan kepada siswa yang memperoleh perhatian khusus dengan
konseling kelompok atau konseling individu.
|
Semarang, 31 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru BK
MANAJEMEN WAKTU
A. Penegertian
Menurut ilmu psikologi
manajemen waktu dalah kemampuan merencanakan dan mengontrol bagaimana kita mengalokasikan
tiap-tiap jam dalam satu hari untuk bisa mencapai tujuan tertentu secara
efektif.
B. Tips managemen waktu
1. Menentukan
tujuan belajar
Mengatur waktu tanpa memilik
rencana dan tujuan justru adalah penghamburan waktu. Begin with the end of
things, mulai segalanya dari akhir. Maksudnya? Pikirkan apa hasil akhir yang
akan Anda raih dan alami. Banyak orang memanfaatkan waktunya dengan baik
setelah melihat hasil akhir dirinya dengan sangat jelas : kematian! Bagaimana
dengan Anda? Apa yang ingin Anda semua berikan sebelum malaikat maut datang
menjemput?
2. Menentukan
target hidup yang ingin dicapai
Dengan adanya target hidup dimasa
yang akan datang, maka seseorang akan
berusaha giat untuk dapat mewujudkannya.
3. Membuat
jadwal belajar
Dengan adanya jadwal dalam belajar,
membantu kita untuk menentukan apa yang akan kita pelajari pada hari itu dan
juga sebagai bentuk tanggung jawab dalam belajar.
4. Membuat
skala prioritas
Apabila Anda memiliki to-do list 10
kegiatan yang ingin dilaksanakan, jangan memaksakan semua sehingga kehidupan
Anda menjadi kaku. Ambil 3 kegiatan terpenting, di mana selanjutnya adalah
optional. Atau 20% kegiatan terpenting dan target Anda hari ini, maka dijamin
Anda sudah menyelesaikan 80% dan semuanya, setidaknya untuk mendekati cita-cita
Anda. Apa jadinya bila tugas A ditinggalkan, sementara Anda fokus ke tugas C?
Di dunia pengembangan diri, dikenal dengan prinsip pareto, hidup menjadi lebih efektif, efisien, dan seimbang.
5. Tanya
pada diri sendiri
Tanyakan pada diri sendiri
pelajaran mana yang paling sulit untuk lebih di tambah porsi dalam belajarnya
6. Mengulangi
pelajaran di kelas
Mengulang kembali pelajaran
merupakan cara yang tepat dalam belajar, sehingga apa yang sudah kita peroleh
tidak lupa.
7. Berani
berkata tidak
Ini adalah selera Anda untuk
mengatur kapan harus bilang ya, dan kapan harus bilang tidak. Intinya adalah
dengan mengatakan tidak pada hal yang tidak urgent dan tidak penting, Anda bisa
mengalokasikan waktu untuk kegiatan lain agar lebih seimbang dan tidak membuang
waktu Anda.
8. Memanfaatkan
waktu luang
Waktu adalah salah satu hal atau
harta paling berharga yang dimiliki manusia, banyak waktu yang terbuang sia-sia
untuk hal yang tidak berguna.
PENILAIAN PROSES
Hari/tanggal :..........................................................
Kelas :..........................................................
Materi layanan :.........................................................
Petunjuk:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai
aspek afektif dan psikomotor siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal.
Berilah tanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria
sebagai berikut :
5 = Baik sekali,
apabila Selalu melakukan sesuai pernyataan.
4
= Baik, apabila sering melakuakan ssesuai pernyataan
3
= cukup, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan
2
= kurang, apabila sesekali melakukan dan sering tidak melakukan sesua pernyataan.
1 = sangat
kurang, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Siswa terlihat
bersemangat dalam mengikuti setiap tahap selama bimbingan klasikal
berlangsung.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa berani bertanya dan mengungkapkan
pendapatnya.
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa mampu terlibat aktif selama layanan
bimbingan klasikal.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Siswa bekerja
sama dengan siswa yang lain dalam kelompok kerja sesuai dengan instruksi guru
bk
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Siswa mampu
menyelesaikan setiap penugasan yang diberikan.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Metode dan media yang digunakan menarik bagi siswa.
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
|
|
Kategori:
NILAI
|
KATEGORI
|
KLASIFIKASI
SKOR
|
5
|
Sangat
baik
|
26-30
|
4
|
Baik
|
21-25
|
3
|
Cukup
|
16-20
|
2
|
Kurang
|
11-15
|
1
|
Sangat
kurang
|
6-10
|
. PENILAIAN HASIL
LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL
Hari, Tanggal Layanan :
........................................................
Jenis
Layanan :
........................................................
Pemberi
Layanan :
........................................................
Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
No
|
Aspek
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Setelah
mengikuti layanan ini saya memahami pentingnya manajemen waktu dalam belajar
|
|
|
|
|
2
|
Setelah
mengikuti layanan ini saya memahami cara-cara untuk mengelola waktu untuk
belajar
|
|
|
|
|
3
|
Media
yang digunakan menyenangkan
|
|
|
|
|
4
|
Setelah
mengikuti layanan saya merasa senang
|
|
|
|
|
5
|
Saya
senang mengikuti layanan ini karena prosesnya menyenangkan
|
|
|
|
|
6
|
Setelah
mengikuti layanan, saya berusaha untuk memanfaatkan waktu luang untuk belajar
|
|
|
|
|
7
|
Setelah
mengikuti layanan saya berusaha untuk memperbaiki sikap dan kebiasaan belajar
|
|
|
|
|
8.
Dari
skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah pemahamanmu tentang materi yang telah
dibahas dalam kegiatan layanan ini?, pilihlah angkanya.
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Tidak
paham
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sangat
paham
|
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.
Tanggapan, saran,
pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan? ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
Semarang, Juni 2017
Peserta
....................................
RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (PENGAJARAN BIMBINGAN)
Jenis Layanan :
Pelaksana :
Pihak Terkait :
Tempat, Waktu :
Sasaran Layanan :
Lingkup Pembicaraan
1.
Topik yang
Dibahas :
2.
Pembahasan :
Kejadian yang muncul :
Semarang, 31 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru BK