Sabtu, 30 Maret 2013

29032013

usang...
terliha kusut lembaran baruku, menghiasi setiap halaman yang aku buka, begitu mengharukan.
walau begitu rasa tertarik untuk membuka kembali, membaca setiap kata yang terukir. ternyata memang benar, begitu banyak cerita yang tertulis didalamnya, terlukis di atas berlembar kertas, rentetan yang sanggup membawa diriku kembali tepat dimana saat itu aku melukis.
tersenyum .......
lucunya aku saat itu, lugunya perasaanku kala itu, namun akuaku senang bisa mengingat kembali masa itu...
sampai kini tak bosan aku membuka, membuka dan membuka kembali album kisah hidupku dengan penuh penghayatan...
aku bahagia walau berjalan lurus mendekap kesunyian  karna saat ini aku memang begini !!!!!
dan aku melihat setitik terang cahaya yang mungkin sinarmu!!!!!!!

# 29-03-2013.


hari ini

banyak cerita yang aku alami hari ini !!!!!
begitu banyak pelajaran yang aku ambil !!!!!!
terima kasih tuhan !!!!!
yang terbaik menurut aku, ternyata bukan yang terbaik menurutmu !!!!!!

darahku naik ketika aku berjalan sendiri, tak tau pasti sebab dari itu !!!!
lumayan Q menemukan cara baru untuk menyalurkan emosiku !!!!!
dengan segenap kekuatan sadarku.......

dan sementara ini aku merasa berhasil, walau sakit tapi aku senang !!!!!
aku lebih bisa mendefinisikan imajinasi dari pada sekedar kata mimpi, khayalan, ataupun Delusi....
booleh jika pemikiranku itu tidak Rasional, pemikiran dari seorang pecundang yang selalu merindaukan keperkasaan masa lalu !!!!....

#tersenyum lebar !!!
# aku tahu udara itu tidak selalu segar !!!!!!!

Rabu, 27 Maret 2013

Senin, 25 Maret 2013

pas

terima kasih bintang !
aku tau maksud ungkapan hatimu, tanpa kau berbicara pun Q sudah mengerti,
kejarlah impian nuranimu !!!
gapaiLah angan indahmu !!!
aku rasa semakin aku berupaya, semakin indahmu sulit untuk ku raih !!!
alhasil kecewa melanda.
salahku memang jika demikian.
maaf !!!!!

latar belakang diperlukannya layanan konseling TRAUMATIK



A. Pendahulian
      krisis ekonomi yang dialami oleh bangsa indonesia telah menimbulkan krisis diberbagai aspek, seperti timbulnya konflik, kerusuhan, dan tindakan kekerasan.
      kondisi seperti ini menurut durkhiem disebut sebagai keadaan anomi yang ditandai oleh tidak adanya tatanan nilai aturan - aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
pengalaman - pengalaman pahit dimasa lalu akan menjadi sebab trauma psikologis yang mendalam dan berkepanjangan bagi korban. dilihat dari perspektif pendidikan dan perkembangan manusia,  konflik dan kerusuhan yang terjadi di indonesia merupakan peristiwa kehidupan yang berpengaruh terhadap perkembangan mental dan psikososial bagi individu yang mengalaminya.
pengalaman traumatik berdampak luas, bukan hanya pada aspek fisik, tetapi juga pada aspek perilaku, emosional, dan psikososial.
masalah sosial itu sendiri merupakan sesuatu ketidak sesuaian antara unsur budaya dan masyarakat, yang membayangkan kehidupan kelompok sosial.
Dalam jangka panjang, masalah trauma dengan masa lalu yang dihadapi dalam kehidupan korban akan mempersulit penyesuaian dan menggangu perkembangan sosialnya.
        masalah sosial disebabkan oleh 4 faktor, yaitu :
        1. faktor ekonomi : kemiskinan, pengangguran
        2. faktor budaya : kenakalan remaja, budaya
        3. faktor biologis : penyakit menular, keracunan makanan
        4. faktor psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat
menurut Green ( dalam rusmana 2008 ), kegagalan coping dan adaptasi terhadap pengalaman traumatik akan  menimbulkan efek bola salju yang luas dan mendalam, berjangka panjang, dan mungkin tidak dapat di ubah. bahakan pada bentuk yang paling ekstrem akan mengakibatkan deprivasi sosial.

