Senin, 19 Mei 2014

SATLAN BK i



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.        Judul Materi                         : Prasangka???,,,,,,gak ya !!!!!                               
B.         Bidang Bimbingan              : Bimbingan sosial
C.         Fungsi Layanan                   : Pemahaman dan pencegahan
D.        Komponen Program
dan Jenis Layanan              : Layanan pembelajaran
E.         Aspek Perkembangan     :  Memantapkan nilai-nilai dan cara bertingkahlaku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas.
F.         Rumusan Kompetensi     :  Memahami nilai-nilai dan cara bertingkah laku sosial dalam kehidupan sosial.
G.        Tujuan Layanan                  :  Memperoleh pemahaman mengenai prasangka dan dampak yang ditimbulkan.
H.        Sasaran Layanan                 :  Siswa kelas VIII
I.           Uraian Kegiatan                  :
1.    Strategi Layanan           : Bimbingan kelompok
2.    Metode                           : Diskusi, Tanya jawab,
3.    Materi layanan              : Terlampir
4.    Skenario kegiatan / Diskripsi Proses
TAHAP
KEGIATAN
ESTIMASI WAKTU
Pendahuluan
a. Guru Pembimbing membuka kegiatan layanan bimbingan klasikal dengan mengucapkan salam.
b. Guru Pembimbing mengecek / mengabsen kehadiran siswa.
c. Guru Pembimbing mengkondisikan kelas agar tenang.
5 menit
Kegiatan Inti
Menyampaikan materi tentang cara menghindari prasangka dan mengkaji akibatnya.
25 menit

Penutup
a. Siswa bersama Guru Pembimbing mengadakan tanya jawab.
b. Siswa bersama Guru Pembimbing menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
c. Guru Pembimbing menutup kegiatan layanan dengan mengucapkan salam.
10 menit

J.        Tempat Layanan                 : Ruang kelas
K.       Waktu                                    : 1 x 40 Menit
L.       Hari / Tanggal                       : Selasa,3 september 2013
M.    Pelaksana                              : Supri Widyanto
N.     Pihak yang Berperan        : Guru BK
O.     Biaya                                       : -
P.      Alat dan Perlengkapan    : Laptop, materi Prasangka
Q.     Rencana Penilaian             : Laiseg, Laijapen, Penilaian Proses.
R.      Rencana Tindak Lanjut     :  Memberikan layanan konsultasi kepada individu baik secara perorangan maupun kelompok, bagi siswa yang memerlukan.
S.       Rencana Evaluasi                :
Evaluasi Proses
1.       Dalam proses pemberian layanan siswa menunjukkan antusias dan banyak bertanya tentang makna dari prasangka.
2.       Siswa memahami layanan yang disampaikan oleh Guru Pembimbing.
3.       Menanyakan kembali kepada siswa diakhir sesi
                                                                                     Evaluasi Hasil
Mendata siswa yang secara tepat memahami materi yang disampaikan
T.       Catatan Khusus                   : -.
U.     Referensi                              :
.

                                                                                                                                                Sentolo, ....................  
         Guru Pembimbing                                                                                            Praktikan


        Rini  Siswanti, S.Pd.                                                                                   Supri Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003                                                                          NPM. 10144200270



