Senin, 12 Februari 2018

RPL ORGANISASI MURID



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER GANJILTAHUN PELAJARAN 2017/2018



A
Komponen Layanan
Layanan Dasar
B
Bidang Layanan
Pribadi-sosial
C
Topik Layanan
Kerjasama
D
Fungsi Layanan
Pemahaman dan Pengembangan
E
Tujuan Umum
Mempelajari keunikan diri dalam konteks kehidupan sosial
F
Tujuan Khusus
1.    Siswa mampu memahami manfaat kerjasama
2.    Siswa mampu memahami pentingnya kerjasama didalam organisasi
3.    Siswa mampu mengembangkan kemampuan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama
G
Sasaran
Organisasi Osis dan PMR
H
Materi Layanan
1.    Pengeritan kerjasama
2.    Manfaat kerjasama
3.    Cara menumbuhkan kerjasama
I
Waktu
1 x 45 Menit
J
Sumber
2.    Tim mitra guru. 2006. IlmuPengetahuan Sosial Sosiologi. Jakarta : Erlangga
K
Metode/Teknik
Organisasi Murid
L
Media/alat
Laptop,LCD, Video
M
Pelaksanaan

1.    Tahap awal /pendahuluan


a.    Pernyataan tujuan
1)        Membuka kegiatan bimbingan klasikal dengan membangun rapport dengan peserta didik.
2)        Guru bk memimpin doa atau meminta peserta didik untuk memimpin doa.
3)        Guru bk memberikan ice breaking/permainan sederhana
4)        Guru bk menjelaskan maksud dan tujuan dari topik yang akan dibahas mengenai Kerjasama

b.  Penjelasan langkah kegiatan
Guru bk menjelaskan langkah - langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab peserta didik

2.    Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
Guru bk memberikan penjelasan secara umum tentang Kerjasama

3.    Tahap peralihan (transisi)
Guru bk menanyakan kesiapan peserta didik untuk membahas materi tentang kerjasama

4.    Tahap inti


a.    Kegiatan peserta didik
1)        Mendengarkan penjelasan dari guru bk
2)        Bertanya mengenai apa yang belum di pahami dari materi yang diberikan.
3)        Menjawab pertanyaan dari guru bk
4)        Melaksanakan tugas dari guru bk yang diberikan selama kegiatan layanan

b.    Kegiatan guru BK
1)        Guru bk menyampaikan materi tentang kerjasama
2)        Memperkenalkan permainan stapping.
3)        Guru bk membagi perserta kedalam 2 kelompok
4)        Guru bk mempersiapkan 4 buah kertas yang digunakan sebagai pijakan
5)        Guru bk memberikan instruksi kepada peserta
6)        Permainan dimulai
7)        Guru bk mengamati dan mendampingi peserta didik selama proses berlangsung
8)        Setelah salah satu tim mencapai garis finis permainan selesai
9)        Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mendiskusikan permainan yang dilaksanakan
10)    Masing-masing perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusi
11)    Melakukan tanya jawab

5.    Tahap penutup
1)        Guru bk memutarkan video untuk memberikan penguatan tentang materi kerjasama
2)        Guru bk memberi kesempatan pada peserta didik untuk menyimpulkan materi yang telah disampaikan
3)        Guru bk mengkonfirmasi kesimpulan yang telah disampaikan peserta didik
4)        Mengevaluasi kegiatan layanan dengan menanyakan langsung pada peserta didik  tentang: pemahaman yang sudah diperoleh, perasaan yang dialami selama kegiatan berlangsung dan rencana tindakan yang akan dilakukan
5)        Membahas dan menyepakati jenis tindak lanjut jika diperlukan (seperti bimbingan kelompok,  konseling kelompok atau konseling individu)
6)        Menutup kegiatan layanan dengan berdoa
7)        Mengucapkan salam perpisahan

N
Evaluasi


1.    Evaluasi proses
Guru bk melakukan evaluasi dengan memperhatikan proses yang terjadi:
a.    Mengadakan refleksi
b.    Sikap peserta didik dalam mengikuti kegiatan :
(contoh :semangat/ kurang semangat/ tidak semangat)
c.    Cara peserta didik menyampaikan pendapat atau bertanya : sesuai dengan topik/ kurang sesuai dengan topik/ tidak sesuai dengan topik.
d.   Cara peserta didik memberikan penjelasan terhadap pertanyaan guru bk: mudah dipahami/ tidak mudah/ sulit dipahami

2.    Evluasi Hasil
Evaluasi setelah mengikuti kegiatan klasikal, antara lain:
a.    Merasakan suasana pertemuan: menyenangkan/kurang menyenangkan/tidak menyenangkan
b.    Topik yang dibahas: sangat penting/ kurang penting/tidak penting
c.    Kegiatan yang diikuti: menarik/ kurang menarik/ tidak menarik untuk diikuti
O
Tindak lanjut
a.      Memberikan layanan lanjutan berupa layanan dasar yaitu bimbingan kelompok jika ada siswa yang kurang memahami topik pembahasan dengan memberikan topik yang sama maupun topik yang berhubungan dengan topik awal.
b.      Memberikan layanan lanjutan kepada siswa yang memperoleh perhatian khusus dengan.