dalam melakukan konseling traumatik peran seorang konselor sangatlah mendominasi,baik itervensi maupun hal lain.
fairbank mengusulkan model intervensi melalui 4 tahap, yaitu :
1. tahap societal
    mencakup : kebijakan umum dan keamanan umum.
2. tahap community
    mencakup : pendidikan untuk masyarakat dan pemeliharaan kesehatan bagi keluarga.
3. tahap Famili
    mencakup : jejaring keluarga kelompok penolong diri sendiri dan kesehatan mental
4. tahap individul
    mencakup : pengobatan tradisional dan perawatan kesehatan mental

B. Perlunya layanan konseling traumatik
    kegagalan coping dan adaptasi akan menimbulkan dampak yang fatal,maka diperlukan pihak lain yang sebagai penyalur komunikasi diantara para korban. pihak tersebut diharapkan dapat membangun komunikasi dan mengurangi beban mental trauma yang dialami.
ada 2 kemungkinan layanan konseling traumatik bantuan yang dapat diterapkan untuk mengatasi pasca trauma, yaitu :
    1. rekonstruksi psikologis melalui bantuan yang mengatasi masa lalu
    2. rekonstruksi sosial melalui pemulihan hubungan

C. Layanan Konseling Sebagai Upaya Dalam Menangani Korban Trauma
     salah satu strategi penanganan terhadap korban yang mengalami trauma adalah menggunakan pendekatan konseling dalam bentuk Individual Readjustment Counseling yang bertujuan untuk membantu korban mengenali sindrom pasca trauma dan memberikan keterampilan pemecahan masalah ( New Coping Skills )serta Structured Group Counseling yang bertujuan untuk membekali seseorang dengan keterampilan hidup ( life Skills )melalui dukungan dari sebaya.
     Alasan konseling ditempatkan sebagai bagianstrategi penanganan korban trauma, yaitu :
     1. keberadaan layanan konseling merupakan konsekuensi logis dari esensi pendidikan itu sendiri.
     2. Realitas baru menunjukkan bahwa profesi konseling makin terbuka, independent, dan interconnected.


Secara Garis Besar
Latar belakang diperlukannya konseling traumatik adalah karena adanya gangguan peristiwa trauma terhadap segala permasalahan yang dialami oleh seseorang individu, baik yang berasal dari faktor ekonomi, budaya, biologis, dan psikologis. oleh sebab itu kesulitan dan penderitaan ysng dialami membutuhkan penanganan langsung untuk pemulihan kearah kehidupan yang normal, serta perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan untuk terjadinya hambatan-hambatan psikologis dan psikososialnya.

Minggu, 24 Maret 2013

evaluasi bimbingan dan konseling

MAKALAH EVALUASI BIMBINGAN DAN KONSELING
Tugas Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan
Dosen Pembimbing : Dra.Ika Ernawati, M.pd






Disusun Oleh :
Supri Widyanto                                   10144200270
Eko Warno                                          10144200274
Mila Ambarini                                     10144200309
Masrukhatunnisa                                 10144200277
Agus Setyawan Dwi S                        10144200271
Eli Tri Puji Astuti                                10144200275
Sri Utami                                             10144200278
Dewi Wulandari                                  10144200279

PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2012

ini hari minggu

hari itu begitu indah ntuk dilupakan, kenangan yang mengawali sederet cerita nyata yang teramat dalam untukku renungkan.hari dimana rentetan kata mulai ku sambungkan mewakili kegelisahan hati yang tak kunjung dapat aku temukan cerca terang. waktu adalah saksi bisu atas segala upaya nyata jiwa haus ini, dan waktu lah yang dapat menjelaskan niat yang teramat sangat ini.
bukan sekedar ingin membuat semua yang telah usai terukir kembali, tapi aku hanya ingin sesuatu yang telah usai menjadi tempat berpijak lembaran baru yang aku impikan .
jika diri ini lelah mungkin akan menyerah melihat indah surgaku mengalir menjauh, tapi untuk masa ini aku takkan berhenti, karna nuraniku begitu yakin dan begitu berdosa jika aku harus menyembunyikan bahkan berkata tidak akan kebenaran nyata yang aku alami.
aku curahkan segenap asaku padamu tuhanku !...
jika itu semua hanyalah mimpi akupun akan berusaha untuk mengerti karna aku hanyalah manusia biasa yang menjalani hidup ini dengan mimpi..