MATERI
CARA MENGHINDARI PRASANGKA DAN MENGKAJI AKIBATNYA
A.      PRASANGKA
Prasangka adalah anggapan yang kurang baik yang berupa perasaan tidak simptik terhadap sesuatu ( orang, pekerjaan ) sebelum mengetahui sendiri.
Contoh :
1.       Anto menganggap bahwa seorang pelukis hidup tidak teratur, padahal anto belum pernah mengetahui sendiri bagaimana kehidupan seorang pelukis.
2.       Hamid menganggap bahwa karakter orang madura keras dan mudah marah, Padahal Hamid belum pernah mengetahui sendiri tentang orang madura.
Prasangka dapat mempengaruhi tingkah laku seseorang. Anggapan negatif atau kurang baik terhadap seseorang atau kelompok menimbulkan rasa tidak suka, tidak simpatik, bahkan memusuhi orang atau kelompok yang dikenai prasangka. Sikap tersebut merupakan sikap yang merugikan bagi kita dalam melakukan hubungan sosial.
B.      Terbentuknya Prasangka
Terjadinya prasangka tidak begitu saja secara otomatis, melainkan ada beberapa faktor yang menyebabkannya, yaitu:
1.       Orang berprasangka dalam rangka mencari “kambing hitam”
Contoh : pada saat anto mendapat nilai 5, dia tidak mau mengakui kesalahannya bahwa dia tidak belajar, tetapi iya mencari mencari kesalahan pada gurunya dengan menganggap guru tersebut tidak senang pada anto.
2.       Orang berprasangka dipengaruhi oleh linkungannya.
Contoh : melisa hidup dikota bersama keluarganya, keluarganya melarang melisa untuk bergaul dengan orang desa, karena menurut keluarganya orang desa itu tidak tau sopan santun. Anggapan itu tertanam pada diri melisa sejak kecil sehingga ia mengikuti anggapan tersebut. Pada saat ada teman baru di sekolah yang berasal dari desa , melisa tidak mau bergaul dengannya.
3.       Orang berprasangka karena mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan.
Contoh : suatu ketika ardi melihat pak alex, guru bahasa indonesia, marah kepada jeky dan menghukumnya.tanpa mengetahui sebabnya ardi langsung menganggap bahwa pak alex guru yang glak dan suka menghukum.
4.       Prasangka timbul karena adanya perbedaan yang menyebabkan perasaan superior, diantaranya
a.       Perbedaan fisik atau biologis
b.      Perbedaan lingkungan geografis
c.       Perbedaan kekayaan
d.      Perbedaan status sosial
e.      Perbedaan kepercayaan atau agama
f.        Perbedaan norma sosial



C.      Usaha untuk menghindari dan menghilangkan prasangka
1.       Usaha Preventif
Usaha agar seseorang tidak sampai terkena prasangka. Dapat ditempuh dengan cara menciptakan situasi atau suasana yang tentrm, damai, dan jauh dari perasaan bermusuhan. Sikap menerima orang lain dan mau bergaul dengan orang lain merupakan salah satu sikap yang tepat agar tidak terkena prasangka
2.       Usaha Kuratif
Yaitu merupakan usaha penyembuhan apabila kita sudah terkena prasangka. Usaha ini berupa penyadaran diri bahwa prasangka dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.dengan jalan memperkaya informasi mengenai obyek yang kita kenai prasangka mungkin kita akan lebih tau mengenai kebenaran dari apa yang ita pikirkan sebelumnya.

D.      Akibat prasangka
1.       Tidak mempunyai sahabat
2.       Mengalami kendala dalam belajar
3.       Gagal dalam mencapai cita-cita
4.       Menyebabkan permusuhan

















Penilaian
1.       Apakah anda pernah berprasangka terhadap orang lain?
.....................................................................................................................................................

2.       Buatlah 2 contoh prasangka yang pernah anda lakukan!
a.       ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
b.      ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................

3.       Apa usaha anda untuk mengetahui kebenaran anggapan anda terhadap orang lain?
a.
b.
c.
d.

4.       Apa yang anda lakukan jika dugaan anda terhadap orang lain keliru?

SATUAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK II



SATUAN LAYANAN
KONSELING KELOMPOK

A.    Topik Bahasan                        : Topik Bebas
Sub Pembahasan                     :
B.     Topik yang Muncul                 :
1.    Susah konsentrasi dalam belajar
2.    Sering mengantuk Saat pelajaran
3.    Kurang aktif mengikuti kegiatan disekolah terutama saat kegiatan dilaksanakan sesudah jam sekolah.
C.     Jenis Layanan                          : Konseling Kelompok
D.    Fungsi Layanan                       : Pemahaman,Penerapan, dan pengentasan
E.     Tujuan                                     :
1.    Siswa dapat menerapkan cara-cara agar lebih berkonsentrasi dalam belajar.
2.    Siswa dapat memperoleh pemahaman tentang konsentrasi
F.      Sasaran Layanan                     : Siswa Kelas VIII
G.    Uraian Kegiatan                      :
1.      Strategi Layanan               : Konseling Kelompok
2.      Metode                              : Diskusi dan Tanya jawab
3.      Skenario Layanan            :
a.       Tahap Pembentukan
Praktikan Menerima kelompok secra terbuka, berterima kasih, Berdoa bersama, Menjelaskan pengertian, tujuan, langkah kelompok, asas-asas, dan mendekatkan secara emosional tiap-tiap anggota kelompok.
b.      Tahap Peralihan
Menjelaskan Kegiatan Yang akan dilaksanakan dalam kelompok , Menanyakan kesiapan anggota, mengenali suasana kelompok, memberikan contoh-contoh masalah Pribadi yang bisa dibahas dalam konseling kelompok.
c.       Tahap Kegiatan
-       Mengaris bawahi masalah umum yang hendak disampaikan oleh anggota kelompok, dan memersilahkanmasing-masing anggota kelompok untuk mengemukakan permasalahan yang akan dbahas didalam diskusi kelompok.
-       Memilih/menetapkan masalaha yang akan dibahas yaitu masalah susah konsentrasi dalam belajar dan Sering Mengantuk Saan Pelajaran , selanjutnya membahas masalah tersebut hingga tuntas.
-       Selingan, selanjutnya membuat komitmen bagi anggota yang masalahnya dibahas, tentang apa yang akan dilakukan.
d.      Tahap Pengakhiran
Penjelasan bahwa kegiatan bimbingan akan diakhiri, masing-masing anggota memberikan kesan dan menilai kemajuan yang dicapai oleh masing-masing anggota, membahas kegiatan lanjutan, menampung pesan dan tanggapan anggota.



