Senin, 12 Februari 2018

TEKNIK PENGAJARAN PERBAIKAN



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PENGAJARAN PERBAIKAN
SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018


A
Komponen layanan
Layanan dasar
B
Bidang layanan
Pribadi-Sosial
C
Topik layanan
Percaya diri
D
Jenis layanan
PKO
E
Fungsi layanan
Pemahaman dan pengembangan
F
Tujuan umum
Menampilkan keunikan diri secara harmonis dalam keragaman
G
Tujuan khusus
1.  Siswa mampu mencontohkan sikap percaya diri dalam kehidupan sehari-hari
2.  Siswa mampu mengembangkan sikap percaya diri dalam kehidupan sehari-hari.
H
Sasaran
Kelas X Mipa 5 – X IPS 3
I
Materi layanan
Cara mengembangkan sikap percaya diri.
J
Waktu
1 x 45 menit
K
Sumber
1.  E-book (self-confidence)
2.  Dimyati dan mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
L
Metode/teknik
Pengajaran  Perbaikan
M
Media/alat
Kartu tantangan, lcd, prezi, leptop
N
Pelaksanaan

1.    Tahap awal /pendahuluan


a.    Pernyataan tujuan
1)   Guru bk mengucapkan salam
2)    Guru bk mengecek kehadiran siswa
3)    Memimpin doa
4)    Memberikan apersepsi materi percaya diri
5)    Guru bk menyampaikan tentang tujuan yang akan dicapai dalam bimbingan klasikal

b.    Penjelasan langah kegiatan
Guru bk menjelaskan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung jawab siswa dalam mengikuti layanan klasikal pengajaran perbaikan

c.    Mengarahkan kegiatan (konsolidasi)
Guru bk memberikan penjelasan tentang materi yang akan dibicarakan.

2.    Tahap peralihan (transisi)
Guru bk  menanyakan kesiapan peserta didik untuk melaksanakan kegiatan, dan memulai ke tahap inti

3.    Tahap inti


a.    Kegiatan peserta didik
1)   Siswa mendengarkan penjelasan dari guru bk mengenai materi yang dibahas
2)   Mengambil kartu tantangan yang disediakan guru
3)   Siswa mengerjakan tugas sesuai arahan atau instruksi yang diberikan guru bk
4)   Siswa berperan aktif dalam mengerjakan tugas yang diberikan
5)   Memberikan masukan, kritik dan saran
6)   Siswa aktif dalam bertanya dan berpendapat
7)   Menyimpulkan

b.    Kegiatan guru bk
1)   Menjelaskan kembali tentang percaya diri
2)   Menggunakan media untuk menunjang materi layanan
3)   Membentuk kelompok, jumlah anggota menyesuaikan peserta.
4)   Menjelaskan cara kerja media
a)        Menginstruksikan peserta untuk secara bergantian maju kedepan mengambil kartu
b)        Setelah mengabil kartu peserta kembali ke tempat duduk masing-masing
c)        Kartu yang sudah diambil tidak boleh dibuka sebelum diperintahkan
d)       Setelah semua mendapatkan kartu, barulah peserta membuka kartu yang sudah diambil.
e)        Menginstruksikan peserta untuk mempersiapkan diri dan melaksanakan tantangan yang ada di kartu
f)         Waktu untuk persiapan sebelum maju adalah 5 menit
g)        Setelah waktu selesai, secara bergantian peserta maju menampilkan tantangan yang tertulis.
h)        Waktu penampilan maksimal 3 menit.
i)          Setelah semua peserta tampil, peserta lain diberikan kesempatan untuk tampil sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
5)   Menginstruksikan kepada peserta untuk mendiskusikan tentang apa yang bisa diambil dari media terkait materi percaya diri.
6)   Mempersilahkan perwakilan kelompok  untuk memaparkan hasil diskusi.
7)   Guru bk menjelaskan tentang bagaimana meningkatkan rasa percaya diri
8)   Guru bk bersama siswa menyimpulkan hasil pelaksanaan layanan dengan topik yang sudah dibahas

4.    Tahap penutup
a.  Guru bk memberikan penguatan/motivasi kepada siswa
b. Guru bk memberikan penilaian segera (laiseg)
c.  Guru bk merencanakan tindak lanjut
d. Doa penutup
e.  Guru bk mengakhiri dengan salam

O
Evaluasi


1.    Evaluasi proses
Guru bk menetapkan materi evaluasi proses yaitu keaktifan siswa selama kegiatan bimbingan klasikal berlangsung, secara kelompok.

2.    Evaluasi hasil
Guru bk memberikan evaluasi hasil untuk mengetahui pemahaman baru siswa, perasaan siswa mengikuti kegiatan bimbingan klasikal dan tindakan apa yang akan dilakukan siswa setelah mengikuti kegiatan bimbingan klasikal.
P
Tindak lanjut
a. Memberikan layanan lanjutan berupa layanan dasar yaitu bimbingan kelompok jika ada siswa yang kurang memahami topik pembahasan dengan memberikan topik yang sama maupun topik yang berhubungan dengan topik awal
b. Memberikan layanan lanjutan kepada siswa yang memperoleh perhatian khusus dengan konseling kelompok atau konseling individu.