tuhan aku tau tak akan ada yang tak mungkin bagimu !!!
tak ada yang tak bisa olehmu !!!!
kabulkan lah rentetan do'a atas jeritan hati yang teramat dalam ini !!!!

tuan,, rasaku ini nyata 
jika tuan tau seberapa rasa ini, mungkin tuan juga akan mengerti mengapa aku berusaha untuk terus berjalan meski tertatih..

ya tuhan kuatkanlah langkah kaki ini, agar aku bisa untuk terus berusaha mengejar surgaku !!!


tugas perkembangan anak SD dan TK


Tugas perkembangan anak SD
Menurut kajian Psikologi tugas perkembangan anak usia sekolah dasar meliputi :
A. Perkembangan kognitif.
1.      Pengurutan,mampu untuk mengurutan objek menurut ukuran, bentuk, atau ciri lainnya.
2.       Klasifikasi,mampu untuk memberi nama dan mengidentifikasi benda
3.       Decentering,mempertimbangkan beberapa aspek untuk memecahkan masalah.
4.       Reversibility, memahami bahwa jumlah atau benda-benda dapat diubah, kemudian kembali ke keadaan awal.
5.       Konservasi,memahami bahwa kuantitas, panjang, atau jumlah benda-benda adalah tidak berhubungan dengan pengaturan atau tampilan dari objek atau benda-benda tersebut.
6.       Penghilangan sifat Egosentrisme—kemampuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain
B. Perkembangan Moral
1.        ( usia 6 sampai9 tahun) menempati posisi apa untungnya buat saya, perilaku yang benar didefinisikan dengan apa yang paling diminatinya. Penalaran tahap dua kurang menunjukkan perhatian pada kebutuhan orang lain, hanya sampai tahap bila kebutuhan itu juga berpengaruh terhadap kebutuhannya sendiri.  semua tindakan dilakukan untuk melayani kebutuhan diri sendiri saja.
2.        ( Usia 9 – 12 tahun)seseorang memasuki masyarakat dan memiliki peran sosial. Individu mau menerima persetujuan atau ketidaksetujuan dari orang-orang lain karena hal tersebut merefleksikan persetujuan masyarakat terhadap peran yang dimilikinya. Mereka mencoba menjadi seorang anak baik untuk memenuhi harapan tersebut, karena telah mengetahui ada gunanya melakukan hal tersebut. Penalaran tahap tiga menilai moralitas dari suatu tindakan dengan mengevaluasi konsekuensinya dalam bentuk hubungan interpersonal, yang mulai menyertakan hal seperti rasa hormat, rasa terimakasih, dan golden run.
C.  Perkembangan mental emosional dan social anak usia sekolah dasar tugas perkembangannya yaitu :
1.   Melalui interaksi sosial, anak-anak mulai mengembangkan rasa bangga dalam prestasi dan bangga pada kemampuan mereka.
2.   Anak-anak yang didorong dan dipuji oleh orang tua dan guru mengembangkan perasaan kompetensi dan kepercayaan keterampilan mereka. Mereka yang menerima sedikit atau tidak ada dorongan dari orangtua, guru, akan meragukan kemampuan mereka untuk menjadi sukses.                                           
3.   Mereka yang layak menerima dorongan dan penguatan melalui eksplorasi pribadi akan muncul dari tahap ini dengan perasaan yang kuat tentang diri dan rasa kemerdekaan dan kontrol. Mereka yang tetap yakin dengan keyakinan dan keinginan mereka akan tidak aman dan bingung tentang diri mereka sendiri dan masa depan.
D. Perkembangan Psikomotor anak usia sekolah dasar pada perkembangannya mencakup Mampu melompat dan menari
-        Menggambarkan orang yang terdiri dari kepala, lengan dan badan
-        Dapat menghitung jari – jarinya
-        Mendengar dan mengulang hal – hal penting dan mampu bercerita
-        Mempunyai minat terhadap kata-kata baru beserta artinya
-        Memprotes bila dilarang apa yang menjadi keinginannya
-        Mampu membedakan besar dan kecil
-        Ketangkasan meningkat
-        Melompat tali
-        Bermain sepeda
-        Mengetahui kanan dan kiri
-        Mungkin bertindak menentang dan tidak sopan
-        Mampu menguraikan objek-objek dengan gambar
Kegagalan mencapai tugas-tugas perkembangan ini akan melahirkan perilaku yang menyimpang (delinquency). Penyimpangan yang terjadi pada anak yang berusia sekolah dasar antara lain;
1.      Suka membolos dari sekolah
2.      Malas belajar
3.      Keras kepala