H.    Tempat Layanan                     : Masjid SMP Negeri 3 Sentolo
I.       Waktu Pelayanan                    : 1X60 Menit
Hari, Tanggal                          : Rabu, 25 September 2013
Semester                                  : 1 ( Ganjil )
Tahun Pelajaran                       : 2013/2014
J.       Biaya                                       : -
K.    Pelaksana                                : Supri Widyanto
L.     Pihak Yang Berperan              : Guru BK
M.   Alat dan Perlengkapan            : Alat tulis, Leptop, dan Materi.
N.    Rencana Penilaian dan            :
Tindak lanjut
1.      Rencana Penilaian             : Penilaian Segera
2.      Bentuk Penilaian               : Penilaian Proses
3.      Rencana tindak lanjut      :Membarikan layanan konsultasi kepada individu maupun kelompok bagi angota memerlukan
O.               
P.      Keterkaitan layanan dengan
Kegiatan Pendukung              :
Q.    Catata Khusus                         : Melihat Keaktifan siswa dalam pembahasana masalah
                Mengetahui                                                             Sentolo, ....................             
     Guru Pembimbing                                                                     Praktikan


    Rini  Siswanti, S.Pd.                                                            Supri Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003                                            NPM. 10144200270





PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Hari                             : Rabu
Tanggal                       : 25 September 2013
Kelas                           : VIII
Topik bahasan             : Belajar
Jenis Layanan              : Konseling Kelompok
Jumlah Peserta            : 6 Siswa ( daftar Terlampir )
Jalanya Pelaksanaan    :
a.       Tahap Pembentukan
Praktikan Menerima kelompok secra terbuka, berterima kasih, Berdoa bersama, Menjelaskan pengertian, tujuan, langkah kelompok, asas-asas, dan mendekatkan secara emosional tiap-tiap anggota kelompok.
b.      Tahap Peralihan
Menjelaskan Kegiatan Yang akan dilaksanakan dalam kelompok , Menanyakan kesiapan anggota, mengenali suasana kelompok, memberikan contoh-contoh masalah pribadi yang bisa dibahas dalam konseling kelompok.
c.       Tahap Kegiatan
-       Mengaris bawahi masalah umum yang hendak disampaikan oleh anggota kelompok, dan memersilahkan masing-masing anggota kelompok untuk mengemukakan permasalahan yang akan dbahas didalam diskusi kelompok.
-       Memilih/menetapkan masalah yang akan dibahas yaitu masalah susah konsentrasi dalam belajar dan Sering Mengantuk Saan Pelajaran, Selanjutnya membahas masalah tersebut hingga tuntas.
-       Selingan, selanjutnya membuat komitmen bagi anggota yang masalahnya dibahas, tentang apa yang akan dilakukan.
d.      Tahap Pengakhiran
Penjelasan bahwa kegiatan bimbingan akan diakhiri, masing-masing anggota memberikan kesan dan menilai kemajuan yang dicapai oleh masing-masing anggota, membahas kegiatan lanjutan, menampung pesan dan tanggapan anggota.
          Mengetahui                                                                   Sentolo, ....................             
     Guru Pembimbing                                                                     Praktikan


    Rini  Siswanti, S.Pd.                                                            Supri Widyanto
NIP. 19730414 199802 2 003                                            NPM. 10144200270