Semarang, 31 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                             Guru BK















MATERI
CARA MENGEMBANGKAN RASA PERCAYA DIRI

Menurut Hakim (2002:170) cara-cara untuk dapat meningkatkan rasa percaya diri  adalah sebagai berikut: 
1.      Membangkitkan kemauan yang keras, 
Kemauan merupakan tenaga penggerak yang berasal dari dalam diri, yang diarahakan oleh pikiran dan perasaan mereka sendiri, Dorongan dapat juga dikatakan sebagai kehendak yang terarah pada tujuan-tujuan tertentu
2.      Biasakan untuk memberanikan diri, 
membiasakan diri untuk memiliki kemantapan hati dan optimis dalam menghadapi situasi sesulit apapun.
3.      Berpikir positif dan menyingkirkan pikiran negatif, 
adalah cara berpikir secara logis yang memandang sesuatu dari segi positifnya baik terhadap dirinya sendiri, orang lain, maupun keadaan lingkungannya, Sehingga, ia tidak akan putus asa atas masalah yang dihadapinya dan mudah dalam mencari jalan keluarnya.
4.      Biasakan untuk selalu berinisiatif, 
merupakan kemampuan seseorang untuk mencipta, menghasilkan sesuatu yang baru/asli untuk dapat digunakan untuk kepentingan sendiri ataupun orang lain.
5.      Selalu bersikap mandiri: mau belajar dari kegagalan, 
Mampu mengatur diri dengan baik, menyelesaikan masalah yang dihadapi dan bertanggung jawab atas keputusan yang diambil melalui berbagai pertimbangan.
6.      Tidak mudah menyerah,
tidak ada hal yang mudah untuk dicapai, semua itu butuh kesabaran dan kerja keras, ujung keberhasilan manusia tidak ada yang tau, yang harus kita lakukan adalah  berusaha dan berusaha.
7.      Bersikap kritis dan objektif, 
Kritis yang dimaksud dalam uraian ini artinya ketika melihat data, tidak langsung menggunakan data itu dalam pembahasan. Tetapi pelajari dulu, apakah data itu logis, rasional, masuk akal, ada dukungan informasinya yang relevan.

Objektif dimaksudkan bahwa keadaan yg sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan
8.      Pandai membaca situasi,
Situasi tidak selamanya sesuai dengan apa yang
kita harapkan, membaca secara seksama keadaan lingkungaan akan sangat membantu kita dalam menjalin interaksi yang baik dan kita dapat tampil percaya diri.
9.      Berprestasi
Dengan berprestasi, secara tidak langsung kita termotivasi bahwasanya kita memiliki suatu kemampuan yang lebih dan hal itu membuat kita tampil percaya diri.






















Penilaian Proses

Hari/tanggal                : Rabu/30 Mei 2017
Kelas                           : X Mipa 5
Materi layanan            : Percaya Diri

Petunjuk:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai aspek afektif dan psikomotor siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
5  = Baik sekali, apabila Selalu melakukan sesuai pernyataan.
4  = Baik, apabila sering melakuakan ssesuai pernyataan
3  = Cukup, apabila kadang-kadang melakukan sesuai pernyataan
2  = Kurang, apabila sesekali melakukan dan sering tidak melakukan sesua pernyataan.
1  = Sangat kurang, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan


Kel
Nama
Bersemangat
Berani bertanya
Terlibat aktif
Kerjasama
Menyelesaikan tugas
Skor
1





















































2

















































3

















































4

















































5



















































Kategori:
NILAI
KATEGORI
Text Box: Semarang, 31 Mei  2017
Guru BK




Supri Widyanto, S.Pd.
             NIM
Semarang, 09 Mei 2017

KLASIFIKASI SKOR
5
Sangat baik
26-30
4
Baik
21-25
3
Cukup
16-20
2
Kurang
11-15
1
Sangat kurang
6-10
















PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PENGAJARAN PERBAIKAN

Hari, Tanggal Layanan            :  Rabu, 31 Mei 2017
                        Jenis Layanan                          :  Penguasaan Konten
                        Pemberi Layanan                    :  Guru BK
                          
Pilihlah salah satu jawaban dibawah ini yang sesui dengan keadaan anda, dengan cara menyilang salah satu angka.
a.    Pilihan 4 untuk Sangat Sesui
b.    Pilihan 3 untuk Sesuai
c.    Pilihan 2 untuk Kurang Sesuai
d.   Pilihan 1 untuk Tidak Sesuai

No
Aspek
Pilihan
1
Setelah mengikuti layanan ini saya memahami pentingnya rasa percaya diri
1
2
3
4
2
Setelah mengikuti layanan ini saya mampu mencontohkan sikap percaya diri dalm kehidupan sehari-hari
1
2
3
4
3
Media yang digunakan menyenangkan
1
2
3
4
4
Setelah mengikuti layanan saya merasa senang karena diberikan kesempatan untuk berpendapat
1
2
3
4
5
Saya senang mengikuti layanan ini karena prosesnya menyenangkan
1
2
3
4
6
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk selalu percaya diri
1
2
3
4
7
Setelah mengikuti layanan saya berusaha untuk memperbaiki kebiasaan malu-malu dan lebih percaya diri
1
2
3
4
8.        Dari skala 1 sampai 10 pada posisi berapakah pemahamanmu tentang materi yang telah dibahas dalam kegiatan layanan ini?, pilihlah angkanya.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Sangat Tidak
paham








Sangat
paham
Alasan:...................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
9.        Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin anda sampaikan  kepada pemberi layanan? ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................
                                                                                                Semarang, 30 Mei 2017
                                                                                                             Peserta

                                                                                          ....................................

RESUME KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL (PENGAJARAN PERBAIKAN)

Jenis Layanan                          : Penguasaan Konten
Pelaksana                                : Guru Bk
Pihak Terkait                           : -
Tempat, Waktu                       : Ruang klasikal SMA N 1 Semarang
Sasaran Layanan                     : Siswa kelas X Mipa 5 daan X Ips 3
Lingkup Pembicaraan            
1.    Topik yang Dibahas           : Percaya Diri
2.    Pembahasan                        : Cara meningkatkan percaya diri
Kejadian yang muncul            :
      


Semarang, 31 Mei 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                             Guru BK