Tugas pekembangan anak TK
Menurut Carolyn Triyon Dan JW Lilienthal (Hildebrand, 1986: 45) adalah sebagai berikut:
a)  Berkembang menjadi pribadi yang mandiri. Anak belajar untuk berkembang menjadi pribadi yang bertanggung Jawab Dan dapat memenuhi kebutuhannya segala sendiri sesuai artikel baru tingkat perkembangannya di usia Taman Kanak-Kanak .
b) Belajar memberi, berbagi dan memperoleh kasih sayang. pada masa kanak-kanak taman inisial anak belajar untuk dapat hidup dalam, Pelanggan Customers yang lebih Luas yang tidak hanya terbatas pada pelanggan Customers keluarga saja, dalam, masa inisial anak belajar untuk dapat saling memberi dan berbagi dan belajar memperoleh Kasih sayang bahasa dari sesama illustrasi lingkungannya.
c)  Belajar bergaul artikel baru anak berbaring. anak belajar mengembangkan kemampuannya untuk dapat bergaul dan berinteraksi artikel baru anak dalam, pelanggan customers lain di luar pelanggan customers keluarga.
d) Mengembangkan diri pengendalian. pada masa inisial anak belajar untuk bertingkah laku Sesuai artikel baru tuntutan lingkungannya. Anak belajar untuk Mampu mengendalikan dirinya illustrasi berhubungan artikel baru orangutan berbaring. pada masa inisial anak juga Perlu menyadari bahwa Apa Yang Akan dilakukannya menimbulkan konsekuensi Yang harus dihadapinya.
e) Belajar bermacam-macam Peran Masyarakat Dalam, orangutan.
anak belajar bahwa kehidupan bermasyarakat Illustrasi ADA berbagai hormone hormon pekerjaan Yang dapat dilakukan Yang dapat menghasilkan sesuatu Yang dapat memenuhi kebutuhannya Dan dapat menghasilkan Jasa Lain BAGI orangutan.Contoh, seorang Place & Mengobati Sakit orangutan, guru Mengajar Anak-anak di kelas, pak Polisi mengatur Lalu Lintas, Dan Lain sebagainya.
f) Belajar untuk Mengenal tubuh masing-masing. PADA Masa inisial Anak Perlu mengetahui berbagai anggota tubuhnya, APA fungsinya Dan bagaimana penggunaannya. Contoh, mulut untuk berbicara Makan Dan, telinga untuk mendengar, mata untuk melihat Dan sebagainya.
g)  Belajar menguasai ketrampilan motorik Halus Dan Kasar. Anak Belajar mengkoordinasikan otot-otot Yang ADA PADA tubuhnya, BAIK otot Kasar maupun otot Halus. Lingkungan kegiatan Yang memerlukan koordinasi otot Kasar diantaranya berlari, melompat, menendang, menangkap bola Dan sebagainya.Sedangkan lingkungan kegiatan Yang memerlukan koordinasi otot Halus adalah pekerjaan melipat, menggambar, meronce Dan sebagainya.
h) Belajar Mengenal Pelanggan Customers fisik Dan mengendalikan. PADA Masa inisial diharapkan Anak Mampu Mengenal Benda-Benda Yang ADA di Customers, Dan dapat menggunakannya secara tepat. Contoh, Anak Belajar Mengenal ciri-ciri Benda berdasarkan ukuran, bentuk, Dan warnanya. Selain Bahasa Dari ITU, Anak dapat membandingkan Satu Benda Artikel Baru Benda Lain berdasarkan ciri-ciri Yang dimiliki Benda nihil.
i)   Belajar menguasai kata-kata Baru untuk memahami Anak / orang Lain. Anak Belajar menguasai berbagai kata-kata Baru BAIK Yang berkaitan Artikel Baru Benda-Benda Yang ADA di Sekitarnya, maupun berinteraksi Artikel Baru lingkungannya.
Contoh, Anak dapat menyebutkan NAMA suatu Benda, atau mengajak Anak Lain untuk bermain, Dan sebagainya.
j) Mengembangkan perasaan positif Illustrasi berhubungan Artikel Baru Pelanggan Customers. PADA Masa inisial Anak Belajar mengembangkan perasaan Kasih sayang terhadap apa-APA ADA Yang Illustrasi Pelanggan Customers, seperti PADA Teman Sebaya, saudara, Binatang kesayangan atau PADA Benda-Benda Yang dimilikinya.