                                                      Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                             Guru BK








MATERI LAYANAN

KERJASAMA

A.      Pengertian
Kerja sama, atau kooperasi merujuk pada praktik seseorang atau kelompok yang lebih besar yang bekerja di khayalak dengan tujuan atau kemungkinan metode yang disetujui bersama secara umum, alih-alih bekerja secara terpisah dalam persaingan.
Kerja sama dapat sejumlah ranah bisnis, pertanian, dan perusahaan dapat diwujudkan dalam bentuk koperasi. Kerja sama umumnya mencakup paradigma yang berlawanan dengan kompetisi. Banyak orang yang mendukung kerja sama sebagai bentuk yang ideal untuk pengelolaan urusan perorangan.
Walau begitu, beberapa bentuk kerja sama bersifat ilegal karena mengubah sifat akses orang lain pada sumber daya ekonomi atau lainnya. Sehingga, kerja sama dalam bentuk kartel bersifat ilegal, dan penetapan harga biasanya ilegal.
B.       Bentuk kerjasama
1.    Kerukunan. Bentuk kerjasama ini berbentuk gotong royong dan tolong menolong antar individu.
2.    Bargaining. Bentuk kerjasama ini merupakan perjanjian pertukaran barang atau jasa antara dua organisasi atau lebih.
3.    Kooptasi. Bentuk kerjasama ini merupakan proses penerimaan hal-hal baru dalam kepemimpinan dan pelaksanaan politik dalam suatu organisasi agar menjadi lebih seimbang.
4.    Koalisis. Bentuk kerjasama ini merupakan perpaduan antara dua organisasi atau lebih yan mempunyai tujuan yang sama.
5.    Joint Venture. Bentuk kerjasama ini terjadi dalam proyek-proyek besar utnuk menyukseskan suatu tujuan yang membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak dengan latar belakang yang berbeda.
C.      Manfaat
1.     Kerja sama mendorong persaingan di dalam pencapaian tujuan dan peningkatan produktivitas.
2.     Kerja sama mendorong berbagai upaya individu agar dapat bekerja lebih produktif, efektif, dan efisien.
3.     Kerja sama mendorong terciptanya sinergi sehingga biaya operasionalisasi akan menjadi semakin rendah yang menyebabkan kemampuan bersaing meningkat.
4.     Kerja sama mendorong terciptanya hubungan yang harmonis antarpihak terkait serta meningkatkan rasa kesetiakawanan.
5.     Kerja sama menciptakan praktek yang sehat serta meningkatkan semangat kelompok.
6.     Kerja sama mendorong ikut serta memiliki situasi dan keadaan yang terjadi dilingkungannya, sehingga secara otomatis akan ikut menjaga dan melestarikan situasi dan kondisi yang telah baik.

D.      Cara menumbuhkan kerjasama

1.    Membangun kepercayaan dan saling menghormati

Sebaiknya sebuah tim didirikan berdasarkan kepercayaan antar sesama yang kuat. Disamping itu setiap anggota tim akan lebih baik lagi jika saling menghormati posisi-posisi masing-masing. Mengapa? Dengan kuatnya saling rasa percaya dan saling menghormati maka akan mempermudah bekerja sama dengan sesama dan pemimpin dapat mendelegasikan tugas-tugas yang dapat dikerjakan oleh anggota timnya dengan baik.

2.    Mengatur ekspektasi bersama

Tentu setiap orang mempunyai semangat pencapaian karir yang berbeda, maka akan lebih baik menyelaraskan ekspektasi dalam tim. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa yang mereka harapkan dari setiap kegiatan bekerja sama dalam tim. Tentunya tak hanya mengatur ekspektasi saja, tetapi juga berusaha secara bersama-sama  memenuhinya.

3.    Pemimpin tim yang dapat memfasilitasi komunikasi diantara anggota tim

Hal ini penting untuk menciptakan atmosfir komunikasi yang terbuka, jujur dan saling menghormati. Setiap anggota tim berhak untuk mengekspresikan dirinya dalam bentuk pemikiran, opini, bahkan hingga solusi yang menjawab permasalahan yang ditemui kelompok. Mereka juga terbuka untuk mendengar dan didengarkan untuk memahami masing-masing buah pikiran. Selain itu, suasana keterbukaan dimana anggota tim  juga dapat mengajukan sejumlah pertanyaan untuk klarifikasi ide-ide yang dilemparkan. Hal ini justru lebih baik dibandingkan sikap mematahkan setiap ide yang muncul ke permukaan.

4.    Menanamkan sikap saling memiliki dalam kelompok (Sense of belonging)

Anggota tim yang telah mendapatkan ekspektasi dan komunikasi yang jelas mengenai tujuan grup akan memiliki komitmen akan tindakan dan aksi tim. Sikap saling memiliki akan semakin mendalam saat anggota tim menghabiskan waktu bersama mengembangkan norma atau panduan yang berlaku pada tim secara bersama. Selain itu, pemimpin tim sebaiknya mengikut sertakan anggota tim dalam proses pengambilan keputusan sebagai realisasi dari kerja sama tim bersama.