kekerasan terhadap anak



A.      Latar belakang masalah
       Sebagaimana yang telah di ketahui bahwa tindakan kekerasan terhadap anak pada saat ini sangat meluas, baik itu kekerasan dalam keluarga maupun pendidikan.biasanya pelaku kekerasan dalam keluarga adalah orang tua,sedangkan dalam pendidikan biasanya di lakukan oleh oknum guru kepada muridnya.Dengan berbagai alasan mereka melakukan tindakan kekerasan yang secara di sadari atau tidak di sadari dapat menimbulkan dampak yang sangat besar pada kondisi kejiwaan anak.tindakan kekerasan yang terjadi biasannya tindak kekerasan yang nampak dan tidak nampak, dalam arti kekerasan yang nampak adalah kekerasan terhadap fisik anak dan kekerasan tidak nampak adalah kekerasan yang terjadi pada psikis anak.
         Budaya kekerasan (violence) yang berkembang dalam masyarakat juga berpengaruh besar. Praktik, teladan, atau perilaku kekerasan yang di pertontonkan oleh aparat ( misalnya : oknum polisi yang menyiksa dalam proses penyidikan ),media cetak atau elektronik (berita-berita kriminak, cerita atau film yang menonjolkan kekerasan) jelass ikut berkontribusi dalam “mengarahkan” tindakan para orang tua untuk melakukan hal yang sama (kekerasan).karena kekerasan menjadi sesuatu yang terus “mengejala”, maka walhasil menjadi semacam culture, sehingga secara awah sadar sedikit demi sedikit, lama kelamaan, masyarakat menganggapnya sebagai kelumrahan atau kewajaran yang tak perlu di permasalahkan.Apa lagi jika kemudian praktik kekerasan terhadap anak berlindung di balik jubah “dalam rangka pendidikan”, ”dalam rangka pendisiplinan”, dan sejenisnya. Padahal, atas nama apapun dan demi apapun, kekerasan terhadap anak tidak seyogianya terjadi, dan atas nama hukum pelakunya haris di beri sanksi sesuai aturan atau hukum yang berlaku.

Jumat, 22 Maret 2013

ilusi

ya tuhan !!!!!
apa yang terjadi dengan ku, begitu yakin kah akan semua yang terjadi tanpa tau makna yang tersirat sebenarnya didalam sebuah replika jiwa.
ilusiku berkata lain akan hal itu,hal yang secara jujur aku yakini, tapi kembali lagi realita tak sedikitpun mengarah kesana.
ternyata langkah itu tak semudah yang aku bayangkan, garis-garis ingatan itu begitu lekat dengan ingatan laluku.
terlalu lebih memaknai sebuah senyuman, yang sebenarnya hanyalah sebuah halauan.
indah memang jika menengok insidan dalam setiap mimpi yang hadir dalam bawah sadarku, begitu dekat, begitu lekat, dan begitu nyata.
itulah sebabnya mengapa aku begitu yakin. ternyata insiden itu hanyalah sebuah penghias malam ku !!!
cukup bahagia seketika itu, tapi begitu rapuh kembali jika aku melihat ujud nyata yang terjadi di dunia nyataku.
mungkin segenap jiwaku sunguh-sungguh menikmati ilusiku, ilusi yang sebenarnya hanya akan membuat aku semakin dan semakin lemah !!!

# جديس بنجكاب كافين

interview



MAKALAH
INTERVIEW
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Praktikum Pemahaman Individu Teknis Non Tes
Dosen Pengampu  : Dra. Suharni M.Pd







FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2011


Rabu, 20 Maret 2013

ingatan usang !!!!

coba saja kau jadi aku !!!
haduhhh masih saja ku galau kalo liat cmc ke dia....
seakan dunia ini milik kita ber tiga,
aku, kamu, dan mantanmu....
hahahahaha...

disaat kita telah lama bersama saja,
kamu masih seperti itu !!!
candamu bikin rasaku gak karuan....
dan aku berfikir 
jika masihada yang lebih baik dariku !!!

jujurku katakan apa yang aku rasakan saat ini..
kaulah cinta pertamaku yang
bukan sekedar cinta monyet !!!!
rasaku ini bisa abadi buat kamu
jika tidak kau lukai
tp bila rasa ini dihianati
lukanya pun tak akan sembuh selamanya..

maaf mungkin bisa ku berikan 
tapi luka itu tetap masih ada
seperti apa yang kamu rasakan dulu..

mungkin kamu malah akan ketawa jika melihat atau membaca ini !!!
tp gpp kalo kamu ketawa karena tau betapa aku 
sungguh-sungguh cinta kamu, bukan ketawa karena telah mengingatkan kamu
tentang dia !!!
tp kalo iya jg gpp,itu adalah rasa yang bebas
keluar dari hatimu..

aku akan tegar sampai semampuku !!!!






# halaman usang ku dulu !!!!
# hasyeeeek !!!!!    

express the imagination into a virtual painting



and I believe the magic of love!!!
magic that can change the direction of the eye can see
miracle can change the direction of walking exercise

although sometimes it is difficult to assess,
but I was so keen to be in a difficult position,

lidak can not take responsibility for words,
sincerity will shine from suryaku senses,

hantuilah way!!!
I'm happy with this situation,

chirping of the world are so convinced,
This taste like powdered mesiau that while'' could flare

honesty is difficult to cover,
and
lies will soon shine clear,

his mind should allow me to choose!!!
I should not allow his mind to think!!!
because do not know anymore if I have to endure this kind beyond!!!!


a little crazy with two latitude inspiration!!!

and it is real!!!!

like what I described at this time!

# Express the imagination into a virtual painting!
further!!!!!

Senin, 18 Maret 2013

numpang curhat

aku menilai keindahan yang kulihat bukan tanpa alasan !!!!
keindahan itu murni terpancar dari dalam nuranimu !!!!
sungguh bahagia diri ini dapat menikmati indah nirwana raga suci 

cukup hanya melihat saja ??
egois memang, nuraniku melihat lain
ingin untuk dapat melihat lebih dalam
namun apa daya semua itu hanyalah angan sia belaka
yang sulit sungguh untuk nyata !!!
karna semua itu mengandung makna yang teramat dalam
untuk bisa mendalami
menyeberangi lautan  luas laksana pasifik
wow....
karena terbiasa dengan tatap itu
tak cukuplah jika
hanya sebatas itu, MENURUTKU tApi !!!!!!
gila memang
jika harus ku gantungkan semua mimpi itu
di dinding kamarku
karna begitu indah untuk aku letakkan begitu saja disana
meskipun dapatku pandangi tiap detik waktuku
tapi mungkin jiwa ini akan merasa berarti jika mimpi itu aku satukan dengan hatiku
hati yang penuh harap dewasa dan penuh arti
arti dari segenap rasa yang selama ini aku ingini
terserah apa kata dunia, dunia yang menilai semua itu terlihat aneh
aneh untukku dapat menjalani kehidupan nuraniku yang sebenarnya karena melihat Posisiku !!!
Benar memang jika ditempatku berdiri ada secercik harapan baru
yang mungkin bisa mengubah arti hidupku
menuju puncak dimana hatiku merdeka !!!!
tapi disatu sisi aku melihat ada ikatan yang memaksa untuk tetap tinggal,
tinggal didalam keheningan yang sempurna !!!

# lihatlah kesungguhan nuraniku
danjangan kau lihat posisiku saat ini !!!!
aku percaya jika suatu saat mimpi ini akan terwujud !!!
atas nama ketulusan  Aku Percaya !!!!

waktu atau tidak sama sekali

kini !!!!!
begitu jelas aura nyata indah cipta
begitu sempurna kurasa berbeda 
nampak hilir mudik menghiasi indraku

unik memang !!!
tak bisa kujelaskan dengan indra suaraku 
begitu sulit lidahku mengecap rasa itu
nuansa yang hadir sama seperti saat itu
saat dimana raga ini yakin akan hadirnya bintang tunggal penuh warna 

tak bosan aku sempatkan untuk menilik 
cerah pesonamu
yang selalu kau tampakkan saat harimu
nampaknya tiada hari untukku selain RINDU !!