5.    Melihat sisi positif dari perbedaan pendapat

Perbedaan mendasar dari bekerja sama dengan bekerja sendiri adalah jumlah kepala yang menuangkan ide ke dalam pekerjaan. Perbedaan pendapat merupakan dua sisi pada koin, dapat dipandang sebagai hambatan atau sebagai manfaat. Sebaiknya kita memasang kacamata positif dalam memandang suatu fenomena dalam berinteraksi dengan sejumlah orang, hal ini berarti bahwa ada sudut pandang lain yang bisa dianggap sebagai kesempatan yang bisa ditelusuri dan digunakan untuk kepentingan badan.

6.    Pengkajian performa tim dan umpan balik

Setelah selesai kerja sama tim, jangan lupa untuk mengkaji ulang performa ekspektasi dan tujuan tim. Juga jangan lupa meminta umpan balik dari rekan-rekan tim kamu. Hal ini perlu untuk mengukur apakah pencapaian kinerja tim kamu. Nah, dari sinilah kamu bisa melihat ruang untuk memperbaiki kinerja untuk proyek tim selanjutnya. Disamping itu, setelah melihat kinerja tim, kamu bisa memberikan reward (hadiah) dan insentif seperlunya agar memotivasi seluruh anggota tim untuk kinerja yang lebih baik di masa depan dan sebagai bukti penghargaan atas kerja sama























Penilaian Proses


Hari/tanggal                :..........................................................
Kelas                           :..........................................................
Materi layanan            :.........................................................

Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai aspek afektif dan psikomotor siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
5  = Baik sekali, apabila Selalu melakukan sesuai pernyataan.
4  = Baik, apabila sering melakuakan ssesuai pernyataan
3  = cukup, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan
2  = kurang, apabila sesekali melakukan dan sering tidak melakukan sesua pernyataan.
1 = sangat kurang, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan

No
Aspek Pengamatan
Skor
Skor
1
2
3
4
5
1
Siswa terlihat bersemangat dalam mengikuti setiap tahap selama bimbingan klasikal berlangsung.






2
Siswa berani bertanya dan mengungkapkan pendapatnya.






3
Siswa mampu terlibat aktif selama layanan bimbingan klasikal.






4
Siswa bekerja sama dengan siswa yang lain dalam kelompok kerja sesuai dengan instruksi guru BK






5.
Siswa mampu menyelesaikan setiap penugasan yang diberikan.






6.
Metode dan  media yang digunakan menarik bagi siswa.






Jumlah Skor






Semarang, 09 Mei 2017
Guru BK


Supri Widyanto, S.Pd.



Kategori:
NILAI
KATEGORI
KLASIFIKASI SKOR
5
Sangat baik
26-30
4
Baik
21-25
3
Cukup
16-20
2
Kurang
11-15
1
Sangat kurang
6-10




. PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK ORGANISASI MURID
Hari, Tanggal Layanan            :  ........................................................
                        Jenis Layanan                          :  ........................................................
                        Pemberi Layanan                    :  ........................................................
                          
Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
No
Aspek
1
2
3
4
1
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami pentingnya kerjasama




2
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami manfaat kerjasama




3
Media yang digunakan menyenangkan




4
Setelah mengikuti layanan saya merasa senang




5
Saya senang mengikuti layanan ini karena prosesnya menyenangkan




6
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk selalu menjalin kerjasama




7
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk memperbaiki kelemahan dan mengembangkan kelebihan yang saya miliki




8.        Dari skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah pemahamanmu tentang materi yang telah dibahas dalam kegiatan layanan ini?, pilihlah angkanya.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Tidak
paham








Sangat
paham
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.        Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan? ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
                                                                                                  Semarang, 09 Mei 2017
                                                                                                               Peserta


                                                                                                ...........................................
                                                                                               



RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (PENGAJARAN PERBAIKAN)


Jenis Layanan                          : Layanan Informasi
Pelaksana                                : Guru BK
Pihak Terkait                           : -
Tempat, Waktu                       : Ruang Klasikal SMA N 1 Semarang
Sasaran Layanan                     : Organisasi Osis dan PMR
Lingkup Pembicaraan            
1.    Topik yang Dibahas           : Kerjasama
2.    Pembahasan                       :  -   Pengertian kerjasama
-     Manfaat kerjasama
-     Cara menumbuhkan kerjasama
Kejadian yang muncul            :
      


 Semarang, 09 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                             Guru BK


                                                        .










Perminan Stapping
Instruksi
1.    Peserta dibagi menjadi 2 kelompok
2.    Setiap kelompok harus berlomba mencapai garis finis terlebih dahulu
3.    Permainan dimulai dengan jarak masing-masing papan kerta 0,5 m, sebanyak 4 buah,
Permainan dinyatakan selesai jika salah satu kelompok