walau !!!!!
hadirmu dulu hanya sepintas 
namun sanggup membuat  ingatan ini begitu abadi
inikah cinta ????
ataukah hanya pikiraan sesaat !!!!!
tak tau aku !
naluriku memaksa untuk bimbang !!
dua pasang bola mata yang begitu nyata dalam hariku
dimana hatiku sebenarnya ??

pilihan itu ada !!
tapi sampai saat ini aku tak tahu!!!

lancang memang !!!
ketika aku mendesak masuk 
masuk kedalam kehidupan yang
bahkan aku sendiri menilai bukan duniaku
tapi akumemang egois !!!!
tak apalah !!!!
aku tidak menyerah
sebatas aku masih yakin 

kuserahkan padamu dan ku burharap padamu !!!

SANG WAKTU !!!!

Minggu, 17 Maret 2013

mimpi

Βenarkah jika cinta itu hanyalah sebatas angan untuk di impikan?????aneh mungin bagi khalayak yang tau akan hal initerlebih jika kerinduan akan sosok nyata impian itu hadirberat ku rasa sungguh !

seandainya aku tau jika pilihan itu akan terjadi dikemudian hari mungkin takkan pernah aku meraih sesuatu yang baru،kebohongan tak dapat aku sembunyikan lagi !!

seiring berjalannya waktu, kininampaklah jelas itu IMPIANku !aneh memang aku merasa sakit dengan laku dulu itutapi saat sekarang ini justru nurani ku tak dapat merasakan nyayang aku tahu hanyalah laku yakinmu yang begitu memikat kalbuku !!!

tuhan pasti tau apa yang aku rasakan saat ini !


disaat gambar manjamu menghiasi jejaring, senyum lincahmu mewarnai dunia barubegitu indah untuk selalu ku nikmati !


akankah kaMu gadis impian kecilku??apakah kaMu patahan tulang rusukku?

TUHAN....

bantu aku !!!!!rencanamu begitu indah, tapi untuk saat ini aku berdiri diantara keyakinan dan Impian !!!

TUHAN....

jika mimpiku itu adalah yang terbaik untuk harikumaka dekatanlah duniaku dengan nuraninya !!!                     tapi jika mimpiku hanyalah sebatas angan yang melintas sesaatmaka hapuskanlah mimpi-mimpi yang telah menghipnotisku !!!!


bimbingan dan konseling

PENGERTIAN BIMBINGAN DAN KONSELING :
A. Bimbingan :

menurut Abu Ahmadi (1991: 1), bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu (peserta didik)     
agar dengan potensi yang dimiliki mampu mengembangkan diri secara optimal dengan jalan memahami diri, memahami lingkungan, mengatasi hambatan guna menentukan rencana masa depan yang lebih baik.

Sementara Bimo Walgito (2004: 4-5), mendefinisikan bahwa bimbingan adalah bantuan atau pertolongan yang diberikan kepada individu atau sekumpulan individu dalam menghindari atau mengatasi kesulitan-kesulitan hidupnya, agar individu dapat mencapai kesejahteraan dalam kehidupannya.

Menurut Sukardi (2007: 54) bimbingan pribadi membantu siswa menemukan dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mantap dan mandiri, serta sehat jasman dan rohani.


Chiskolm dalam McDaniel, dalam Prayitno dan Erman Amti (1994), mengungkapkan bahwa bimbingan diadakan dalam rangka membantu setiap individu untuk lebih mengenali berbagai informasi tentang dirinya sendiri.


B. Konseling :

    Konseling merupakan upaya membantu individu melalu proses interaksi yang bersifat pribadi antara konselor dan kliien agar klien mampu memahami diri dan lingkungannya, mampu membuat keputusan dan menentukan tujuan berdasarkan nilai yang diyakininya sehingga klien merasa bahagia dan efektif perilakunya.

Menurut Shertzer & Stone ( 1974 )
Konseling adalah interaksi yang terjadi antara dua orang individu, masing - masing disebut konselor dan klien, terjadi dalam suasana yang profesional, dilakukan dan dijaga sebagai alat memudahkan perubahan dalam tingkah laku klien

Menurut  Prayitna & Erman Anti ( 1999 )
Konseling ialah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang ahli (konselor) kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (klien) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi oleh klien

Menurut ASCA (American School Conselor Association)
Konseling adalah hubungan tatap muka yang bersifat rahasia, penuh dengan sikap penerimaan dan pemberian kesempatan dari konselor kepada klien. Konselor mempergunakan pengetahuan dan keterampilannya untuk membantu klien mengatasi masalah-masalahnya.

Menurut Pepinsky & Pepinsky, dalam Schertzer dan Stone (1974)
Konseling merupakan interaksi yang (a) terjadi antara dua orang individu ,masing-masing disebut konselor dan klien ; (b) terjadi dalam suasana yang profesional (c) dilakukan dan dijaga sebagai alat untuk memudah kan perubahan-perubahan dalam tingkah laku klien.



jadi secara garis besar Bimbingan dan Konseling merupakan suatu Pelayanan bantuan untuk peserta didik baik individu/kelompok agar mandiri dan berkembang secara optimal dalam hubungan pribadi, sosial, belajar, karir; melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung atas dasar norma-norma yang berlaku didalam masyarakat . Dengan demikian, setiap bimbingan itu pasti konseling dan setiap konseling belum tentu bimbingan.


MANCHESTER UNITED




Manchester United F.C. (biasa disingkat Man UtdMan United atau hanya MU) adalah sebuah klub sepak bola papan atas di Inggris yang berbasis di Old TraffordManchester,
Dibentuk sebagai Newton Heath L&YR F.C. pada 1878 sebagai tim sepak bola depot Perusahaan Kereta Api Lancashire dan Yorkshire Railway di Newton Heath, namanya berganti menjadi Manchester United pada 1902.
Meski sejak dulu telah termasuk salah satu tim terkuat di Inggris, barulah sejak 1993 Manchester United meraih dominasi yang besar di kejuaraan domestik di bawah arahan Sir Alex Ferguson - dominasi dengan skala yang tidak terlihat sejak berakhirnya era Liverpool F.C. pada pertengahan 1970-an dan awal 1980-an. Sejak bergulirnya era Premiership pada tahun 1992, Manchester United adalah tim yang paling sukses dengan dua belas kali merebut trofi juara.
Meskipun sukses di kompetisi domestik, kesuksesan tersebut masih sulit diulangi di kejuaraan Eropa; mereka hanya pernah meraih juara di Liga Champions tiga kali sepanjang sejarahnya (1968, 1999, 2008).
Sejak musim 86-87, mereka telah meraih 22 trofi besar - jumlah ini merupakan yang terbanyak di antara klub-klub Liga Utama Inggris. Mereka telah memenangi 19 trofi juara Liga Utama Inggris (termasuk saat masih disebut Divisi Satu). Pada tahun 1968, mereka menjadi tim Inggris pertama yang berhasil memenangi Liga Champions Eropa, setelah mengalahkan S.L. Benfica 4–1, dan mereka memenangi Liga Champions Eropa untuk kedua kalinya pada tahun 1999 dan sekali lagi pada tahun 2008 setelah mengalahkan Chelsea F.C. di final. Mereka juga memegang rekor memenangi Piala FA sebanyak 11 kali.[4] Pada 2008, mereka menjadi klub Inggris pertama dan klub Eropa kedua yang berhasil menjadi Juara Dunia Antarklub FIFA.
Pada 12 Mei 2005, pengusaha Amerika Serikat Malcolm Glazer menjadi pemilik klub dengan membeli mayoritas saham yang bernilai £800 juta (US$1,47 milyar) diikuti dengan banyak protes dari para pendukung fanatik.

Tahun awal (1878–1945)


Tim Manchester United pada awal sesi 1905-06, yang pada saat itu menjadi juara dua di Divisi 2 dan terangkat.



PERSEPSI SOSIAL DAN KOGNISI SOSIAL : MEMAHAMI DUNIA SOSIAL


TUGAS
BIMBINGAN DAN KONSELING SOSIAL
PERSEPSI SOSIAL DAN KOGNISI SOSIAL : MEMAHAMI DUNIA SOSIAL
Dosen Pengampu : Enik Nur Kholidah.S.Pd,M.A.
Disusun oleh :
Supri Widyanto                       10144200270
                      Ana Oktavia                            10144200253
                      Nur Hidayatus Shalih              10144200266
                      Agus Setyawan Dwi S              10144200271
                      Hervigo Guspawanda P           10144200282
                      Misri Wagianti                         10144200296

PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTAS
2011